MANAJEMEN PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN AL-FATTAH KIKIL ARJOSARI PACITAN TAHUN 2006-2007

Dalam meningkatkan kwalitas pendidikan perlu adanya sistem manajemen pendidikan yang baik. Manajemen merupakan awal dari sebuah pendidikan yang mampu menciptakan bagaimana sistem manajemen yang efektif, sehingga tercapai tujuan yang diharapkan. Manajemen yang baik perlu direncanakan sebelumnya da...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: LAILA, NUR
Format: Thesis
Language:English
Published: 2008
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8941/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Dalam meningkatkan kwalitas pendidikan perlu adanya sistem manajemen pendidikan yang baik. Manajemen merupakan awal dari sebuah pendidikan yang mampu menciptakan bagaimana sistem manajemen yang efektif, sehingga tercapai tujuan yang diharapkan. Manajemen yang baik perlu direncanakan sebelumnya dan mempunyai konsep yang sesuai dengan objek sistem serta tempat organisasinya. Proses manajemen merupakan aktivitas yang melingkar mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan. Pondok pesantren Al-Fattah Kikil memiliki tujuan agar kelak santri- santrinya menjadi penerus bangsa yang sholeh dan sholikhah, menguasai ilmu pengetahuan dan tekologi serta mampu mengamalkan ajaran Allah SWT. Atas dasar itu, permasalahan yang akan dikaji adalah bagimana manajemen pendidikan di pondok pesantren Al-Fattah Kikil serta faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang (1) manajemen pendidikan (2) faktor-faktor pendukung dan penghambat manajemen pendidikan di pondok pesantren Al-Fattah Kikil Arjosari Pacitan. Penelitian ini bersifat diskriptif dengan metode kwalitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya di gunakan teknik wawancara, obserfasi dan dokumentasi. Analisis data yang di gunakan dengan metode diskriftif kwalitatif dengan cara berfikir induktif. Dalam penelitian ini penulis menemukan bahwa manajemen pendidikan di pondok pesantren Al-Fattah telah berjalan cukup baik. Hal ini terbukti dari catatan prestasi yang telah di raih oleh anak didik yang berhubungan dengan prestasi akademik.mereka. Adapun faktor pendukung dalam manajemen pendidikan di pondok pesantren Al-Fattah ini antara lain letak pondok yang sangat strategis, Konsep pendidikan yang digunakan, memadukan kurikulum Umum, Agama dan lokal sehingga, sesuai kebutuhan siswa dan tuntutan zaman. Dengan adanya dukungan tersebut membantu terciptanya tujuan yang telah ditetapkan pondok pesantren Al-Fattah. Sedang faktor yang menghambat manajemen pendidikan di pondok pesantren Al-Fattah ini antara lain siswa yang menuntut ilmu di pondok kebanyakan dari kalangan petani, sehingga terdapat hambatan dalam pembayaran, adanya Ustad dan Ustadzah yang mengmpu lebih dari satu mata pelajaran, apalagi diluar bidangnya, kiranya mengurangi profesionalisme guru, dan Kurangnya sarana dan prasarana dalam bidang olah raga.