MANAJEMEN KELAS SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010 (Studi Kasus Kelas VII E)

Mengelola kelas merupakan tugas guru untuk menciptakan kondisi belajar yang optimal dan mengembalikan jika terjadi gangguan selama proses belajar mengajar. Sehingga ketika guru memasuki kelas, maka seorang guru punya masalah 2 pokok, yaitu masalah pengajaran dan Manajemen kelas. Di SMP Muhammadiyah...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: FURMAWATI, NITA
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8845/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Mengelola kelas merupakan tugas guru untuk menciptakan kondisi belajar yang optimal dan mengembalikan jika terjadi gangguan selama proses belajar mengajar. Sehingga ketika guru memasuki kelas, maka seorang guru punya masalah 2 pokok, yaitu masalah pengajaran dan Manajemen kelas. Di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta setiap guru yang mengajar di kelas juga dihadapkan kepada kedua permasalahan pokok yang sama yaitu masalah pengajaran dan Manajemen kelas. Rumusan masalah ini adalah bagaimana penyelenggaraan manajemen kelas di kelas VII E SMP Muhammadiyah 1 Surakarta dan apa faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan manajemen kelas di kelas VII E SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Penelitian ini bertujuan yaitu (1) Untuk mengetahui penyelenggaraan manajemen kelas di kelas VII E SMP Muhammadiyah 1 Surakarta (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan manajemen kelas di kelas VII E SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Manfaat penelitian ini, diharapkan dapat memberikan masukan dan sumbangan pemikiran sebagai bahan pertimbangan tentang manajemen kelas di kelas VII E SMP Muhammadiyah 1 Surakarta, kemudian memberikan sumbangan praktis bagi penulis untuk dapat menambah wawasan atau pengalaman tentang manajemen kelas dan juga bagi SMP Muhammadiyah 1 Surakarta sebagai tolak ukur manajemen kelas yang telah dilakukan, berhasil atau tidak sebagai masukan untuk upaya perbaikan jika terjadi kekurangan dan upaya peningkatan jika sudah berjalan dengan baik. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (field research). Untuk memperoleh data penelitian ini digunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun penelitian ini dianalisis dengan deskriptif kwalitatif (berupa kata-kata tertulis dari orang dan prilaku yang diamati). Untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat digunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat). Analisis Data dalam penelitian ini yaitu Manajemen kelas yang menyangkut siswa dan Manajemen kelas yang menyangkut fisik kelas. Kesimpulan penelitian ini adalah manajemen kelas yang menyangkut siswa di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta sudah tercapai dengan baik. Untuk manajemen kelas secara fisik, SMP Muhammadiyah Surakarta telah mengelola kelas dengan cukup baik yaitu dengan pengaturan tempat duduk, ukuran kelas, ventilasi dan alat-alat tulis yang tertata rapi. Yang menjadi faktor pendukung dalam pelaksanaan manajamen kelas di kelas VII E SMP Muhammadiyah 1 Surakarta adalah adanya partisipasi orang tua wali murid, lingkungan kelas yang kondusifkeseimbangan antara tenaga pendidik dengan siswa, dan sarana prasarana serta fasilitas yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah guru kurang mengusai materi, adanya perbedaan kelas, adanya perbedaan motivasi guru terhadap siswa, kesejahteraan guru yang kurang memadai, tidak adanya tempat untuk memamerkan hasil karya siswa, adanya sekolah-sekolah pesaing serta pandangan masyarakat yang menyatakan sekolah favorit adalah negeri, bukan swasta.