PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAP UNTUK MENING KATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA SISWA KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010

Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan banyak strategi pembelajaran. Untuk meningkatkan prestasi belajar/hasil belajar, guru dapat menggunakan PTK. Di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta hasil belajar belum maksimal. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pening...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PUTRANTO , TINTO TRI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8851/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804116621648723968
author PUTRANTO , TINTO TRI
author_facet PUTRANTO , TINTO TRI
author_sort PUTRANTO , TINTO TRI
collection ePrints
description Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan banyak strategi pembelajaran. Untuk meningkatkan prestasi belajar/hasil belajar, guru dapat menggunakan PTK. Di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta hasil belajar belum maksimal. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan strategi pembelajaran Mind Map pada siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. Data hasil belajar Biologi diambil dari nilai ketuntasan,angket serta dialog awal dengan guru kelas XI IPA. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kreativitas dan hasil belajar. Untuk nilai kreativitas pada siklus pertama adalah 28,50. Pada siklus kedua terjadi peningkatan nilai Kreativitas sebesar 60,70 meningkat 32,2. Untuk nilai kreativitas juga digunakan sebagai parameter, sedangkan nilai kognitif pada siklus pertama adalah 57,70. Tejadi peningkatan pada siklus kedua sebesar 68,50. Kompetensi Dasar yang ingin dicapai pada aspek kognitif adalah apabila sudah mencapai nilai rata-rata kelas 65. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah penerapan strategi Mind Map pada pembelajaran berpengaruh positif pada hasil belajar siswa sebesar 68,50 > dari KD nilai rata-rata yang ingin dicapai yaitu 65. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan Mind Map meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2010
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8851
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8851 https://eprints.ums.ac.id/8851/ PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAP UNTUK MENING KATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA SISWA KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010 PUTRANTO , TINTO TRI L Education (General) Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan banyak strategi pembelajaran. Untuk meningkatkan prestasi belajar/hasil belajar, guru dapat menggunakan PTK. Di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta hasil belajar belum maksimal. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan strategi pembelajaran Mind Map pada siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. Data hasil belajar Biologi diambil dari nilai ketuntasan,angket serta dialog awal dengan guru kelas XI IPA. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kreativitas dan hasil belajar. Untuk nilai kreativitas pada siklus pertama adalah 28,50. Pada siklus kedua terjadi peningkatan nilai Kreativitas sebesar 60,70 meningkat 32,2. Untuk nilai kreativitas juga digunakan sebagai parameter, sedangkan nilai kognitif pada siklus pertama adalah 57,70. Tejadi peningkatan pada siklus kedua sebesar 68,50. Kompetensi Dasar yang ingin dicapai pada aspek kognitif adalah apabila sudah mencapai nilai rata-rata kelas 65. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah penerapan strategi Mind Map pada pembelajaran berpengaruh positif pada hasil belajar siswa sebesar 68,50 > dari KD nilai rata-rata yang ingin dicapai yaitu 65. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan Mind Map meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2010 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8851/1/A420050070.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8851/2/A420050070.pdf PUTRANTO , TINTO TRI (2010) PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAP UNTUK MENING KATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA SISWA KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A420050070
spellingShingle L Education (General)
PUTRANTO , TINTO TRI
PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAP UNTUK MENING KATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA SISWA KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010
title PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAP UNTUK MENING KATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA SISWA KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010
title_full PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAP UNTUK MENING KATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA SISWA KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010
title_fullStr PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAP UNTUK MENING KATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA SISWA KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010
title_full_unstemmed PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAP UNTUK MENING KATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA SISWA KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010
title_short PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAP UNTUK MENING KATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA SISWA KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010
title_sort penggunaan strategi pembelajaran mind map untuk mening katkan hasil belajar biologi pada pokok bahasan sistem peredaran darah manusia siswa kelas xi ipa sma muhammadiyah 2 surakarta tahun ajaran 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8851/
work_keys_str_mv AT putrantotintotri penggunaanstrategipembelajaranmindmapuntukmeningkatkanhasilbelajarbiologipadapokokbahasansistemperedarandarahmanusiasiswakelasxiipasmamuhammadiyah2surakartatahunajaran2010