KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT SYED MUHAMMAD AL-NAQUIB AL-ATTAS

Dunia Islam akhir-akhir ini tengah menghadapi berbagai permasalahan seputar krisis pendidikan Islam serta problem lain yang sangat menuntut upaya pemecahan secara mendesak. Persoalan pendidikan adalah tantangan yang paling berat, oleh karena itu perlu adanya rekonseptualisasi, reformulasi, reformasi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Ulfa , Maria
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8860/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994655216992256
author Ulfa , Maria
author_facet Ulfa , Maria
author_sort Ulfa , Maria
collection ePrints
description Dunia Islam akhir-akhir ini tengah menghadapi berbagai permasalahan seputar krisis pendidikan Islam serta problem lain yang sangat menuntut upaya pemecahan secara mendesak. Persoalan pendidikan adalah tantangan yang paling berat, oleh karena itu perlu adanya rekonseptualisasi, reformulasi, reformasi, rekontruksi atau penataan kembali. Memperhatikan itu semua kiranya para cendekiawan muslim perlu mengembangkan strategi untuk mengatasinya. Diantara para pemikir dan intelektual muslim dunia yang cukup produktif saat ini tercatatlah seorang tokoh keturunan Arab dan Sunda (Indonesia) yang menjadi warga negara Malaysia, yakni Prof. DR. Syed Muhammad al-Naquib al-Attas. Ia telah membawa angin segar kedalam pembaharuan pemikian pendidikan Islam kontemporer. Ia memiliki konsepsi baru yang brilliant tentang pendidikan Islam, gagasannya mengalir deras mulai dari Islamisasi ilmu pengetahuan yang mengalir kedalam pemikiran filosofis pendidikan Islam yang membuatnya terkenal sekaligus membedakannya dengan pemikir-pemikir islam yang lainnya. Dengan latar belakang masalah tersebut, maka permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep pendidikan Islam menurut Syed Muhammad al-Naquib al- Attas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami konsep pendidikan Islam menurut Syed Muhammad al-Naquib al-Attas. Manfaat dari penelitian ini secara teoritik dapat semakin memperkaya khazanah pemikiran Islam pada umumnya dan bagi civitas akademika Fakultas Agama Islam jurusan Tarbiyah pada khususnya, selain itu dapat menjadi stimulus bagi penelitian selanjutnya. Sehingga proses pengkajian secara mendalam akan terus berlangsung dan memperoleh hasil yang maksimal. Secara praktis, dapat bermanfaat bagi masyarakat secara umum, sehingga mampu menumbuhkan kepedulian terhadap pendidikan pada umumnya dan pendidikan Islam pada khususnya. Penelitian ini tergolong penelitian bibliografi dengan pendekatan historis filosofis. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi dan kepustakaan. Hasil penelitian ini adalah terma ta’dib yang paling tepat untuk terma pendidikan Islam, terma tarbiyah cocok untuk TK dan SD, ta’lim untuk SLTP dan SLTA, ta’dib untuk perguruan tinggi, konsep dan pola pembaharuan pendidikan Islam al-Attas terletak pada sistem dan tujuannya yaitu membentuk manusia yana baik (al-Insan al-Kamil) yang terpadu dalam ilmu fardu ‘ain dan ilmu fardu kifayah. Peta pembaharuan pendidikan Islam Al-Atttas tergolong pembaharuan yang berorientasi kepada Islam secara murni dan konsekuen, dengan senantiasa merujuk pada Al-Qur’an dan al-Hadits. Kendati demikian konsep pendidikan Islam Al-Attas ini masih menjadi polemik di kalangan intelektual muslim dan non muslim, terutama pada tataran operasionalnya yang perlu dirumuskan secara konkre
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8860
