PENILAIAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Studi Kasus pada Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta)
Bahasa Arab merupakan bahasa Al-Qur’an, bahasa yang wajib dipelajari oleh umat Islam. Di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta, bahasa Arab merupakan mata pelajaran wajib yang diajarkan kepada siswanya, oleh karena itu untuk mengetahui sejauh mana pelajaran bahasa Arab dikuasai oleh siswa SMP Muhammadiyah...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/8962/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Bahasa Arab merupakan bahasa Al-Qur’an, bahasa yang wajib dipelajari oleh
umat Islam. Di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta, bahasa Arab merupakan mata
pelajaran wajib yang diajarkan kepada siswanya, oleh karena itu untuk mengetahui
sejauh mana pelajaran bahasa Arab dikuasai oleh siswa SMP Muhammadiyah 1
Surakarta perlu diadakan penilaian berbasis kelas.
Penilaian kelas merupakan bagian integral dari kegiatan pembelajaran yang
tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya. Dalam pelaksanaan penilaian kelas guru
berwenang untuk menentukan kriteria keberhasilan, cara dan jenis penilaian.
Oleh karena itu, penilaian yang dilakukan diharapkan mengacu pada
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), dimana pembelajaran dan penilaian
sudah sesuai dengan standar kompetensi.
Jenis penelitian ini adalah penilitian lapangan (field research). Untuk
memperoleh data penilaian ini menggunakan metode dokumentasi, wawancara dan
observasi. Adapun penilitian ini dianalisis secara induktif yaitu analisa yang dimulai
dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta verifikasi data (Miles
Huberman, 1992 : 20).
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pelaksanaan penilaian kelas
dalam pembelajaran bahasa Arab pada kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta.
Manfaat penilitian ini, diharapkan mampu menambah khasanah keilmuan dan
pengetahuan dalam dunia pendidikan pada umumnya dan khususnya mengenai
penilaian kelas pada mata pelajaran bahasa Arab tingkat SMP. Selain itu, penelitian
ini juga bermanfaat bagi penulis untuk dapat dijadikan sebagai sebuah rujukan yang
lebih kongkrit apabila nantinya berkecimpung dalam dunia pandidikan, khususnya
penegembangan penilaian kelas pada mata pelajaran bahasa Arab bagi SMP, dan bagi
sekolah penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai rujukan dan pertimbangan
dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran. Adapunn permasalahannya dirumuskan
sebagai berikut: “Bagaimanakah pelaksanaan penilaian kelas dalam pembelajaran
bahasa Arab pada kelas VIII Muhammadiyah 1 Surakarta?”
Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa penilaian kelas pada pembelajaran
bahasa Arab di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta sudah berjalan sesuai dengan
KTSP meski belum maksimal dikarenakan terbatasnya waktu yang tersedia. Penilaian
kelas pada pembelajaran bahasa Arab di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta diawali
dari berbagai tahap dimana setiap tahap saling berhubungan untuk menghasilkan
penilaian yang mendekati sempurna. Tahap pertama, persiapan yaitu menyusun
indikator, menentukan kriteria ketuntasan minimal (KKM), dan membuat instrument
penilaian. Tahap kedua menentukan keberhasilan siswa dari nilai siswa. Tahap ketiga
menentukan alat penilaian yang disesuaikan dengan materi dan indikator yang harus
dicapai. Tahap keempat, proses penilaian yang dilaksanakan selama pembelajaran
berlangsung. Tahap kelima pelaporan hasil penilaian yang dilaporkan secara tertulis
kepada orangtua siswa.
|
---|