NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL PEREMPUAN BERKALUNG SORBAN KARYA ABIDAH EL-KHALIEQY
ABSTRAK Pada dasarnya pendidikan akhlak mempunyai kedudukan penting dalam Islam, karena kesempurnaan Islam seseorang sangat tergantung kepada kebaikan dan kemuliaan akhlaknya. Manusia yang dikehendaki Islam adalah manusia yang memiliki akhlak yang mulia, manusia yang memiliki akhlak mulialah yan...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/8954/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | ABSTRAK
Pada dasarnya pendidikan akhlak mempunyai kedudukan penting dalam
Islam, karena kesempurnaan Islam seseorang sangat tergantung kepada kebaikan
dan kemuliaan akhlaknya. Manusia yang dikehendaki Islam adalah manusia yang
memiliki akhlak yang mulia, manusia yang memiliki akhlak mulialah yang akan
mendapatkan kebaikan di dunia dan di akhirat.
Dalam novel Perempuan Berkalung Sorban karya Abidah El-Khalieqy
diceritakan tentang tokoh Annisa dan Khudori sebagai figure sentral yang setia
pada nilai-nilai religius. Dari keseluruhan cerita dalam novel banyak sekali
perilaku tokoh yang mengandung pendidikan akhlak, sesuai dengan kandungan
al-Qur’an dan as-Sunnah.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan yang muncul
adalah nilai-nilai pendidikan akhlak apa saja yang terkandung dalam novel
Perempuan Berkalung Sorban karya Abidah El Khalieqy. Serta karakter tokoh
dan media pendidikan akhlak apa saja yang ditampilkan dalam novel Perempuan
Berkalung Sorban karya Abidah El-Khalieqy.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan nilai-nilai pendidikan
akhlak yang terkandung dalam novel Perempuan Berkalung Sorban karya Abidah
El-Khalieqy. Selain itu juga untuk mendeskripsikan karakter tokoh dan media
pendidikan akhlak yang ditampilkan dalam novel Perempuan Berkalung Sorban
karya Abidah El Khalieqy.
Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif dengan jenis penelitian content analysis, yakni penelitian yang
dilakukan di kamar kerja peneliti atau ruang perpustakaan, dimana peneliti
memperoleh data dan informasi tentang objek penelitiannya lewat buku-buku atau
alat-alat visual lainnya.
Dari penelitian ini menghasilkan beberapa analisis tentang beberapa
nilai-nilai pendidikan Islam bagi perempuan dalam novel Perempuan Berkalung
Sorban, meliputi : nilai pendidikan akhlak terhadap Allah, diri pribadi dan
keluarga. Serta karakter tokoh dan media pendidikan akhlak yang ditampilkan
tokoh Annisa, Khudori dan Samsudin dalam novel Perempuan Berkalung Sorban. |
---|