TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP TERHADAP PELAYANAN APOTEK RUMAH SAKIT UMUM Dr. MOEWARDI SURAKARTA PERIODE FEBRUARI – MARET TAHUN 2010

Tuntutan pasien dan masyarakat akan mutu pelayanan farmasi, mengharuskan adanya perubahan pelayanan dari paradigma lama (drug oriented) ke paradigma baru (patient oriented) dengan filosofi Pharmaceutical Care (pelayanan kefarmasian). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: NOVIYANTI , RANI SURYA
格式: Thesis
语言:English
English
出版: 2010
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/8903/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Tuntutan pasien dan masyarakat akan mutu pelayanan farmasi, mengharuskan adanya perubahan pelayanan dari paradigma lama (drug oriented) ke paradigma baru (patient oriented) dengan filosofi Pharmaceutical Care (pelayanan kefarmasian). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan obat yang dilakukan oleh apotek Rumah Sakit Umum Dr. Moewardi Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Jumlah sampel sebanyak 100 responden dengan kriteria pasien rawat inap dan penunggu pasien, umur 16 sampai 36 tahun keatas. Pemilihan sampel dengan metode purposive sample. Data diperoleh dengan penyebaran kuesioner yang pertanyaannya mencakup 5 dimensi yaitu keandalan, ketanggapan, jaminan, empati, dan berwujud. Pengolahan dan analisis data dengan mencari nilai korelasi, yaitu membandingkan persepsi harapan pasien terhadap pelayanan di apotek Rumah Sakit Umum Dr. Moewardi Surakarta dan uji validitas dan reliabilitas menggunakan program SPSS 16. Kinerja apotek sebagian besar telah sesuai dengan harapan pasien, pasien dapat dikatakan merasa puas terhadap apotek Rumah Sakit Umum Dr. Moewardi dengan memprioritaskan prioritas utama tentang memberikan solusi tentang obat, melayani resep dokter 24 jam, efek samping yang timbul setelah minum obat, cepat dan tanggap saat melayani keluarga pasien, waktu menunggu pengambilan obat di apotek tidak terlalu lama.