IMPLEMENTASI METODE ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V DI SD ISLAM AL-AZHAR 28 SOLOBARU
Dalam dunia pendidikan strategi mempunyai andil yang cukup besar dalam mencapai tujuan karena strategi menjadi sarana dan salah satu hal untuk mencapai tujuan yaitu materi pelajaran atau strategi pelajaran yang tersusun rapi dalam kurikulum pendidikan. Aktivitas siswa dan peran guru, lingkungan menj...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/8848/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Dalam dunia pendidikan strategi mempunyai andil yang cukup besar dalam mencapai tujuan karena strategi menjadi sarana dan salah satu hal untuk mencapai tujuan yaitu materi pelajaran atau strategi pelajaran yang tersusun rapi dalam kurikulum pendidikan. Aktivitas siswa dan peran guru, lingkungan menjadi faktor penting untuk tercapainya proses pembelajaran aktif, serta penggunaan metode yang menarik. SD Islam Al-Azhar 28 Solo Baru merupakan lembaga pendidikan yang favorit dan berkualitas serta selalu meningkatkan mutu pendidikan. Adapun peningkatan mutu, diantaranya pengembangan strategi pengajaran Active Learning.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan metode Active Learning, aktivitas siswa dan peran guru, serta pemanfaatan lingkungan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kelas V di SD Islam Al-Azhar 28 Solo Baru. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pelaksanaan metode Active Learning dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kelas V Sekolah Dasar Islam Al Azhar 28 Solo Baru. Selain itu untuk menemukan aktivitas siswa dan peran guru dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kelas V Sekolah Dasar Islam Al Azhar 28 Solo Baru, serta menemukan pemanfaatan lingkungan sekitar dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kelas V Sekolah Dasar Islam Al Azhar 28 Solo Baru. Sedangkan manfaat yang dapat diambil dari penelitian ini adalah menambah wawasan atau memperkaya khasanah dalam proses kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan, dengan mengunakan metode Active Learning yang menyenangkan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research), objek penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam dan siswa kelas V SD Islam Al-Azhar 28 Solo Baru berjumlah 1 orang guru dan 57 siswa yang dibagi dua kelas yaitu VA dan VB. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui interview kepada Bapak kepala sekolah, koordinator bidang kurikulum, guru pengampu PAI kelas V. Adapun observasi dilakukan dalam kelas dan lingkungan sekolah dan dokumentasi dilakukan untuk memperoleh data-data dalam penelitian ini. Sedangkan analisis datanya menggunakan kualitatif deskriptif dengan pola berpikir induktif.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penyampaian materi yang dikelola secara aktif dengan penggunaan metode Active Learning diantaranya diskusi kelompok, pemutaran film/video, resitasi dan field trip. Adapun aktivitas siswa, yaitu ikut berpartisipasi dalam pembelajaran seperti berdiskusi, bertanya, ikut menyampaikan pendapat, dan saling bertukar pikiran dalam menyelasaikan tugas sehingga membuat siswa lebih berkreasi dan aktif. Sedangkan guru memposisikan mereka sebagai fasilitator, motivator, mediator dan evaluator. Pada pemanfaatan lingkungan dibagi menjadi dua yaitu pemanfaatan dari lingkungan sosial dilakukan oleh para siswa dan guru dengan pembuatan kabar dhu’afa. Lebih lanjutnya pada pemanfaatan lingkungan alam yang bersifat memanfaatkan dilaksanakan dengan cara mendatangkan sumber dari masyarakat yang dibawa ke dalam kelas, sebagai contoh film upin dan ipin episode ke 15. Untuk pemanfatan lingkungan yang di desain belum maksimal dalam pelaksanaanya.
|
---|