PEMIKIRAN AL-ZARNUJI TENTANG ETIKA BELAJAR
Penelitian ini bertujuan ingin menyelami pemikiran dari Syekh Burhanudin az-Zarnuji, dengan nilai moralitasnya yang dibawa proses pembelajaran, yang tertuang dalam karyanya Ta’limul Muta’alim Thariqatta’ Alum. Hal ini menjadi penting bagi penulis, apabila dikaitkan dengan f...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English |
Published: |
2008
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/8942/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan ingin menyelami pemikiran dari Syekh Burhanudin az-Zarnuji, dengan nilai moralitasnya yang dibawa proses pembelajaran, yang tertuang dalam karyanya Ta’limul Muta’alim Thariqatta’
Alum. Hal ini menjadi penting bagi penulis, apabila dikaitkan dengan fenomena pendidikan yang sampai saat ini belum cukup mampu untuk menghasilkan insan yang berkepribadian luhur. Mayoritas pendidikan yang berkembang sekarang lebih menekankan kepada segi kognitif dan mempelajari ilmu-ilmu umum, sehingga pelajar mempelajari ilmu yang berserakan dan tidak sistematis. Selain itu masalah etika kurang diperhatikan, baik etika terhadap guru, etika terhadap sesama murid. Maka jangan heran ketika Az-Zarnuji mengatakan: banyak dari sebagian pelajar yang sebenarnya mereka sudah bersungguh-sungguh menuntut
ilmu, namun mereka tidak merasakan nikmatnya ilmu, hal ini disebabkan mereka meninggalkan atau kurang memperhatikan etika dalam menuntut ilmu. Dengan latar belakang masalah tersebut, maka permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana pemikiran Az-Zarnuji tentang etika belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami pemikiran Az-Zarnuji tentang etika belajar siswa. Manfaat dari penelitian ini adalah secara teoritis, dapat semakin memperkaya khazanah pemikiran Islam pada umumnya dan bagi Civitas Akademika Fakultas Agama Islam pada khususnya. Selain itu, dapat menjadi stimulus bagi penelitian selanjutnya. Sehingga proses pengkajian secara mendalam akan terus berlansung
dan memperoleh hasil yang maksimal. Secara praktis, dapat bermanfaat bagi masyarakat secara umum, sehingga mampu menumbuhkan kepedulian terhadap pendidikan pada umumnya dan pendidikan Islam pada khususnya. Penelitian ini tergolong penelitian bibliografi dan merupakan penelitian literer dengan pendekatan historis filosofis. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, dan kepustakaan. Sedangkan analisis datanya menggunakan telaah hermeneutik. Hasil dari penelitian yang didapat, dari pembacaan terhadap karya az-Zarnuji, yaitu Ta’limul Muta’alim Thariqatta’Alum, maka pendidikan dewasa ini harus memperhatikan nilai moralitas yang terkandung dalam kitab tersebut. Hal tersebut sangat penting, agar seorang pelajar dapat menjalankan tata tertib belajar,
dan memperhatikan nilai etika dalam belajar. Sehingga pelajar dapat merasakan hasil dari ilmu yang mereka pelajari dan mendapatkan barokah di dalamnya. Selain itu, peneliti juga menemukan tujuan pendidikan dalam kitab tersebut. Menurut az-Zarnuji tujuan pendidikan semata-mata untuk mencari ridho Allah. Dari analisis penelitian terhadap kitab Ta’limul Muta’alim
Thariqatta’Alum, yang merupakan karya az-Zarnuji, nilai etika bagi penuntut ilmu merupakan sebuah ciri khas menarik dalam kitab tersebut. Namun dalam
pencapaian ilmu, kitab tersebut masih kurang, karena berkaitan pada kajian keagamaan dan mengesampingkan ilmu-ilmu umum. |
---|