PROFIL KINERJA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Pendidikan dalam proses pembangunan memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap kemajuan suatu bangsa, karena pendidikan merupakan sarana dalam membangun watak bangsa. Data statistik menunjukkan bahwa tenaga kerja Indonesia masih didominasi oleh mereka yang berpendidikan SD. Rendahnya tingkat p...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SEPTININGTYAS , WIDYA
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8843/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Pendidikan dalam proses pembangunan memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap kemajuan suatu bangsa, karena pendidikan merupakan sarana dalam membangun watak bangsa. Data statistik menunjukkan bahwa tenaga kerja Indonesia masih didominasi oleh mereka yang berpendidikan SD. Rendahnya tingkat pendidikan ini menurut Harsono (1997) merupakan penghambat dalam kemampuan mempergunakan teknologi modern untuk menghasilkan produk-produk yang memiliki daya saing. Peningkatan kualitas SDM merupakan prasyarat mutlak untuk mencapai tujuan pembangunan salah satu wahana untuk peningkatan kualitas SDM tersebut adalah pendidikan, sehingga kualitas pendidikan harus senantiasa ditingkatkan. Proses pengembangan pendidikan SDM tersebut harus menyentuh berbagai bidang kehidupan yang harus tercermin dalam pribadi para pemimpin, termasuk para pemimpin pendidikan, seperti kepala sekolah. Adapun permasalahan yang dirumuskan dalam skripsi ini adalah bagaimana kinerja kepemimpinan kepala sekolah di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010? Dan apa faktor kelebihan dan kekurangan dalam kepemimpinan kepala sekolah di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010? Penelitian ini bertujuan yaitu (1) Untuk mengetahui kinerja kepemimpinan kepala sekolah di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010 (2) Untuk mengetahui faktor kelebihan dan kekurangan dalam pelaksanaan kepemimpinan kinerja kepala sekolah di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010. Dari hasil penelitian ini, maka diharapkan dapat bermanfaat bagi sekolah, guru, siswa, pendidikan mengenai kepemimpinan kepala sekolah dan sebagai referensi ilmiah bagi peneliti selanjutnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pengumpulan data dengan cara observasi, interview, angket dan dokumentasi. Untuk menganalisis faktor kelebihan dan kekurangan digunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat). Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa kinerja kepemimpinan kepala sekolah yang ada di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta dikatakan sudah baik dan berhasil. Hal ini terbukti dari beberapa pengelolaan tiap-tiap manajemen. Kepemimpinan kepala sekolah di sini bercorak/bertipe demokratis. Ada beberapa faktor kelebihan dalam kepemimpinan kepala sekolah yaitu motivasi dan keinginan orang tua yang kuat untuk menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut, memiliki sarana dan prasarana yang sudah mencukupi dan memadai, mempunyai tenaga pendidik yang profesional dan karyawan yang terampil, memiliki jumlah siswa yang cukup banyak. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat yaitu kurikulum yang padat dan letak sekolah kurang strategis.