IMPLEMENTASI METODE ACTIVE LEARNING DALAM PENDIDIKAN AQIDAH DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
Aqidah merupakan pondasi dasar yang harus ditanamkan pada diri anak sejak dini. Melalui pendidikan Aqidah, peserta didik akan mengenali siapa Tuhannya, bagaimana bersikap dengan Tuhannya dan apa saja yang harus dilakukan selama di dunia. Pendidikan Aqidah tidak hanya memahamkan materi kepada peserta...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/8841/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Aqidah merupakan pondasi dasar yang harus ditanamkan pada diri anak sejak dini. Melalui pendidikan Aqidah, peserta didik akan mengenali siapa Tuhannya, bagaimana bersikap dengan Tuhannya dan apa saja yang harus dilakukan selama di dunia. Pendidikan Aqidah tidak hanya memahamkan materi kepada peserta didik, tetapi peserta didik harus mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, dengan menggunakan metode yang tepat dan bervariasi akan dapat memajukan proses dan hasil belajar mengajar peserta didik. Dengan demikian, peserta didik sangat memerlukan penerapan belajar aktif.
SMA Muhammadiyah 1 Surakarta adalah salah satu lembaga amal usaha Muhammadiyah yang bergerak dalam pendidikan. SMA Muhammadiyah 1 Surakarta merupakan salah satu lembaga pendidikan swasta yang mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Untuk menjaga kepercayaan masyarakat tersebut maka lembaga ini terus berbenah dalam mutu pendidikan. Salah satunya dengan penerapan metode active learning dalam proses pembelajaran yang merupakan hal baru dalam pendidikan di Indonesia dan khususnya di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi metode active learning dalam pendidikan Aqidah, apa saja penghambat dan pendukung implementasi metode active learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi metode active learning dalam pendidikan Aqidah di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dan pendukung dalam implementasi metode active learning. Manfaat penelitian ini adalah untuk memberikan kontribusi teoritik berupa penyajian informasi ilmiah tentang implementasi metode active learning, sebagai dasar pengembangan ilmu pengetahuan dan dasar pijakan sekaligus pembanding dalam penelitian-penelitian lebih lanjut yang sejenis bagi guru, dapat digunakan sebagai masukan dalam penerapan dan pengembangan metode active learning dalam pendidikan Aqidah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Metode penentuan subjek dengan menggunakan purposive sampling dan snowball. Sedangkan metode pengumpulan data dengan observasi, interview dan dokumentasi. Dalam analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Dalam analisis data ini, yaitu tentang implementasi metode active learning dalam pendidikan Aqidah, faktor-faktor pendukung dan faktor-faktor penghambat.
Dalam kesimpulan skripsi ini, bahwa (1) dalam proses pembelajaran pendidikan Aqidah dilakukan 3 tahap, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup pembelajaran; (2) guru telah menggunakan metode active learning yang bervariasi di antaranya adalah Index Card Match, Card Sort dan Reading Guide; dan (3) langkah-langkah yang dilakukan oleh guru ada yang sesuai yaitu Reading Guide, ada yang telah dikembangkan yaitu Card Sort dan ada pula yang tidak sesuai yaitu Index Card Match.
|
---|