PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN SOLUSINYA (STUDI KASUS DI MA’HAD ABU BAKAR AS-SHIDDIQ SURAKARTA MUSTAWÂ TAMHÎDÎ TAHUN PELAJARAN 2006/2007)

Bahasa Arab adalah bahasa al-Qur’ân yang telah mencakup secara menyeluruh dalam segala aspek kehidupan, menguasai bahasa Arab merupakan syarat wajib untuk memahami isi al-Qur’ân , oleh karena itu Ma’had Abu Bakar As-Shiddiq Surakarta adalah sebuah lembaga pendidikan dan pengaj...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MUNIR , M. SAIFUL
Format: Thesis
Language:English
Published: 2008
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8939/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994676605845504
author MUNIR , M. SAIFUL
author_facet MUNIR , M. SAIFUL
author_sort MUNIR , M. SAIFUL
collection ePrints
description Bahasa Arab adalah bahasa al-Qur’ân yang telah mencakup secara menyeluruh dalam segala aspek kehidupan, menguasai bahasa Arab merupakan syarat wajib untuk memahami isi al-Qur’ân , oleh karena itu Ma’had Abu Bakar As-Shiddiq Surakarta adalah sebuah lembaga pendidikan dan pengajaran yang dimana sasarannya adalah mahasiswa, wajib bagi mereka untuk mempelajari bahasa Arab. Pembelajaran bahasa Arab di Ma’had Abu Bakar As-Shiddiq mempunyai beberapa kendala, sehingga pembelajaran bahasa Arab dianggap suatu pelajaran yang sulit, nilai bahasa Arab di Ma’had tersebut kurang maksimal,dan perlu ditingkakan lagi, mengingat materi-materi pelajaran di Ma’had Abu Bakar As-Shiddiq semua di kemas dalam bahasa Arab. Melihat dari permasalahan tersebut, maka penulis merumuskan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut, apa problematika pembelajaran bahasa Arab yang terdapat pada mahaiswa Ma’had Abu Bakar As-Shiddiq Surakarta mustawâ tamhîdî dan bagaimana solusinya? Tujuan penelitian adalah untuk memetakkan problematika pembelajaran bahasa Arab di Ma’had Abu Bakar As-Shiddiq Surakarta mustawâ tamhîdî 2006/2007 dan ingin menemukan solusinya. Manfaat penelitian adalah untuk meningkatkan proses pembelajaran bahasa Arab, baik untuk mahasiswa maupun ustadz Ma’had Abu Bakar As-Shiddiq Surakarta mustawâ tamhîdî. Metode pengumpulan data menggunakan, metode interview metode dokumentasi. Asalisis yang digunakan adalah analisis deskriptif yang berfungsi untuk memberi gambaran terhadap obyek yang diteliti melalui data sampel atau populasi. Dari hasil penelitian penulis menarik kesimpulan bahwa problematika pembelajaran bahasa Arab di Ma’had Abu Bakar As-Shiddiq mustawâ tamhîdî adalah sebagian mahasiswa Ma’had Abu Bakar As-Shiddiq adalah lulusan dari SMA umum, mengalami kejenuhan di dalam kelas, masih terbawa logat jawa dalam percakapan bahasa Arab, kurang perbendaharaan kata dan hal dalam penulisan huruf Arab, dan faktor tenaga pendidik. Adapun solusinya yang dapat disumbangkan dari hasil penelitian ini adalah, mewajibkan para mahasiswa untuk menghafal semua kosa kata baru, penamabahan tenaga pengajar baru yang di datangkan asli orang Arab dan penerapan strategi pembelajaran yang tepat dalam kegiatan belajar mengajar.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8939
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
publishDate 2008
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8939 https://eprints.ums.ac.id/8939/ PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN SOLUSINYA (STUDI KASUS DI MA’HAD ABU BAKAR AS-SHIDDIQ SURAKARTA MUSTAWÂ TAMHÎDÎ TAHUN PELAJARAN 2006/2007) MUNIR , M. SAIFUL BP Bahaism. Theosophy, etc L Education (General) Bahasa Arab adalah bahasa al-Qur’ân yang telah mencakup secara menyeluruh dalam segala aspek kehidupan, menguasai bahasa Arab merupakan syarat wajib untuk memahami isi al-Qur’ân , oleh karena itu Ma’had Abu Bakar As-Shiddiq Surakarta adalah sebuah lembaga pendidikan dan pengajaran yang dimana sasarannya