PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR ISLAM INTERNASIONAL AL ABIDIN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010

Pembelajaran CTL adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi pembelajaran dengan situasi dunia nyata siswa, dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Dengan pendekatan CTL proses pembelajaran...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: NISA, ANITA KHAIRUN
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8847/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Pembelajaran CTL adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi pembelajaran dengan situasi dunia nyata siswa, dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Dengan pendekatan CTL proses pembelajaran diharapkan berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa untuk bekerja dan mengalami, bukan transfer pengetahuan dari guru ke siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Internasional Al Abidin Surakarta. Selain itu juga untuk menemukan faktor pendukung, penghambat dan solusi penerapan Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Internasional Al Abidin Surakarta. Penelitian ini dapat digolongkan sebagai penelitian kualitatif lapangan (field research). Penelitian yang prosedurnya menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan, wawancara dan dokumen. Penelitian ini menjelaskan tentang penerapan CTL pada pembelajaran PAI di SDII Al Abidin melalui tujuh komponen yaitu konstruktivisme (constructivism), bertanya (questioning), menemukan (inquiry), masyarakat belajar (learning community), pemodelan (modelling), refleksi (reflection) dan penilaian autentik (authentic assessment). Dari tujuh komponen tersebut, pada pembelajaran PAI di SDII Al Abidin ada yang sudah diterapkan dan ada juga yang belum sepenuhnya diterapkan dengan baik. Adapun komponen yang sudah diterapkan dengan baik adalah konstruktivisme (constructivism), menemukan (inquiry), refleksi (reflection) dan penilaian autentik (authentic assessment). Sedangkan yang belum sepenuhnya diterapkan adalah komponen bertanya (questioning), masyarakat belajar (learning community) dan pemodelan (modelling). Faktor pendukung dalam penerapan CTL pada pembelajaran PAI di SDII Al Abidin adalah kurikulum yang digunakan, sarana dan prasarana termasuk multimedia, kreativitas guru dan kondisi lingkungan. Faktor penghambatnya adalah kesulitan guru menjelaskan materi dalam tema-tema yang abstrak, ketersediaan waktu yang kurang, dan perbedaan pemahaman siswa. Sedangkan solusi yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut adalah kreativitas guru dalam penerapan CTL, penambahan sumber media belajar, penggunaan waktu secara efektif dan efisien, dan pemberian evaluasi dengan cara mengulang-ulang materi bagi siswa yang terlihat kurang paham.