PENILAIAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Studi Kasus pada Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta)

Bahasa Arab merupakan bahasa Al-Qur’an, bahasa yang wajib dipelajari oleh umat Islam. Di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta, bahasa Arab merupakan mata pelajaran wajib yang diajarkan kepada siswanya, oleh karena itu untuk mengetahui sejauh mana pelajaran bahasa Arab dikuasai oleh siswa SMP Muhammadiyah...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MARZUKY , ARIF
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8962/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Bahasa Arab merupakan bahasa Al-Qur’an, bahasa yang wajib dipelajari oleh umat Islam. Di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta, bahasa Arab merupakan mata pelajaran wajib yang diajarkan kepada siswanya, oleh karena itu untuk mengetahui sejauh mana pelajaran bahasa Arab dikuasai oleh siswa SMP Muhammadiyah 1 Surakarta perlu diadakan penilaian berbasis kelas. Penilaian kelas merupakan bagian integral dari kegiatan pembelajaran yang tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya. Dalam pelaksanaan penilaian kelas guru berwenang untuk menentukan kriteria keberhasilan, cara dan jenis penilaian. Oleh karena itu, penilaian yang dilakukan diharapkan mengacu pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), dimana pembelajaran dan penilaian sudah sesuai dengan standar kompetensi. Jenis penelitian ini adalah penilitian lapangan (field research). Untuk memperoleh data penilaian ini menggunakan metode dokumentasi, wawancara dan observasi. Adapun penilitian ini dianalisis secara induktif yaitu analisa yang dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta verifikasi data (Miles Huberman, 1992 : 20). Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pelaksanaan penilaian kelas dalam pembelajaran bahasa Arab pada kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Manfaat penilitian ini, diharapkan mampu menambah khasanah keilmuan dan pengetahuan dalam dunia pendidikan pada umumnya dan khususnya mengenai penilaian kelas pada mata pelajaran bahasa Arab tingkat SMP. Selain itu, penelitian ini juga bermanfaat bagi penulis untuk dapat dijadikan sebagai sebuah rujukan yang lebih kongkrit apabila nantinya berkecimpung dalam dunia pandidikan, khususnya penegembangan penilaian kelas pada mata pelajaran bahasa Arab bagi SMP, dan bagi sekolah penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai rujukan dan pertimbangan dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran. Adapunn permasalahannya dirumuskan sebagai berikut: “Bagaimanakah pelaksanaan penilaian kelas dalam pembelajaran bahasa Arab pada kelas VIII Muhammadiyah 1 Surakarta?” Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa penilaian kelas pada pembelajaran bahasa Arab di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta sudah berjalan sesuai dengan KTSP meski belum maksimal dikarenakan terbatasnya waktu yang tersedia. Penilaian kelas pada pembelajaran bahasa Arab di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta diawali dari berbagai tahap dimana setiap tahap saling berhubungan untuk menghasilkan penilaian yang mendekati sempurna. Tahap pertama, persiapan yaitu menyusun indikator, menentukan kriteria ketuntasan minimal (KKM), dan membuat instrument penilaian. Tahap kedua menentukan keberhasilan siswa dari nilai siswa. Tahap ketiga menentukan alat penilaian yang disesuaikan dengan materi dan indikator yang harus dicapai. Tahap keempat, proses penilaian yang dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung. Tahap kelima pelaporan hasil penilaian yang dilaporkan secara tertulis kepada orangtua siswa.