STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PAI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN 2009/2010

Kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan merupakan figur kunci dalam mendorong perkembangan dan kemajuan sekolah. Keberhasilan kepala sekolah yang utama adalah membentuk sikap dan kemampuan guru menjadi tenaga pendidikan yang profesional. Karena baik dan buruknya perilaku atau cara men...

Celý popis

Uloženo v:
Podrobná bibliografie
Hlavní autor: SAPTIYAN , ROZI
Médium: Diplomová práce
Jazyk:English
English
Vydáno: 2009
Témata:
On-line přístup:https://eprints.ums.ac.id/8884/
Tagy: Přidat tag
Žádné tagy, Buďte první, kdo vytvoří štítek k tomuto záznamu!
_version_ 1804994661695094784
author SAPTIYAN , ROZI
author_facet SAPTIYAN , ROZI
author_sort SAPTIYAN , ROZI
collection ePrints
description Kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan merupakan figur kunci dalam mendorong perkembangan dan kemajuan sekolah. Keberhasilan kepala sekolah yang utama adalah membentuk sikap dan kemampuan guru menjadi tenaga pendidikan yang profesional. Karena baik dan buruknya perilaku atau cara mengajar guru akan sangat mempengaruhi mutu output pendidikan. Oleh karena itu kepemimpinan kepala sekolah yang efektif dalam meningkatkan profesionalisme guru merupakan sebuah tuntutan prioritas agar dapat mencapai keberhasilan sekolah yang berkualitas. Sebagai objek, SMA Muhammadiyah 1 Surakarta merupakan sekolah percontohan bagi sekolah-sekolah swasta disekitarnya, dari situlah penulis tertarik untuk mengadakan penelitian skripsi di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan, mengatasi hambatan, dan mengantisipasi hambatan yang muncul dalam upaya meningkatkan profesionalisme guru agama Islam di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta? Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan, mengatasi hambatan, dan mengantisipasi hambatan yang muncul dalam upaya meningkatkan profesionalisme guru agama Islam di sekolah tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan berguna dalam upaya meningkatan profesionalisme guru, dan sebagai referensi ilmiah bagi peneliti selanjutnya. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan analisis deskriptif kualitatif Subyek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah dan seluruh guru pendidikan agama Islam serta dokumen-dokumen. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah yang terindikasikan melalui peranannya sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator, dan motivator ternyata telah, sedang, dan terus melakukan upaya peningkatan serta pemantaban profesionalisme pendidik sesuai dengan rencana, visi dan tujuan dari setiap indikasi strategi yang dilaksanakan. Sedangkan strategi-strategi yang diterapkan oleh kepala sekolah dalam penelitian ini adalah: 1) menyediakan bahan bacaan, 2) mengikutsertakan dalam MGMP, 3) pelatihan ESQ, 4) bekerjasama dengan lembaga pendidikan yang lain, 5) rapat guru, 6) pre-service, 7) in-service, 8) penataran, 9) pengadaan alat-alat pembelajaran, dan 10) memberi motivasi serta suri tauladan. Sedangkan strategi kepala sekolah dalam mengatasi hambatan, meliputi: 1) menyadarkan dan memberikan dorongan pada guru, 2) memantau guru, 3) pengadaan sarana dan prasarana yang lebih memadai, 4) pelatihan, 5) memberikan guru motivasi, 6) pelatihan untuk para guru, 7) memaksimalkan fungsi ketua koordinator mata pelajaran pendidikan agama Islam. Kemudian, strategi kepala sekolah dalam mengantisipasi hambatan yakni sebagai berikut : 1) melakukan penyeleksian calon guru, 2) memberi semangat dan diajak berdialog dengan guru, dan 3) mengevaluasi kinerja guru pada periode tertentu.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8884
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2009
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8884 https://eprints.ums.ac.id/8884/ STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PAI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN 2009/2010 SAPTIYAN , ROZI LB2300 Higher Education Kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan merupakan figur kunci dalam mendorong perkembangan dan kemajuan sekolah. Keberhasilan kepala sekolah yang utama adalah membentuk sikap dan kemampuan guru menjadi tenaga pendidikan yang profesional. Karena baik dan buruknya perilaku atau cara mengajar guru akan sangat mempengaruhi mutu output pendidikan. Oleh karena itu kepemimpinan kepala sekolah yang efektif dalam meningkatkan profesionalisme guru merupakan sebuah tuntutan prioritas agar dapat mencapai keberhasilan sekolah yang berkualitas. Sebagai objek, SMA Muhammadiyah 1 Surakarta merupakan sekolah percontohan bagi sekolah-sekolah swasta disekitarnya, dari situlah penulis tertarik untuk mengadakan penelitian skripsi di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan, mengatasi hambatan, dan mengantisipasi hambatan yang muncul dalam upaya meningkatkan profesionalisme guru agama Islam di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta? Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan, mengatasi hambatan, dan mengantisipasi hambatan yang muncul dalam upaya meningkatkan profesionalisme guru agama Islam di sekolah tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan berguna dalam upaya meningkatan profesionalisme guru, dan sebagai referensi ilmiah bagi peneliti selanjutnya. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan analisis deskriptif kualitatif Subyek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah dan seluruh guru pendidikan agama Islam serta dokumen-dokumen. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah yang terindikasikan melalui peranannya sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator, dan motivator ternyata telah, sedang, dan terus melakukan upaya peningkatan serta pemantaban profesionalisme pendidik sesuai dengan rencana, visi dan tujuan dari setiap indikasi strategi yang dilaksanakan. Sedangkan strategi-strategi yang diterapkan oleh kepala sekolah dalam penelitian ini adalah: 1) menyediakan bahan bacaan, 2) mengikutsertakan dalam MGMP, 3) pelatihan ESQ, 4) bekerjasama dengan lembaga pendidikan yang lain, 5) rapat guru, 6) pre-service, 7) in-service, 8) penataran, 9) pengadaan alat-alat pembelajaran, dan 10) memberi motivasi serta suri tauladan. Sedangkan strategi kepala sekolah dalam mengatasi hambatan, meliputi: 1) menyadarkan dan memberikan dorongan pada guru, 2) memantau guru, 3) pengadaan sarana dan prasarana yang lebih memadai, 4) pelatihan, 5) memberikan guru motivasi, 6) pelatihan untuk para guru, 7) memaksimalkan fungsi ketua koordinator mata pelajaran pendidikan agama Islam. Kemudian, strategi kepala sekolah dalam mengantisipasi hambatan yakni sebagai berikut : 1) melakukan penyeleksian calon guru, 2) memberi semangat dan diajak berdialog dengan guru, dan 3) mengevaluasi kinerja guru pada periode tertentu. 2009 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8884/1/G000060034.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8884/2/G000060034.pdf SAPTIYAN , ROZI (2009) STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PAI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. G000060034
spellingShingle LB2300 Higher Education
SAPTIYAN , ROZI
STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PAI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN 2009/2010
title STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PAI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN 2009/2010
title_full STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PAI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN 2009/2010
title_fullStr STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PAI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN 2009/2010
title_full_unstemmed STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PAI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN 2009/2010
title_short STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PAI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN 2009/2010
title_sort strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru pai di sma muhammadiyah 1 surakarta tahun 2009 2010
topic LB2300 Higher Education
url https://eprints.ums.ac.id/8884/
work_keys_str_mv AT saptiyanrozi strategikepemimpinankepalasekolahdalammeningkatkanprofesionalismegurupaidismamuhammadiyah1surakartatahun20092010