PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DAN SOLUSINYA DI SMK MUHAMMADIYAH I SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009

Pendidikan memiliki peran sentral sebagai upaya mengembangkan sumber daya manusia. Isi dan proses pendidikan perlu ditingkatkan mutunya sesuai dengan kemajuan ilmu dan kebutuhan masyarakat. Pendidikan merupakan kebutuhan utama bagi setiap warga negara yang menginginkan kemajuan bangsanya. Pendidikan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Khotimah, Kusnul
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8840/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994650591723520
author Khotimah, Kusnul
author_facet Khotimah, Kusnul
author_sort Khotimah, Kusnul
collection ePrints
description Pendidikan memiliki peran sentral sebagai upaya mengembangkan sumber daya manusia. Isi dan proses pendidikan perlu ditingkatkan mutunya sesuai dengan kemajuan ilmu dan kebutuhan masyarakat. Pendidikan merupakan kebutuhan utama bagi setiap warga negara yang menginginkan kemajuan bangsanya. Pendidikan tidak hanya sekedar mengabadikan kebudayaan dan mewariskan ke generasi selanjutnya, akan tetapi pendidikan diharapkan dapat mengubah dan mengembangkan pengetahuan yang lebih baik, sehingga terwujudlah tujuan dan cita-cita bangsa yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Salah satu problem umat Islam di Indonesia yang cukup mendasar adalah semakin meningkatnya persentase generasi muda Islam yang tidak mampu membaca Al-Qur’an. Lembaga-lembaga sekarang belum mampu mengatasi masalah meningkatnya jumlah generasi muda yang tidak mampu membaca Al-Qur’an. Permasalahan yang ditaliti dan dikaji yaitu: 1) Problem-problem apa saja yang ditemui dalam pengajaran Al-Qur’an di SMK Muhammadiyah I Surakarta? 2)Bagaimana solusi problematika pengajaran Al-Qur’an di SMK tersebut? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dengan metode interview, metode observasi, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajaran Al-Qur’an pada dasarnya telah berlangsung dengan baik namun problematika atau hambatan masih ada, sehingga keberhasilan dalam pembelajaran belum optimal. Dalam penelitian ini peneliti menemukan beberapa problematika dalam pengajaran Al-Qur’an, diantaranya: problem yang muncul dari pendidik, peserta didik,media pengajaran, lingkunganw waktu dan metode. Dan dari pihak sekolah memberikan solusi antara lain mengadakan ekstrakurikuler baca Al-Qur’an setelah selesai jam sekolah.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8840
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8840 https://eprints.ums.ac.id/8840/ PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DAN SOLUSINYA DI SMK MUHAMMADIYAH I SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009 Khotimah, Kusnul BP Bahaism. Theosophy, etc L Education (General) Pendidikan memiliki peran sentral sebagai upaya mengembangkan sumber daya manusia. Isi dan proses pendidikan perlu ditingkatkan mutunya sesuai dengan kemajuan ilmu dan kebutuhan masyarakat. Pendidikan merupakan kebutuhan utama bagi setiap warga negara yang menginginkan kemajuan bangsanya. Pendidikan tidak hanya sekedar mengabadikan kebudayaan dan mewariskan ke generasi selanjutnya, akan tetapi pendidikan diharapkan dapat mengubah dan mengembangkan pengetahuan yang lebih baik, sehingga terwujudlah tujuan dan cita-cita bangsa yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Salah satu problem umat Islam di Indonesia yang cukup mendasar adalah semakin meningkatnya persentase generasi muda Islam yang tidak mampu membaca Al-Qur’an. Lembaga-lembaga sekarang belum mampu mengatasi masalah meningkatnya jumlah generasi muda yang tidak mampu membaca Al-Qur’an. Permasalahan yang ditaliti dan dikaji yaitu: 1) Problem-problem apa saja yang ditemui dalam pengajaran Al-Qur’an di SMK Muhammadiyah I Surakarta? 2)Bagaimana solusi problematika pengajaran Al-Qur’an di SMK tersebut? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dengan metode interview, metode observasi, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajaran Al-Qur’an pada dasarnya telah berlangsung dengan baik namun problematika atau hambatan masih ada, sehingga keberhasilan dalam pembelajaran belum optimal. Dalam penelitian ini peneliti menemukan beberapa problematika dalam pengajaran Al-Qur’an, diantaranya: problem yang muncul dari pendidik, peserta didik,media pengajaran, lingkunganw waktu dan metode. Dan dari pihak sekolah memberikan solusi antara lain mengadakan ekstrakurikuler baca Al-Qur’an setelah selesai jam sekolah. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8840/1/G000050023.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8840/2/G000050023.pdf Khotimah, Kusnul (2010) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DAN SOLUSINYA DI SMK MUHAMMADIYAH I SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. G000050023
spellingShingle BP Bahaism. Theosophy, etc
L Education (General)
Khotimah, Kusnul
PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DAN SOLUSINYA DI SMK MUHAMMADIYAH I SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009
title PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DAN SOLUSINYA DI SMK MUHAMMADIYAH I SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009
title_full PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DAN SOLUSINYA DI SMK MUHAMMADIYAH I SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009
title_fullStr PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DAN SOLUSINYA DI SMK MUHAMMADIYAH I SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009
title_full_unstemmed PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DAN SOLUSINYA DI SMK MUHAMMADIYAH I SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009
title_short PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DAN SOLUSINYA DI SMK MUHAMMADIYAH I SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009
title_sort problematika pembelajaran al qur an dan solusinya di smk muhammadiyah i surakarta tahun pelajaran 2008 2009
topic BP Bahaism. Theosophy, etc
L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8840/
work_keys_str_mv AT khotimahkusnul problematikapembelajaranalqurandansolusinyadismkmuhammadiyahisurakartatahunpelajaran20082009