PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL MAHASISWA TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Survei di Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi pada Perguruan Tinggi di Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Universitas Sebelas Maret)

Proses belajar mengajar dalam berbagai bidang sangat terkait dengan kecerdasan emosional mahasiswa. Kecerdasan emosional dapat digunakan untuk melatih kemampuan mahasiswa. Kemampuan tersebut dapat mendukung seorang mahasiswa dalam mencapai tujuan dan cita-citanya, termasuk dalam prestasi belajar. Tu...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Brata, Bayu Adi
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8893/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994664170782720
author Brata, Bayu Adi
author_facet Brata, Bayu Adi
author_sort Brata, Bayu Adi
collection ePrints
description Proses belajar mengajar dalam berbagai bidang sangat terkait dengan kecerdasan emosional mahasiswa. Kecerdasan emosional dapat digunakan untuk melatih kemampuan mahasiswa. Kemampuan tersebut dapat mendukung seorang mahasiswa dalam mencapai tujuan dan cita-citanya, termasuk dalam prestasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional mahasiswa terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Variabel kecerdasan emosional yang digunakan secara empiris meliputi pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi diri, empati, ketrampilan sosial. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh mahasiswa akuntansi pada perguruan tinggi di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan Universitas Sebelas Maret (UNS), dan dibatasi tahun angkatan 2006 dan 2007. Metode penentuan sampel menggunakan Judgment Sampling dan jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 109 mahasiswa. Uji kualitas data menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh signifikan terhadap pemahaman akuntansi yaitu variabel pengenalan diri, pengendalian diri dan motivasi diri, yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05. Selain itu untuk variabel empati dan ketrampilan sosial tidak berpengaruh signifikan, karena mempunyai nilai signifikansi di atas 0,05. Namun setelah dilakukan pengujian, menunjukkan bahwa pengaruh keempat variabel tersebut secara bersama-sama adalah signifikan dan mempunyai kontribusi sebesar 41,4% terhadap tingkat pemahaman akuntansi
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8893
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8893 https://eprints.ums.ac.id/8893/ PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL MAHASISWA TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Survei di Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi pada Perguruan Tinggi di Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Universitas Sebelas Maret) Brata, Bayu Adi HG Finance Proses belajar mengajar dalam berbagai bidang sangat terkait dengan kecerdasan emosional mahasiswa. Kecerdasan emosional dapat digunakan untuk melatih kemampuan mahasiswa. Kemampuan tersebut dapat mendukung seorang mahasiswa dalam mencapai tujuan dan cita-citanya, termasuk dalam prestasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional mahasiswa terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Variabel kecerdasan emosional yang digunakan secara empiris meliputi pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi diri, empati, ketrampilan sosial. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh mahasiswa akuntansi pada perguruan tinggi di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan Universitas Sebelas Maret (UNS), dan dibatasi tahun angkatan 2006 dan 2007. Metode penentuan sampel menggunakan Judgment Sampling dan jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 109 mahasiswa. Uji kualitas data menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh signifikan terhadap pemahaman akuntansi yaitu variabel pengenalan diri, pengendalian diri dan motivasi diri, yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05. Selain itu untuk variabel empati dan ketrampilan sosial tidak berpengaruh signifikan, karena mempunyai nilai signifikansi di atas 0,05. Namun setelah dilakukan pengujian, menunjukkan bahwa pengaruh keempat variabel tersebut secara bersama-sama adalah signifikan dan mempunyai kontribusi sebesar 41,4% terhadap tingkat pemahaman akuntansi 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8893/1/B200040245.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8893/2/B200040245.pdf Brata, Bayu Adi (2010) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL MAHASISWA TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Survei di Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi pada Perguruan Tinggi di Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Universitas Sebelas Maret). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . B200040245
spellingShingle HG Finance
Brata, Bayu Adi
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL MAHASISWA TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Survei di Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi pada Perguruan Tinggi di Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Universitas Sebelas Maret)
title PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL MAHASISWA TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Survei di Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi pada Perguruan Tinggi di Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Universitas Sebelas Maret)
title_full PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL MAHASISWA TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Survei di Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi pada Perguruan Tinggi di Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Universitas Sebelas Maret)
title_fullStr PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL MAHASISWA TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Survei di Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi pada Perguruan Tinggi di Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Universitas Sebelas Maret)
title_full_unstemmed PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL MAHASISWA TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Survei di Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi pada Perguruan Tinggi di Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Universitas Sebelas Maret)
title_short PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL MAHASISWA TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Survei di Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi pada Perguruan Tinggi di Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Universitas Sebelas Maret)
title_sort pengaruh kecerdasan emosional mahasiswa terhadap tingkat pemahaman akuntansi survei di fakultas ekonomi jurusan akuntansi pada perguruan tinggi di universitas muhammadiyah surakarta dan universitas sebelas maret
topic HG Finance
url https://eprints.ums.ac.id/8893/
work_keys_str_mv AT bratabayuadi pengaruhkecerdasanemosionalmahasiswaterhadaptingkatpemahamanakuntansisurveidifakultasekonomijurusanakuntansipadaperguruantinggidiuniversitasmuhammadiyahsurakartadanuniversitassebelasmaret