PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN ( BTA ) DI SDN 2 DONOHUDAN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2006/2007

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting yang dibutuhkan oleh tiap orang. Setiap orang tentu menginginkan perubahan pada dirinya seiring pertumbuhan fisik dan perkembangan zaman, yang tentunya perubahan yang sesuai dengan nilai-nilai Islam, dan salah satu cara agar dapat tercapainya keinginan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Firdaus , Miftahul
Format: Thesis
Language:English
Published: 2008
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8908/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994668354600960
author Firdaus , Miftahul
author_facet Firdaus , Miftahul
author_sort Firdaus , Miftahul
collection ePrints
description Pendidikan merupakan hal yang sangat penting yang dibutuhkan oleh tiap orang. Setiap orang tentu menginginkan perubahan pada dirinya seiring pertumbuhan fisik dan perkembangan zaman, yang tentunya perubahan yang sesuai dengan nilai-nilai Islam, dan salah satu cara agar dapat tercapainya keinginan tersebut adalah dengan Pendidikan Agama Islam sejak dini. Mengingat akan pentingnya Pendidikan Islam dan minimnya pengetahuan tentang Pendidikan Islam, maka SDN 2 Donohudan mempunyai salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang mana kegiatan ini dapat membantu para siswa untuk lebih memahami tentang Islam, diluar materi PAI yang telah tercantum di GBPP. Berdasarkan permasalahan diatas, penulis melakukan penelitian yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan pembelajaran keislaman yang diadakan di SDN 2 Donohudan dan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran BTA. Adapun mengenai tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana proses pelaksanaan kegiatan pembelajaran Baca Tulis Al -Qur’an (BTA) di SDN 2 Donohudan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Metode yang d igunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif untuk menghasilkan data diskriptif. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, hal ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan kegiatan pembelajaran BTA di SDN 2 Donohudan Boyolali. Dalam proses penelitian ini, analisis yang digunakan adalah menelaah data yang tersedia dari berbagai sumber seperti observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari data-data yang terkumpul, penulis bisa menyimpulkan bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran Baca Tulis Al -Qur’an di SDN 2 Donohudan Boyolali, dan faktor apa saja yang dapat mempengaruhi keberhasilan pelaksanaan BTA?. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa proses pelaksanaan kegiatan BTA di SDN 2 Donohudan Boyolali cukup baik, walaupun dalam pengelolaan kelas dan penyusunan satuan pelajaran (SP) masih kurang sempurna, dan dalam penggunaan metode cukup beragam sehingga tidak membosankan..
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8908
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
publishDate 2008
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8908 https://eprints.ums.ac.id/8908/ PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN ( BTA ) DI SDN 2 DONOHUDAN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2006/2007 Firdaus , Miftahul BP Bahaism. Theosophy, etc L Education (General) Pendidikan merupakan hal yang sangat penting yang dibutuhkan oleh tiap orang. Setiap orang tentu menginginkan perubahan pada dirinya seiring pertumbuhan fisik dan perkembangan zaman, yang tentunya perubahan yang sesuai dengan nilai-nilai Islam, dan salah satu cara agar dapat tercapainya keinginan tersebut adalah dengan Pendidikan Agama Islam sejak dini. Mengingat akan pentingnya Pendidikan Islam dan minimnya pengetahuan tentang Pendidikan Islam, maka SDN 2 Donohudan mempunyai salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang mana kegiatan ini dapat membantu para siswa untuk lebih memahami tentang Islam, diluar materi PAI yang telah tercantum di GBPP. Berdasarkan permasalahan diatas, penulis melakukan penelitian yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan pembelajaran keislaman yang diadakan di SDN 2 Donohudan dan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran BTA. Adapun mengenai tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana proses pelaksanaan kegiatan pembelajaran Baca Tulis Al -Qur’an (BTA) di SDN 2 Donohudan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Metode yang d igunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif untuk menghasilkan data diskriptif. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, hal ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan kegiatan pembelajaran BTA di SDN 2 Donohudan Boyolali. Dalam proses penelitian ini, analisis yang digunakan adalah menelaah data yang tersedia dari berbagai sumber seperti observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari data-data yang terkumpul, penulis bisa menyimpulkan bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran Baca Tulis Al -Qur’an di SDN 2 Donohudan Boyolali, dan faktor apa saja yang dapat mempengaruhi keberhasilan pelaksanaan BTA?. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa proses pelaksanaan kegiatan BTA di SDN 2 Donohudan Boyolali cukup baik, walaupun dalam pengelolaan kelas dan penyusunan satuan pelajaran (SP) masih kurang sempurna, dan dalam penggunaan metode cukup beragam sehingga tidak membosankan.. 2008 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8908/1/G000050078.PDF Firdaus , Miftahul (2008) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN ( BTA ) DI SDN 2 DONOHUDAN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. G000050078
spellingShingle BP Bahaism. Theosophy, etc
L Education (General)
Firdaus , Miftahul
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN ( BTA ) DI SDN 2 DONOHUDAN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2006/2007
title PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN ( BTA ) DI SDN 2 DONOHUDAN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2006/2007
title_full PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN ( BTA ) DI SDN 2 DONOHUDAN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2006/2007
title_fullStr PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN ( BTA ) DI SDN 2 DONOHUDAN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2006/2007
title_full_unstemmed PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN ( BTA ) DI SDN 2 DONOHUDAN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2006/2007
title_short PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN ( BTA ) DI SDN 2 DONOHUDAN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2006/2007
title_sort pelaksanaan pembelajaran baca tulis al qur an bta di sdn 2 donohudan boyolali tahun pelajaran 2006 2007
topic BP Bahaism. Theosophy, etc
L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8908/
work_keys_str_mv AT firdausmiftahul pelaksanaanpembelajaranbacatulisalquranbtadisdn2donohudanboyolalitahunpelajaran20062007