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8860 https://eprints.ums.ac.id/8860/ KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT SYED MUHAMMAD AL-NAQUIB AL-ATTAS Ulfa , Maria BP Bahaism. Theosophy, etc L Education (General) Dunia Islam akhir-akhir ini tengah menghadapi berbagai permasalahan seputar krisis pendidikan Islam serta problem lain yang sangat menuntut upaya pemecahan secara mendesak. Persoalan pendidikan adalah tantangan yang paling berat, oleh karena itu perlu adanya rekonseptualisasi, reformulasi, reformasi, rekontruksi atau penataan kembali. Memperhatikan itu semua kiranya para cendekiawan muslim perlu mengembangkan strategi untuk mengatasinya. Diantara para pemikir dan intelektual muslim dunia yang cukup produktif saat ini tercatatlah seorang tokoh keturunan Arab dan Sunda (Indonesia) yang menjadi warga negara Malaysia, yakni Prof. DR. Syed Muhammad al-Naquib al-Attas. Ia telah membawa angin segar kedalam pembaharuan pemikian pendidikan Islam kontemporer. Ia memiliki konsepsi baru yang brilliant tentang pendidikan Islam, gagasannya mengalir deras mulai dari Islamisasi ilmu pengetahuan yang mengalir kedalam pemikiran filosofis pendidikan Islam yang membuatnya terkenal sekaligus membedakannya dengan pemikir-pemikir islam yang lainnya. Dengan latar belakang masalah tersebut, maka permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep pendidikan Islam menurut Syed Muhammad al-Naquib al- Attas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami konsep pendidikan Islam menurut Syed Muhammad al-Naquib al-Attas. Manfaat dari penelitian ini secara teoritik dapat semakin memperkaya khazanah pemikiran Islam pada umumnya dan bagi civitas akademika Fakultas Agama Islam jurusan Tarbiyah pada khususnya, selain itu dapat menjadi stimulus bagi penelitian selanjutnya. Sehingga proses pengkajian secara mendalam akan terus berlangsung dan memperoleh hasil yang maksimal. Secara praktis, dapat bermanfaat bagi masyarakat secara umum, sehingga mampu menumbuhkan kepedulian terhadap pendidikan pada umumnya dan pendidikan Islam pada khususnya. Penelitian ini tergolong penelitian bibliografi dengan pendekatan historis filosofis. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi dan kepustakaan. Hasil penelitian ini adalah terma ta’dib yang paling tepat untuk terma pendidikan Islam, terma tarbiyah cocok untuk TK dan SD, ta’lim untuk SLTP dan SLTA, ta’dib untuk perguruan tinggi, konsep dan pola pembaharuan pendidikan Islam al-Attas terletak pada sistem dan tujuannya yaitu membentuk manusia yana baik (al-Insan al-Kamil) yang terpadu dalam ilmu fardu ‘ain dan ilmu fardu kifayah. Peta pembaharuan pendidikan Islam Al-Atttas tergolong pembaharuan yang berorientasi kepada Islam secara murni dan konsekuen, dengan senantiasa merujuk pada Al-Qur’an dan al-Hadits. Kendati demikian konsep pendidikan Islam Al-Attas ini masih menjadi polemik di kalangan intelektual muslim dan non muslim, terutama pada tataran operasionalnya yang perlu dirumuskan secara konkre 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8860/1/G000060030.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8860/2/G000060030.pdf Ulfa , Maria (2010) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT SYED MUHAMMAD AL-NAQUIB AL-ATTAS. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. G000060030
spellingShingle BP Bahaism. Theosophy, etc
L Education (General)
Ulfa , Maria
KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT SYED MUHAMMAD AL-NAQUIB AL-ATTAS
title KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT SYED MUHAMMAD AL-NAQUIB AL-ATTAS
title_full KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT SYED MUHAMMAD AL-NAQUIB AL-ATTAS
title_fullStr KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT SYED MUHAMMAD AL-NAQUIB AL-ATTAS
title_full_unstemmed KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT SYED MUHAMMAD AL-NAQUIB AL-ATTAS
title_short KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT SYED MUHAMMAD AL-NAQUIB AL-ATTAS
title_sort konsep pendidikan islam menurut syed muhammad al naquib al attas
topic BP Bahaism. Theosophy, etc
L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8860/
work_keys_str_mv AT ulfamaria konseppendidikanislammenurutsyedmuhammadalnaquibalattas