STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PAI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN 2009/2010
Kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan merupakan figur kunci dalam mendorong perkembangan dan kemajuan sekolah. Keberhasilan kepala sekolah yang utama adalah membentuk sikap dan kemampuan guru menjadi tenaga pendidikan yang profesional. Karena baik dan buruknya perilaku atau cara men...
Gardado en:
Autor Principal: | |
---|---|
Formato: | Thesis |
Idioma: | English English |
Publicado: |
2009
|
Subjects: | |
Acceso en liña: | https://eprints.ums.ac.id/8884/ |
Tags: |
Engadir etiqueta
Sen Etiquetas, Sexa o primeiro en etiquetar este rexistro!
|
Summary: | Kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan merupakan figur kunci
dalam mendorong perkembangan dan kemajuan sekolah. Keberhasilan kepala
sekolah yang utama adalah membentuk sikap dan kemampuan guru menjadi
tenaga pendidikan yang profesional. Karena baik dan buruknya perilaku atau cara
mengajar guru akan sangat mempengaruhi mutu output pendidikan. Oleh karena
itu kepemimpinan kepala sekolah yang efektif dalam meningkatkan
profesionalisme guru merupakan sebuah tuntutan prioritas agar dapat mencapai
keberhasilan sekolah yang berkualitas. Sebagai objek, SMA Muhammadiyah 1
Surakarta merupakan sekolah percontohan bagi sekolah-sekolah swasta
disekitarnya, dari situlah penulis tertarik untuk mengadakan penelitian skripsi di
SMA Muhammadiyah 1 Surakarta.
Masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana strategi
kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan, mengatasi hambatan, dan
mengantisipasi hambatan yang muncul dalam upaya meningkatkan profesionalisme
guru agama Islam di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta? Oleh karena itu, penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi kepemimpinan kepala sekolah
dalam meningkatkan, mengatasi hambatan, dan mengantisipasi hambatan yang
muncul dalam upaya meningkatkan profesionalisme guru agama Islam di sekolah
tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan berguna dalam upaya meningkatan
profesionalisme guru, dan sebagai referensi ilmiah bagi peneliti selanjutnya.
Metode penelitian yang penulis gunakan adalah jenis penelitian lapangan
dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan analisis deskriptif kualitatif
Subyek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah dan seluruh guru pendidikan
agama Islam serta dokumen-dokumen. Dalam penelitian ini penulis menggunakan
metode pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan
kepala sekolah yang terindikasikan melalui peranannya sebagai edukator,
manajer, administrator, supervisor, leader, inovator, dan motivator ternyata telah,
sedang, dan terus melakukan upaya peningkatan serta pemantaban
profesionalisme pendidik sesuai dengan rencana, visi dan tujuan dari setiap
indikasi strategi yang dilaksanakan.
Sedangkan strategi-strategi yang diterapkan oleh kepala sekolah dalam
penelitian ini adalah: 1) menyediakan bahan bacaan, 2) mengikutsertakan dalam
MGMP, 3) pelatihan ESQ, 4) bekerjasama dengan lembaga pendidikan yang lain,
5) rapat guru, 6) pre-service, 7) in-service, 8) penataran, 9) pengadaan alat-alat
pembelajaran, dan 10) memberi motivasi serta suri tauladan. Sedangkan strategi
kepala sekolah dalam mengatasi hambatan, meliputi: 1) menyadarkan dan
memberikan dorongan pada guru, 2) memantau guru, 3) pengadaan sarana dan
prasarana yang lebih memadai, 4) pelatihan, 5) memberikan guru motivasi,
6) pelatihan untuk para guru, 7) memaksimalkan fungsi ketua koordinator mata
pelajaran pendidikan agama Islam. Kemudian, strategi kepala sekolah dalam
mengantisipasi hambatan yakni sebagai berikut : 1) melakukan penyeleksian
calon guru, 2) memberi semangat dan diajak berdialog dengan guru, dan
3) mengevaluasi kinerja guru pada periode tertentu.
|
---|