PENERAPAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAMI DI SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA
Bimbingan dan konseling adalah suatu kegiatan bantuan dan tuntunan yang diberikan kepada individu pada umumnya, dan siswa pada khususnya di sekolah dalam rangka meningkatkan mutunya. Pada masyarakat yang semakin maju, masalah penemuan identitas terhadap individu menjadi semakin rumit. Hal ini di...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/8965/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Bimbingan dan konseling adalah suatu kegiatan bantuan dan tuntunan
yang diberikan kepada individu pada umumnya, dan siswa pada khususnya di
sekolah dalam rangka meningkatkan mutunya. Pada masyarakat yang semakin
maju, masalah penemuan identitas terhadap individu menjadi semakin rumit. Hal
ini disebabkan oleh tuntutan masyarakat maju kepada anggota – anggotanya
menjadi lebih berat. Persyaratan untuk diterima menjadi anggota masyarakat
bukan saja kematangan fisik, melainkan juga kematangan mental psikologis,
kultural, vokasional, intelektual, dan religius. Kerumitan ini terus meningkat pada
masyarakat yang sedang membangun, dan juga merupakan tantangan bagi
individu atau siswa. Keadaan semacam inilah yang menuntut diselenggarakanya
bimbingan dan konseling, terutama bimbingan dan konseling islam di sekolah.
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana
penerapan bimbingan dan konseling Islami di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta
Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas
pelaksanaan bimbingan dan konseling Islami di SMP Muhammadiyah 4
Surakarta.
Metode penelitian ini adalah penelitian lapangan, cara kerjanya dengan
mengamati secara langsung dengan melihat praktek bimbingan dan konseling di
sekolah. Sumber data yang diperoleh berasal dari sumber yang dapat dipercaya
yaitu, semua guru bimbingan dan konseling, siswa di SMP Muhammadiyah 4
Surakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
wawancara, observasi, dokumentasi dan metode angket. Metode tersebut penulis
gunakan untuk mengetahui tentang kondisi sekolah, inventarisasi sekolah, serta
untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bimbingan dan konseling di SMP
Muhammadiyah 4 Surakarta.
Kesimpulan dari penelitian adalah bahwa pelaksanaan bimbingan dan
konseling di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta sudah cukup bagus dengan
berkurangnya angka kenakalan yang terjadi di sekolah dengan di beri sangsi setiap
siswa yang melakukan pelanggaran, walaupun tujuan dan targetnya yang
diharapkan belum sepenuhnya berhasil, dengan masih adanya pelanggaranpelanggaran
sampai sekarang ini.
|
---|