MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS (Studi Kasus di MTs Muhammadiyah Blimbing)

Suatu kondisi belajar yang optimal dapat tercapai jika guru mampu mengatur siswa dan sarana pembelajaran, serta mengendalikannya dalam suasana yang menyenangkan. Pengelolaan kelas yang efektif merupakan prasyarat mutlak bagi terjadinya proses belajar mengajar yang efektif. Seiring dengan gambaran k...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SURAHMAN, SURAHMAN
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8839/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994650285539328
author SURAHMAN, SURAHMAN
author_facet SURAHMAN, SURAHMAN
author_sort SURAHMAN, SURAHMAN
collection ePrints
description Suatu kondisi belajar yang optimal dapat tercapai jika guru mampu mengatur siswa dan sarana pembelajaran, serta mengendalikannya dalam suasana yang menyenangkan. Pengelolaan kelas yang efektif merupakan prasyarat mutlak bagi terjadinya proses belajar mengajar yang efektif. Seiring dengan gambaran konseptual tersebut, MTs Muhammadiyah Blimbing juga dihadapkan pada masalah yang sama dalam pembelajaran kelas yaitu masalah pengelolaan dan pengajaran di kelas, baik secara fisik maupun menyangkut siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pengelolaan kelas di MTs Muhammadiyah Blimbing, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang menjadi kendala dalam pelaksanaan manajemen pengelolaan kelas di MTs Muhammadiyah Blimbing tahun ajaran 2009/2010. Adapun permasalahannya dirumuskan sebagai berikut: “Bagaimana pelaksanaan manajemen pengelolaan kelas di MTs Muhammadiyah Blimbing; dan apa faktor pendukung dan penghambat manajemen pengelolaan kelas di sekolah tersebut.?” Jenis penelitian ini adalah bersifat deskriptif dengan metode kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya digunakan teknik observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun penelitian ini dianalisis dengan deskriptif kualitatif (berupa kata-kata tertulis dari orang atau pelaku yang diamati untuk menggambarkan keadaan suatu fenomena dari data yang diperoleh di obyek penelitian). Untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat digunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat). Manajemen kelas di MTs Muhammadiyah Blimbing belum berjalan secara maksimal, tetapi untuk manajemen pengelolaan kelas secara fisik, dengan pengaturan tempat duduk, ukuran kelas, ventilasi, alat-alat dan media belajar serta kenyamanan siswa di dalam sudah tercipta. Yang menjadi faktor pendukung dalam pelaksanaan manajemen kelas di MTs Muhammadiyah Blimbing adalah lingkungan sekolah yang kondusif, guru-gurunya yang sudah berpengalaman (sudah lama mengajar) mengajar sesuai dengan bidangnya masing-masing, hampir semua guru sudah sarjana (S1), bahkan ada yang (S2), adanya kerja sama antara wali kelas dengan siswa dan guru mapel dengan guru BP dalam manajemen pengelolaan kelas, mempunyai siswa yang cukup banyak, serta fasilitasnya yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah adanya siswa-siswa yang kurang menaati tata tertib atau aturan kelas, motivasi guru dalam mengajar yang berbeda-beda, sehingga sulit untuk menyamakan visi dan misi di dalam mengajar, kesejahteraan guru yang belum maksimal, tidak ada tempat untuk memamerkan hasil karya siswa, tempat duduk monoton yang membosankan siswa dalam proses belajar mengajar, adanya sekolah-sekolah pesaing, serta pandangan masyarakat yang menyatakan bahwa sekolah favorit adalah sekolah negeri bukan swasta.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8839
