PENGEMBANGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009-2010

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah operasional kurikulum yang disusun dan dilaksanakan pada masing-masing satuan pendidikan. Setiap satuan pendidikan mempunyai hak untuk mengembangkan KTSP sesuai daerah dan situasi kondisi lingkungan sekolah dan dengan pedoman Standar Isi dan Standar...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: RUSMANTO , RUSMANTO
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8846/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804116596079198208
author RUSMANTO , RUSMANTO
author_facet RUSMANTO , RUSMANTO
author_sort RUSMANTO , RUSMANTO
collection ePrints
description Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah operasional kurikulum yang disusun dan dilaksanakan pada masing-masing satuan pendidikan. Setiap satuan pendidikan mempunyai hak untuk mengembangkan KTSP sesuai daerah dan situasi kondisi lingkungan sekolah dan dengan pedoman Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan. Penelitian tentang Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta dan dalam hal apa pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMP tersebut. Selain itu juga mendiskripsikan respon warga sekolah terhadap pengembangan tersebut. Penelitian ini jenisnya penelitian lapangan, karena prosesnya menghasilkan data deskriptif yaitu berupa kata-kata tertulis atau lisan dari subyek penelitian.Teknik pengumpulan data menggunakan interview (wawancara), dokumentasi (telaah dokumen) dan observasi (pengamatan). Teknis analisis data menggunakan kualitatif deskriptif, yaitu pengumpulan data, penyajian dan verifikasi data. Hasil penelitian ini berupa Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta dan Respon Guru, Siswa, dan Wali siswa terhadap pengembangan tersebut. Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta adalah dengan cara menambah jam pembelajaran pada mata pelajaran yang masuk dalam Ujian Nasional (UN), yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam. Masing-masing dari mata pelajaran tersebut mendapat tambahan satu jam pembelajaran setiap minggunya. Kedua adalah penambahan Muatan Lokal. Selain muatan lokal yang menjadi ciri khas daerah, yaitu Bahasa Jawa dan Kesenian Daerah, Keterampilan Sablon, Batik, dan Salat Dzuhur tercatat sebagai muatan lokal tambahan di dalam Muatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMP tersebut. Ketiga adalah menambah jam pembelajaran praktek di dalam sekolah maupun di luar sekolah. Pembelajaran praktek ini untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, seperti Praktek Haji di Masjid Agung, Praktek komputer dan internet di Laboratorium internet, Praktek Bahasa Inggris di Laboratorium Bahasa, dan Praktek Ilmu Pengetahuan Alam di Laboratorium Botani. Keempat adalah menambah berbagai kegiatan dalam Pengembangan Diri. Contohnya seperti tapak suci, basket, tenis meja, palang merah remaja, tari dan karawitan, serta membaca menulis al-Qur’an (MMA). Keempat adalah menambah syarat kelulusan, yaitu kehadiran di kelas minimal 90%. Respon Guru, Siswa, dan Wali siswa terhadap pengembangan tersebut positip. Guru merasa terpanggil memperdalam ilmu lagi dan berkreativitas; memperbanyak prestasi siswa dan sekolah; memperoleh tambahan kesejahteraan dalam bentuk materi; menambah kualitas SDM dan mampu bersaing; dapat mengasah keterampilan, dan penyaluran bakat siswa; sedangkan menurut wali siswa, anak-anaknya memperoleh pengalaman dan ilmu sebagai bekal masa depan.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8846
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8846 https://eprints.ums.ac.id/8846/ PENGEMBANGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009-2010 RUSMANTO , RUSMANTO BP Bahaism. Theosophy, etc L Education (General) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah operasional kurikulum yang disusun dan dilaksanakan pada masing-masing satuan pendidikan. Setiap satuan pendidikan mempunyai hak untuk mengembangkan KTSP sesuai daerah dan situasi kondisi lingkungan sekolah dan dengan pedoman Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan. Penelitian tentang Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta dan dalam hal apa pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMP tersebut. Selain itu juga mendiskripsikan respon warga sekolah terhadap pengembangan tersebut. Penelitian ini jenisnya penelitian lapangan, karena prosesnya menghasilkan data deskriptif yaitu berupa kata-kata tertulis atau lisan dari subyek penelitian.Teknik pengumpulan data menggunakan interview (wawancara), dokumentasi (telaah dokumen) dan observasi (pengamatan). Teknis analisis data menggunakan kualitatif deskriptif, yaitu pengumpulan data, penyajian dan verifikasi data. Hasil penelitian ini berupa Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta dan Respon Guru, Siswa, dan Wali siswa terhadap pengembangan tersebut. Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta adalah dengan cara menambah jam pembelajaran pada mata pelajaran yang masuk dalam Ujian Nasional (UN), yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam. Masing-masing dari mata pelajaran tersebut mendapat tambahan satu jam pembelajaran setiap minggunya. Kedua adalah penambahan Muatan Lokal. Selain muatan lokal yang menjadi ciri khas daerah, yaitu Bahasa Jawa dan Kesenian Daerah, Keterampilan Sablon, Batik, dan Salat Dzuhur tercatat sebagai muatan lokal tambahan di dalam Muatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMP tersebut. Ketiga adalah menambah jam pembelajaran praktek di dalam sekolah maupun di luar sekolah. Pembelajaran praktek ini untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, seperti Praktek Haji di Masjid Agung, Praktek komputer dan internet di Laboratorium internet, Praktek Bahasa Inggris di Laboratorium Bahasa, dan Praktek Ilmu Pengetahuan Alam di Laboratorium Botani. Keempat adalah menambah berbagai kegiatan dalam Pengembangan Diri. Contohnya seperti tapak suci, basket, tenis meja, palang merah remaja, tari dan karawitan, serta membaca menulis al-Qur’an (MMA). Keempat adalah menambah syarat kelulusan, yaitu kehadiran di kelas minimal 90%. Respon Guru, Siswa, dan Wali siswa terhadap pengembangan tersebut positip. Guru merasa terpanggil memperdalam ilmu lagi dan berkreativitas; memperbanyak prestasi siswa dan sekolah; memperoleh tambahan kesejahteraan dalam bentuk materi; menambah kualitas SDM dan mampu bersaing; dapat mengasah keterampilan, dan penyaluran bakat siswa; sedangkan menurut wali siswa, anak-anaknya memperoleh pengalaman dan ilmu sebagai bekal masa depan. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8846/1/G000060006.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8846/2/G000060006.pdf RUSMANTO , RUSMANTO (2010) PENGEMBANGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009-2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. G000060006
spellingShingle BP Bahaism. Theosophy, etc
L Education (General)
RUSMANTO , RUSMANTO
PENGEMBANGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009-2010
title PENGEMBANGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009-2010
title_full PENGEMBANGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009-2010
title_fullStr PENGEMBANGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009-2010
title_full_unstemmed PENGEMBANGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009-2010
title_short PENGEMBANGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009-2010
title_sort pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan ktsp di smp muhammadiyah 1 surakarta tahun ajaran 2009 2010
topic BP Bahaism. Theosophy, etc
L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8846/
work_keys_str_mv AT rusmantorusmanto pengembangankurikulumtingkatsatuanpendidikanktspdismpmuhammadiyah1surakartatahunajaran20092010