PERBEDAAN HASIL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DENGAN METODE CERAMAH PADA PELAJARAN HADITS DI SMP AL ISLAM 1 SURAKARTA

Dalam mata pelajaran Hadits, pada umumnya guru menggunakan metode pembelajaran ceramah. Gaya guru yang statis dapat menimbulkan kejenuhan siswa dalam mengikuti pelajaran, sehingga beberapa pendidik menggunakan metode active learning dalam proses belajar mengajar di kelas. Namun, kita...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: FITHRIYANTI, FITHRIYANTI
Format: Thesis
Language:English
Published: 2008
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8944/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994677966897152
author FITHRIYANTI, FITHRIYANTI
author_facet FITHRIYANTI, FITHRIYANTI
author_sort FITHRIYANTI, FITHRIYANTI
collection ePrints
description Dalam mata pelajaran Hadits, pada umumnya guru menggunakan metode pembelajaran ceramah. Gaya guru yang statis dapat menimbulkan kejenuhan siswa dalam mengikuti pelajaran, sehingga beberapa pendidik menggunakan metode active learning dalam proses belajar mengajar di kelas. Namun, kita tidak tahu apakah metode tersebut memang benar-benar cocok dengan materi pelajaran yang disampaikan. Oleh karena itu peneliti ingin meneliti dan membandingkan hasil pembelajaran metode active learning tersebut dengan metode ceramah pada pelajaran Hadits. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara yang memakai metode active learning dengan metode ceramah pada pelajaran Hadits di SMP Al-Islam 1 Surakarta. Penelitian ini diterapkan di kelas VIII A SMP Al-Islam 1 Surakarta dengan jumlah siswa 42 orang. Hipotesis yang diajukan adalah ada perbedaan hasil belajar antara yang memakai metode active learning dengan metode ceramah pada pelajaran Hadits di SMP Al-Islam 1 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII A SMP Al-Islam 1 Surakarta yang berjumlah 42 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah interview, observasi, dan dokumentasi. Untuk mengetahui ada atau tidak perbedaan hasil pembelajaran metode active learning dengan metode ceramah pada pelajaran Hadits di SMP Al-Islam 1 Surakarta, digunakan teknik analisis data dengan menggunakan rumus t-test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh t hitung = 2,355 dan db tabel dengan N = 80 pada taraf signifikansi 5% = 1,99, sehingga t hitung > t tabel. Hasil perhitungan menunjukkan angka sebesar 2,355 > 1,99. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara peserta didik yang diajar menggunakan metode active learning dengan metode ceramah dalam proses belajar mengajar pelajaran Hadits. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil pembelajaran antara metode active learning dengan metode ceramah pada pelajaran Hadits di SMP Al Islam 1 Surakarta. Perbedaan tersebut juga dapat dilihat dari hasil perhitungan bahwa jumlah rata-rata hasil pembelajaran yang memakai metode active learning adalah 2988,5 dan jumlah rata-rata-rata hasil pembelajaran yang memakai metode ceramah adalah 3256. Sehingga dapat dikatakan bahwa metode ceramah lebih sesuai untuk pembelajaran Hadits di SMP Al-Islam 1 Surakarta.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8944
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
publishDate 2008
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8944 https://eprints.ums.ac.id/8944/ PERBEDAAN HASIL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DENGAN METODE CERAMAH PADA PELAJARAN HADITS DI SMP AL ISLAM 1 SURAKARTA FITHRIYANTI, FITHRIYANTI L Education (General) Dalam mata pelajaran Hadits, pada umumnya guru menggunakan metode pembelajaran ceramah. Gaya guru yang statis dapat menimbulkan kejenuhan siswa dalam mengikuti pelajaran, sehingga beberapa pendidik menggunakan metode active learning dalam proses belajar mengajar di kelas. Namun, kita tidak tahu apakah metode tersebut memang benar-benar cocok dengan materi pelajaran yang disampaikan. Oleh karena itu peneliti ingin meneliti dan membandingkan hasil pembelajaran metode active learning tersebut dengan metode ceramah pada pelajaran Hadits. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara yang memakai metode active learning dengan metode ceramah pada pelajaran Hadits di SMP Al-Islam 1 Surakarta. Penelitian ini diterapkan di kelas VIII A SMP Al-Islam 1 Surakarta dengan jumlah siswa 42 orang. Hipotesis yang diajukan adalah ada perbedaan hasil belajar antara yang memakai metode active learning dengan metode ceramah pada pelajaran Hadits di SMP Al-Islam 1 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII A SMP Al-Islam 1 Surakarta yang berjumlah 42 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah interview, observasi, dan dokumentasi. Untuk mengetahui ada atau tidak perbedaan hasil pembelajaran metode active learning dengan metode ceramah pada pelajaran Hadits di SMP Al-Islam 1 Surakarta, digunakan teknik analisis data dengan menggunakan rumus t-test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh t hitung = 2,355 dan db tabel dengan N = 80 pada taraf signifikansi 5% = 1,99, sehingga t hitung > t tabel. Hasil perhitungan menunjukkan angka sebesar 2,355 > 1,99. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara peserta didik yang diajar menggunakan metode active learning dengan metode ceramah dalam proses belajar mengajar pelajaran Hadits. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil pembelajaran antara metode active learning dengan metode ceramah pada pelajaran Hadits di SMP Al Islam 1 Surakarta. Perbedaan tersebut juga dapat dilihat dari hasil perhitungan bahwa jumlah rata-rata hasil pembelajaran yang memakai metode active learning adalah 2988,5 dan jumlah rata-rata-rata hasil pembelajaran yang memakai metode ceramah adalah 3256. Sehingga dapat dikatakan bahwa metode ceramah lebih sesuai untuk pembelajaran Hadits di SMP Al-Islam 1 Surakarta. 2008 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8944/1/G000040008.pdf FITHRIYANTI, FITHRIYANTI (2008) PERBEDAAN HASIL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DENGAN METODE CERAMAH PADA PELAJARAN HADITS DI SMP AL ISLAM 1 SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. G000040008
spellingShingle L Education (General)
FITHRIYANTI, FITHRIYANTI
PERBEDAAN HASIL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DENGAN METODE CERAMAH PADA PELAJARAN HADITS DI SMP AL ISLAM 1 SURAKARTA
title PERBEDAAN HASIL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DENGAN METODE CERAMAH PADA PELAJARAN HADITS DI SMP AL ISLAM 1 SURAKARTA
title_full PERBEDAAN HASIL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DENGAN METODE CERAMAH PADA PELAJARAN HADITS DI SMP AL ISLAM 1 SURAKARTA
title_fullStr PERBEDAAN HASIL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DENGAN METODE CERAMAH PADA PELAJARAN HADITS DI SMP AL ISLAM 1 SURAKARTA
title_full_unstemmed PERBEDAAN HASIL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DENGAN METODE CERAMAH PADA PELAJARAN HADITS DI SMP AL ISLAM 1 SURAKARTA
title_short PERBEDAAN HASIL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DENGAN METODE CERAMAH PADA PELAJARAN HADITS DI SMP AL ISLAM 1 SURAKARTA
title_sort perbedaan hasil pembelajaran active learning dengan metode ceramah pada pelajaran hadits di smp al islam 1 surakarta
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8944/
work_keys_str_mv AT fithriyantifithriyanti perbedaanhasilpembelajaranactivelearningdenganmetodeceramahpadapelajaranhaditsdismpalislam1surakarta