POLA PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN AL-AMIN PALUR MOJOLABAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010
Perkembangan masyarakat dewasa ini menghendaki adanya pendidikan yang dilaksanakan secara seimbang antara nilai dan sikap, pengetahuan, kecerdasan dan ketrampilan, kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarakat. Asas pendidikan seperti inilah yang ditawarkan oleh pondok pesantren. Oleh k...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/8885/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Perkembangan masyarakat dewasa ini menghendaki adanya pendidikan yang dilaksanakan secara seimbang antara nilai dan sikap, pengetahuan, kecerdasan dan ketrampilan, kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarakat. Asas pendidikan seperti inilah yang ditawarkan oleh pondok pesantren. Oleh karena itu, keberadaan pondok pesantren yang semakin beragam dalam bentuk, peranan dan fungsi menjadikan adanya fenomena yang cukup berarti dalam upaya membuat suatu pola yang dapat dipahami sebagai acuan untuk pengembangan pesantren masa depan.
Pondok pesantren Al-Amin Palur adalah lembaga pendidikan yang berusaha untuk menerapkan dan mengembangkan pola pendidikan, pembinaan dan pengembangan santri untuk keunggulan dan kesempurnaan melalui program pendidikan yang utuh dan terpadu. Berdasarkan permaslahan di atas, maka skripsi ini membahas tentang pola pendidikan yang ada di pondok pesantren Al-Amin Palur. Tujuan dari penulis ini adalah untuk mengetahui pola pendidikan yang diterapkan di pondok pesantren Al-Amin Palur dalam proses pendidikannya. Adapun manfaat dari penulisan ini adalah sumbangan pemikiran untuk meningkatkan pola pendidikan dalam membimbing dan mengarahkan santri. Sedangkan bagi penulis, penelitian ini sebagai sarana untuk membuktikan kebenaran teori-teori yang ada dengan keadaan yang lebih nyata dan menjadi informasi bagi peneliti lain yang melakukan penelitian dengan permasalahan sejenis. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data mengguanakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah pola pendidikan yang diterapkan di pondok pesantren Al-Amin Palur, dalam hal ini pondok pesantren Al-Amin Palur termasuk pondok pesantren modern, karena pola pendidikan yang diterapkan tidak hanya unsur-unsur utama pesantren tetapi juga dimasukkan ke dalamnya unsur-unsur pendidikan modern yaitu dengan adanya sistem sekolah dan muatan-muatan ilmu umum serta ilmu ketrampilan dalam muatan kurikulumnya.
Dari kesimpulan tersebut maka pondok pesantren Al-Amin Palur diharapkan dapat mengembangkan pola pendidikan yang diterapkan sesuai dengan perkembangan zaman dengan tanpa meninggalkan unsur-unsur kepesantrenannya. |
---|