PENGARUH IMAGE MERK, MANFAAT MERK DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MERK (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Ekononomi)

Penelitian ini menguji tentang, 1) Apakah terdapat pengaruh image merk terhadap keputusan pembelian merk?. 2) Apakah terdapat pengaruh manfaat merk terhadap keputusan pembelian merk?, 3) Apakah terdapat pengaruh Iklan terhadap keputusan pembelian merk?, 4) Variahel apakah yang paling dominan pengaru...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Umar, Abdullah
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8913/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994669703069696
author Umar, Abdullah
author_facet Umar, Abdullah
author_sort Umar, Abdullah
collection ePrints
description Penelitian ini menguji tentang, 1) Apakah terdapat pengaruh image merk terhadap keputusan pembelian merk?. 2) Apakah terdapat pengaruh manfaat merk terhadap keputusan pembelian merk?, 3) Apakah terdapat pengaruh Iklan terhadap keputusan pembelian merk?, 4) Variahel apakah yang paling dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian merk? Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah analisa regresi berganda, uji F; korelasi parsial; uji t, koefisien determinan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa : Terdapat pengaruh yang signifikan dari image produk terhadap pembelian produk sabun Lux. Hal ini didukung oleh : a) Koefisien regresi untuk variabel image produk besarnya 0,213. Ini berarti bahwa variabel image produk mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pembelian produk sabun Lux pada mahasiswa. b) Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai t-hitung 2,940 > t-tabel 1,980 artinya secara individu variabel image produk mampu mempengaruhi pembelian produk sabun Lux pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta terdapat pengaruh yang signifikan dari manfaat produk terhadap pembelian produk sabun Lux. Hal ini didukung oleh : a) Koefisien regresi untuk variabel manfaat produk sebesar 0,334. Ini berarti bahwa variabel manfaat produk mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pembelian produk sabun Lux pada mahasiswa. b) Berdasarkan uji t, diperoleh nilai t-hitung 6,339 > t-tabel 1,980 maka Ho ditolak, artinya secara individu variabel manfaat produk mampu mempengaruhi pembelian produk sabun Lux pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta sehingga hipotesis ini terbukti. Terdapat pengaruh yang signifikan dari sikap terhadap Iklan terhadap pembelian produk sabun Lux. Hal ini didukung oleh : a) Koefisien regresi untuk variabel sikap terhadap Iklan besarnya 0,534. Ini berarti bahwa variabel manfaat produk mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pembelian produk sahun Lux pada mahasiswa. b) Berdasarkan uji t, diperoleh nilai t-hitung 6.390 > t-tabel 1,980 maka Ho ditolak; artinya secara individu variabel iklan mampu mempengaruhi keputusan pembelian merk, sehingga hipotesis ini terbukti. Berdasarkan hasil uji F terbukti bahwa secara bersama-sama variabel independen variabel image produk, variabel manfaat produk dan iklan berpengaruh secara signifikan dimana Fhitung yaitu 194,189 > Ftabel 2,698. Di dapat R2 = 0,859 dan koefisien determinasi (R-Adjusted) sebesar 0,854 serta R = 0,927 Adjusted R2 sebesar 0,854, yang berarti bahwa variabel dependen benar-benar dijelaskan oleh variabel independen sebesar 85,4%, sedangkan sisanya sebesar 14,6% berasal dari variabel diluar model.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8913
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8913 https://eprints.ums.ac.id/8913/ PENGARUH IMAGE MERK, MANFAAT MERK DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MERK (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Ekononomi) Umar, Abdullah HD28 Management Penelitian ini menguji tentang, 1) Apakah terdapat pengaruh image merk terhadap keputusan pembelian merk?. 2) Apakah terdapat pengaruh manfaat merk terhadap keputusan pembelian merk?, 3) Apakah terdapat pengaruh Iklan terhadap keputusan pembelian merk?, 4) Variahel apakah yang paling dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian merk? Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah analisa regresi berganda, uji F; korelasi parsial; uji t, koefisien determinan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa : Terdapat pengaruh yang signifikan dari image produk terhadap pembelian produk sabun Lux. Hal ini didukung oleh : a) Koefisien regresi untuk variabel image produk besarnya 0,213. Ini berarti bahwa variabel image produk mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pembelian produk sabun Lux pada mahasiswa. b) Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai t-hitung 2,940 > t-tabel 1,980 artinya secara individu variabel image produk mampu mempengaruhi pembelian produk sabun Lux pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta terdapat pengaruh yang signifikan dari manfaat produk terhadap pembelian produk sabun Lux. Hal ini didukung oleh : a) Koefisien regresi untuk variabel manfaat produk sebesar 0,334. Ini berarti bahwa variabel manfaat produk mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pembelian produk sabun Lux pada mahasiswa. b) Berdasarkan uji t, diperoleh nilai t-hitung 6,339 > t-tabel 1,980 maka Ho ditolak, artinya secara individu variabel manfaat produk mampu mempengaruhi pembelian produk sabun Lux pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta sehingga hipotesis ini terbukti. Terdapat pengaruh yang signifikan dari sikap terhadap Iklan terhadap pembelian produk sabun Lux. Hal ini didukung oleh : a) Koefisien regresi untuk variabel sikap terhadap Iklan besarnya 0,534. Ini berarti bahwa variabel manfaat produk mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pembelian produk sahun Lux pada mahasiswa. b) Berdasarkan uji t, diperoleh nilai t-hitung 6.390 > t-tabel 1,980 maka Ho ditolak; artinya secara individu variabel iklan mampu mempengaruhi keputusan pembelian merk, sehingga hipotesis ini terbukti. Berdasarkan hasil uji F terbukti bahwa secara bersama-sama variabel independen variabel image produk, variabel manfaat produk dan iklan berpengaruh secara signifikan dimana Fhitung yaitu 194,189 > Ftabel 2,698. Di dapat R2 = 0,859 dan koefisien determinasi (R-Adjusted) sebesar 0,854 serta R = 0,927 Adjusted R2 sebesar 0,854, yang berarti bahwa variabel dependen benar-benar dijelaskan oleh variabel independen sebesar 85,4%, sedangkan sisanya sebesar 14,6% berasal dari variabel diluar model. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8913/1/B100000471.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8913/2/B100000471.pdf Umar, Abdullah (2010) PENGARUH IMAGE MERK, MANFAAT MERK DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MERK (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Ekononomi). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. B13100000471
spellingShingle HD28 Management
Umar, Abdullah
PENGARUH IMAGE MERK, MANFAAT MERK DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MERK (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Ekononomi)
title PENGARUH IMAGE MERK, MANFAAT MERK DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MERK (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Ekononomi)
title_full PENGARUH IMAGE MERK, MANFAAT MERK DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MERK (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Ekononomi)
title_fullStr PENGARUH IMAGE MERK, MANFAAT MERK DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MERK (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Ekononomi)
title_full_unstemmed PENGARUH IMAGE MERK, MANFAAT MERK DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MERK (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Ekononomi)
title_short PENGARUH IMAGE MERK, MANFAAT MERK DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MERK (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Ekononomi)
title_sort pengaruh image merk manfaat merk dan iklan terhadap keputusan pembelian merk studi pada mahasiswa universitas muhammadiyah surakarta fakultas ekononomi
topic HD28 Management
url https://eprints.ums.ac.id/8913/
work_keys_str_mv AT umarabdullah pengaruhimagemerkmanfaatmerkdaniklanterhadapkeputusanpembelianmerkstudipadamahasiswauniversitasmuhammadiyahsurakartafakultasekononomi