PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) POKOK BAHASAN KEPADATAN POPULASI MANUSIA HUBUNGANNYA DENGAN LINGKUNGAN SISWA KELAS VII-A MTS MUHAMMADIYAH TAWANGSARI TAHUN AJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Biologi siswa kelas VII-A di MTs Muhammadiyah Tawangsari tahun ajaran 2009/2010 dengan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite and Review) pada materi pokok kepadatan populasi manusia hubunganya dengan lingkungan. Metode pen...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUSILOWATI , TUTIK
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8854/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994596508270592
author SUSILOWATI , TUTIK
author_facet SUSILOWATI , TUTIK
author_sort SUSILOWATI , TUTIK
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Biologi siswa kelas VII-A di MTs Muhammadiyah Tawangsari tahun ajaran 2009/2010 dengan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite and Review) pada materi pokok kepadatan populasi manusia hubunganya dengan lingkungan. Metode penelitian dengan metode SQ3R dilakukan dalam dua siklus. Eksperimen dilakukan dengan pembelajaran dan diakhiri dengan post-test pada setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas VII-A pada siklus I (Aspek kognitif = 6,78 atau meningkat sebesar 1,06 poin dari rata-rata nilai awal; aspek afektif = 23,61 (termasuk kategori kurang berminat). Rata-rata hasil belajar pada siklus II (Aspek kognitif = 8,06 atau meningkat sebesar 1,28 poin dari rata-rata siklus I; Aspek afektif = 45,89 (termasuk berminat) atau meningkat sebesar 22,28 poin dari siklus I). Secara keseluruhan aspek penilaian kognitif pada siklus II meningkat dari penilaian kognitif nilai awal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII-A di MTs Muhammadiyah Tawangsari tahun ajaran 2009/2010
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8854
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8854 https://eprints.ums.ac.id/8854/ PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) POKOK BAHASAN KEPADATAN POPULASI MANUSIA HUBUNGANNYA DENGAN LINGKUNGAN SISWA KELAS VII-A MTS MUHAMMADIYAH TAWANGSARI TAHUN AJARAN 2009/2010 SUSILOWATI , TUTIK L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Biologi siswa kelas VII-A di MTs Muhammadiyah Tawangsari tahun ajaran 2009/2010 dengan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite and Review) pada materi pokok kepadatan populasi manusia hubunganya dengan lingkungan. Metode penelitian dengan metode SQ3R dilakukan dalam dua siklus. Eksperimen dilakukan dengan pembelajaran dan diakhiri dengan post-test pada setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas VII-A pada siklus I (Aspek kognitif = 6,78 atau meningkat sebesar 1,06 poin dari rata-rata nilai awal; aspek afektif = 23,61 (termasuk kategori kurang berminat). Rata-rata hasil belajar pada siklus II (Aspek kognitif = 8,06 atau meningkat sebesar 1,28 poin dari rata-rata siklus I; Aspek afektif = 45,89 (termasuk berminat) atau meningkat sebesar 22,28 poin dari siklus I). Secara keseluruhan aspek penilaian kognitif pada siklus II meningkat dari penilaian kognitif nilai awal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII-A di MTs Muhammadiyah Tawangsari tahun ajaran 2009/2010 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8854/1/A420050095.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8854/2/A420050095.pdf SUSILOWATI , TUTIK (2010) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) POKOK BAHASAN KEPADATAN POPULASI MANUSIA HUBUNGANNYA DENGAN LINGKUNGAN SISWA KELAS VII-A MTS MUHAMMADIYAH TAWANGSARI TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A420050095
spellingShingle L Education (General)
SUSILOWATI , TUTIK
PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) POKOK BAHASAN KEPADATAN POPULASI MANUSIA HUBUNGANNYA DENGAN LINGKUNGAN SISWA KELAS VII-A MTS MUHAMMADIYAH TAWANGSARI TAHUN AJARAN 2009/2010
title PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) POKOK BAHASAN KEPADATAN POPULASI MANUSIA HUBUNGANNYA DENGAN LINGKUNGAN SISWA KELAS VII-A MTS MUHAMMADIYAH TAWANGSARI TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) POKOK BAHASAN KEPADATAN POPULASI MANUSIA HUBUNGANNYA DENGAN LINGKUNGAN SISWA KELAS VII-A MTS MUHAMMADIYAH TAWANGSARI TAHUN AJARAN 2009/2010
title_fullStr PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) POKOK BAHASAN KEPADATAN POPULASI MANUSIA HUBUNGANNYA DENGAN LINGKUNGAN SISWA KELAS VII-A MTS MUHAMMADIYAH TAWANGSARI TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) POKOK BAHASAN KEPADATAN POPULASI MANUSIA HUBUNGANNYA DENGAN LINGKUNGAN SISWA KELAS VII-A MTS MUHAMMADIYAH TAWANGSARI TAHUN AJARAN 2009/2010
title_short PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) POKOK BAHASAN KEPADATAN POPULASI MANUSIA HUBUNGANNYA DENGAN LINGKUNGAN SISWA KELAS VII-A MTS MUHAMMADIYAH TAWANGSARI TAHUN AJARAN 2009/2010
title_sort peningkatan hasil belajar biologi dengan menggunakan metode pembelajaran sq3r survey question read recite review pokok bahasan kepadatan populasi manusia hubungannya dengan lingkungan siswa kelas vii a mts muhammadiyah tawangsari tahun ajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8854/
work_keys_str_mv AT susilowatitutik peningkatanhasilbelajarbiologidenganmenggunakanmetodepembelajaransq3rsurveyquestionreadrecitereviewpokokbahasankepadatanpopulasimanusiahubungannyadenganlingkungansiswakelasviiamtsmuhammadiyahtawangsaritahunajaran20092010