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8839 https://eprints.ums.ac.id/8839/ MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS (Studi Kasus di MTs Muhammadiyah Blimbing) SURAHMAN, SURAHMAN BP Bahaism. Theosophy, etc L Education (General) Suatu kondisi belajar yang optimal dapat tercapai jika guru mampu mengatur siswa dan sarana pembelajaran, serta mengendalikannya dalam suasana yang menyenangkan. Pengelolaan kelas yang efektif merupakan prasyarat mutlak bagi terjadinya proses belajar mengajar yang efektif. Seiring dengan gambaran konseptual tersebut, MTs Muhammadiyah Blimbing juga dihadapkan pada masalah yang sama dalam pembelajaran kelas yaitu masalah pengelolaan dan pengajaran di kelas, baik secara fisik maupun menyangkut siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pengelolaan kelas di MTs Muhammadiyah Blimbing, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang menjadi kendala dalam pelaksanaan manajemen pengelolaan kelas di MTs Muhammadiyah Blimbing tahun ajaran 2009/2010. Adapun permasalahannya dirumuskan sebagai berikut: “Bagaimana pelaksanaan manajemen pengelolaan kelas di MTs Muhammadiyah Blimbing; dan apa faktor pendukung dan penghambat manajemen pengelolaan kelas di sekolah tersebut.?” Jenis penelitian ini adalah bersifat deskriptif dengan metode kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya digunakan teknik observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun penelitian ini dianalisis dengan deskriptif kualitatif (berupa kata-kata tertulis dari orang atau pelaku yang diamati untuk menggambarkan keadaan suatu fenomena dari data yang diperoleh di obyek penelitian). Untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat digunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat). Manajemen kelas di MTs Muhammadiyah Blimbing belum berjalan secara maksimal, tetapi untuk manajemen pengelolaan kelas secara fisik, dengan pengaturan tempat duduk, ukuran kelas, ventilasi, alat-alat dan media belajar serta kenyamanan siswa di dalam sudah tercipta. Yang menjadi faktor pendukung dalam pelaksanaan manajemen kelas di MTs Muhammadiyah Blimbing adalah lingkungan sekolah yang kondusif, guru-gurunya yang sudah berpengalaman (sudah lama mengajar) mengajar sesuai dengan bidangnya masing-masing, hampir semua guru sudah sarjana (S1), bahkan ada yang (S2), adanya kerja sama antara wali kelas dengan siswa dan guru mapel dengan guru BP dalam manajemen pengelolaan kelas, mempunyai siswa yang cukup banyak, serta fasilitasnya yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah adanya siswa-siswa yang kurang menaati tata tertib atau aturan kelas, motivasi guru dalam mengajar yang berbeda-beda, sehingga sulit untuk menyamakan visi dan misi di dalam mengajar, kesejahteraan guru yang belum maksimal, tidak ada tempat untuk memamerkan hasil karya siswa, tempat duduk monoton yang membosankan siswa dalam proses belajar mengajar, adanya sekolah-sekolah pesaing, serta pandangan masyarakat yang menyatakan bahwa sekolah favorit adalah sekolah negeri bukan swasta. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8839/1/G000050018.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8839/2/G000050018.pdf SURAHMAN, SURAHMAN (2010) MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS (Studi Kasus di MTs Muhammadiyah Blimbing). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. G000050018
spellingShingle BP Bahaism. Theosophy, etc
L Education (General)
SURAHMAN, SURAHMAN
MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS (Studi Kasus di MTs Muhammadiyah Blimbing)
title MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS (Studi Kasus di MTs Muhammadiyah Blimbing)
title_full MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS (Studi Kasus di MTs Muhammadiyah Blimbing)
title_fullStr MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS (Studi Kasus di MTs Muhammadiyah Blimbing)
title_full_unstemmed MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS (Studi Kasus di MTs Muhammadiyah Blimbing)
title_short MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS (Studi Kasus di MTs Muhammadiyah Blimbing)
title_sort manajemen pengelolaan kelas studi kasus di mts muhammadiyah blimbing
topic BP Bahaism. Theosophy, etc
L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8839/
work_keys_str_mv AT surahmansurahman manajemenpengelolaankelasstudikasusdimtsmuhammadiyahblimbing