adalah mahasiswa, wajib bagi mereka untuk mempelajari bahasa Arab. Pembelajaran bahasa Arab di Ma’had Abu Bakar As-Shiddiq mempunyai beberapa kendala, sehingga pembelajaran bahasa Arab dianggap suatu pelajaran yang sulit, nilai bahasa Arab di Ma’had tersebut kurang maksimal,dan perlu ditingkakan lagi, mengingat materi-materi pelajaran di Ma’had Abu Bakar As-Shiddiq semua di kemas dalam bahasa Arab. Melihat dari permasalahan tersebut, maka penulis merumuskan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut, apa problematika pembelajaran bahasa Arab yang terdapat pada mahaiswa Ma’had Abu Bakar As-Shiddiq Surakarta mustawâ tamhîdî dan bagaimana solusinya? Tujuan penelitian adalah untuk memetakkan problematika pembelajaran bahasa Arab di Ma’had Abu Bakar As-Shiddiq Surakarta mustawâ tamhîdî 2006/2007 dan ingin menemukan solusinya. Manfaat penelitian adalah untuk meningkatkan proses pembelajaran bahasa Arab, baik untuk mahasiswa maupun ustadz Ma’had Abu Bakar As-Shiddiq Surakarta mustawâ tamhîdî. Metode pengumpulan data menggunakan, metode interview metode dokumentasi. Asalisis yang digunakan adalah analisis deskriptif yang berfungsi untuk memberi gambaran terhadap obyek yang diteliti melalui data sampel atau populasi. Dari hasil penelitian penulis menarik kesimpulan bahwa problematika pembelajaran bahasa Arab di Ma’had Abu Bakar As-Shiddiq mustawâ tamhîdî adalah sebagian mahasiswa Ma’had Abu Bakar As-Shiddiq adalah lulusan dari SMA umum, mengalami kejenuhan di dalam kelas, masih terbawa logat jawa dalam percakapan bahasa Arab, kurang perbendaharaan kata dan hal dalam penulisan huruf Arab, dan faktor tenaga pendidik. Adapun solusinya yang dapat disumbangkan dari hasil penelitian ini adalah, mewajibkan para mahasiswa untuk menghafal semua kosa kata baru, penamabahan tenaga pengajar baru yang di datangkan asli orang Arab dan penerapan strategi pembelajaran yang tepat dalam kegiatan belajar mengajar. 2008 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8939/1/G000040110.pdf MUNIR , M. SAIFUL (2008) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN SOLUSINYA (STUDI KASUS DI MA’HAD ABU BAKAR AS-SHIDDIQ SURAKARTA MUSTAWÂ TAMHÎDÎ TAHUN PELAJARAN 2006/2007). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. G000040110
spellingShingle BP Bahaism. Theosophy, etc
L Education (General)
MUNIR , M. SAIFUL
PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN SOLUSINYA (STUDI KASUS DI MA’HAD ABU BAKAR AS-SHIDDIQ SURAKARTA MUSTAWÂ TAMHÎDÎ TAHUN PELAJARAN 2006/2007)
title PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN SOLUSINYA (STUDI KASUS DI MA’HAD ABU BAKAR AS-SHIDDIQ SURAKARTA MUSTAWÂ TAMHÎDÎ TAHUN PELAJARAN 2006/2007)
title_full PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN SOLUSINYA (STUDI KASUS DI MA’HAD ABU BAKAR AS-SHIDDIQ SURAKARTA MUSTAWÂ TAMHÎDÎ TAHUN PELAJARAN 2006/2007)
title_fullStr PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN SOLUSINYA (STUDI KASUS DI MA’HAD ABU BAKAR AS-SHIDDIQ SURAKARTA MUSTAWÂ TAMHÎDÎ TAHUN PELAJARAN 2006/2007)
title_full_unstemmed PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN SOLUSINYA (STUDI KASUS DI MA’HAD ABU BAKAR AS-SHIDDIQ SURAKARTA MUSTAWÂ TAMHÎDÎ TAHUN PELAJARAN 2006/2007)
title_short PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN SOLUSINYA (STUDI KASUS DI MA’HAD ABU BAKAR AS-SHIDDIQ SURAKARTA MUSTAWÂ TAMHÎDÎ TAHUN PELAJARAN 2006/2007)
title_sort problematika pembelajaran bahasa arab dan solusinya studi kasus di ma had abu bakar as shiddiq surakarta mustawa tamhidi tahun pelajaran 2006 2007
topic BP Bahaism. Theosophy, etc
L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8939/
work_keys_str_mv AT munirmsaiful problematikapembelajaranbahasaarabdansolusinyastudikasusdimahadabubakarasshiddiqsurakartamustawatamhiditahunpelajaran20062007