NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL PEREMPUAN BERKALUNG SORBAN KARYA ABIDAH EL-KHALIEQY

ABSTRAK Pada dasarnya pendidikan akhlak mempunyai kedudukan penting dalam Islam, karena kesempurnaan Islam seseorang sangat tergantung kepada kebaikan dan kemuliaan akhlaknya. Manusia yang dikehendaki Islam adalah manusia yang memiliki akhlak yang mulia, manusia yang memiliki akhlak mulialah yan...

Disgrifiad llawn

Wedi'i Gadw mewn:
Manylion Llyfryddiaeth
Prif Awdur: FAUZI, LUTFIYANTI
Fformat: Traethawd Ymchwil
Iaith:English
English
Cyhoeddwyd: 2010
Pynciau:
Mynediad Ar-lein:https://eprints.ums.ac.id/8954/
Tagiau: Ychwanegu Tag
Dim Tagiau, Byddwch y cyntaf i dagio'r cofnod hwn!
Disgrifiad
Crynodeb:ABSTRAK Pada dasarnya pendidikan akhlak mempunyai kedudukan penting dalam Islam, karena kesempurnaan Islam seseorang sangat tergantung kepada kebaikan dan kemuliaan akhlaknya. Manusia yang dikehendaki Islam adalah manusia yang memiliki akhlak yang mulia, manusia yang memiliki akhlak mulialah yang akan mendapatkan kebaikan di dunia dan di akhirat. Dalam novel Perempuan Berkalung Sorban karya Abidah El-Khalieqy diceritakan tentang tokoh Annisa dan Khudori sebagai figure sentral yang setia pada nilai-nilai religius. Dari keseluruhan cerita dalam novel banyak sekali perilaku tokoh yang mengandung pendidikan akhlak, sesuai dengan kandungan al-Qur’an dan as-Sunnah. Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan yang muncul adalah nilai-nilai pendidikan akhlak apa saja yang terkandung dalam novel Perempuan Berkalung Sorban karya Abidah El Khalieqy. Serta karakter tokoh dan media pendidikan akhlak apa saja yang ditampilkan dalam novel Perempuan Berkalung Sorban karya Abidah El-Khalieqy. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam novel Perempuan Berkalung Sorban karya Abidah El-Khalieqy. Selain itu juga untuk mendeskripsikan karakter tokoh dan media pendidikan akhlak yang ditampilkan dalam novel Perempuan Berkalung Sorban karya Abidah El Khalieqy. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis penelitian content analysis, yakni penelitian yang dilakukan di kamar kerja peneliti atau ruang perpustakaan, dimana peneliti memperoleh data dan informasi tentang objek penelitiannya lewat buku-buku atau alat-alat visual lainnya. Dari penelitian ini menghasilkan beberapa analisis tentang beberapa nilai-nilai pendidikan Islam bagi perempuan dalam novel Perempuan Berkalung Sorban, meliputi : nilai pendidikan akhlak terhadap Allah, diri pribadi dan keluarga. Serta karakter tokoh dan media pendidikan akhlak yang ditampilkan tokoh Annisa, Khudori dan Samsudin dalam novel Perempuan Berkalung Sorban.