PENGELOLAAN KELAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDIT NUR HIDAYAH KERTEN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010
Suatu kondisi belajar yang optimal dapat dicapai jika guru mampu mengatur siswa dan sarana pengajaran, serta mengendalikan dalam suasana yang menyenangkan untuk mencapai tujuan pengajaran. Pengelolaan kelas yang efektif merupakan persyaratan mutlak terjadinya proses belajar mengajar yang efektif....
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/8955/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Suatu kondisi belajar yang optimal dapat dicapai jika guru mampu
mengatur siswa dan sarana pengajaran, serta mengendalikan dalam suasana yang
menyenangkan untuk mencapai tujuan pengajaran. Pengelolaan kelas yang efektif
merupakan persyaratan mutlak terjadinya proses belajar mengajar yang efektif.
Seiring dengan gambaran tersebut, SDIT Nur Hidayah Kerten Surakarta juga
dihadapkan dengan masalah pengelolaan pembelajaran di kelas, baik secara fisik
maupun yang menyangkut siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan
kelas di SDIT Nur Hidayah Kerten Surakarta, mengetahui faktor pendukung dan
penghambat dalam pengelolaan kelas serta bagaiman hasil belajar siswa kelas III
(tiga) tahun ajaran 2009/2010. Manfaat teoritis yang dapat diperoleh dari
penelitian ini adalah untuk memberikan masukan dan sumbangan pemikiran
sebagai bahan pertimbangan kepada SDIT Nur Hidayah Kerten Surakarta tentang
pengelolaan kelas dalam proses belajar mengajar dan manfaat praktis yang
diharapkan ialah menjadi bahan pertimbangan bagi SDIT Nur Hidayah Surakarta
secara khusus dalam proses belajar mengajar, ketrampilan pengelolaan kelas bagi
guru dan wali kelas secara umum.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Untuk memperoleh data
dalam penelitian ini digunakan metode: wawancara (interview), observasi dan
dokumentasi. Adapun penelitian dianalisis dengan analisis kualitatif, yaitu
dengan dimulai pengumpulan data melalui teknik wawancara (interview),
observasi di lapangan dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis
dengan cara membandingkan dan mengklarifikasinya menjadi kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan, bahwa pengelolan kelas di SDIT Nur
Hidayah Kerten Surakarta sudah berjalan secara maksimal, secara fisik SDIT Nur
Hidayah telah berusaha mengelola kelas dengan baik tetapi masih ada beberapa
kekurangan, yaitu pengaturan tempat duduk masih sangat tradisional, untuk
menunjukkan kesehatan kelas terdapat ventilasi dan pencahayaan tetapi
pencahayaan alaminya masih kurang, alat-alat peraga dan media belajar yang
digunakan sangat variatif tetapi tidak semuanya diletakkan di kelas. Faktor
pendukung pelaksanaan pengelolaan kelas adalah adanya kerja sama yang baik
antara wali kelas dan pendampingnya dengan guru mata pelajaran dan sebaliknya,
sikap wali kelas dan guru-guru yang baik, berwibawa sehingga memberikan
dorongan kepada siswa untuk selalu belajar. Faktor pendukung yang lain adanya
sarana prasarana dan fasilitas yang memadai untuk proses pembelajaran. Faktor
penghambat adalah: ada beberapa siswa yang terlambat, tidak semua guru
memiliki kedisiplinan dalam mengajar seperti tidak hadir tanpa izin, keterbatasan
luas ruang kelas. Hasil belajar siswa antara lain dipengaruhi oleh faktor eksternal
yaitu pengelolaan kelas, baik secara fisik maupun yang menyangkut siswa.
Pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru-guru di SDIT Nur Hidayah Kerten
Surakarta sudah baik sehingga terlihat hasil belajar siswa cukup baik pula. Hal ini
ditunjukkan dengan nilai rata-rata kelas di semester 1 tahun ajaran 2009/2010
pada mapel Qur’an Hadist mencapai 81,1 mapel Bahasa Indonesia mencapai 82,4
mapel IPA mencapai 78,2 dan mapel Metematika mencapai 77,8. |
---|