PERANAN BIMBINGAN KONSELING ISLAMI DALAM MELAYANI SISWA BERMASALAH DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA

Berbagai fenomena perilaku peserta didik dewasa ini seperti tawuran, penyalahgunaan obat terlarang, psikotropika, perilaku seksual penyimpangan, degrasi moral, pencapaian hasil belajar yang tidak memuaskan, tidak lulus ujian, gagal UAN dan sebagainya menunjukkan bahwa tujuan pendidikan yang selalu s...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Sumiarsih , Wiwin
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8838/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994650006618112
author Sumiarsih , Wiwin
author_facet Sumiarsih , Wiwin
author_sort Sumiarsih , Wiwin
collection ePrints
description Berbagai fenomena perilaku peserta didik dewasa ini seperti tawuran, penyalahgunaan obat terlarang, psikotropika, perilaku seksual penyimpangan, degrasi moral, pencapaian hasil belajar yang tidak memuaskan, tidak lulus ujian, gagal UAN dan sebagainya menunjukkan bahwa tujuan pendidikan yang selalu satu upaya pencapaiannya melalui proses pembelajaran, belum sepenuhnya mampu menjawab atau memecahkan berbagai persoalan tersebut di atas. Hal ini mengindikasikanperlu adanya pendekatan selain proses pembelajaran guna memecahkan berbagai masalah tersebut. Upaya tersebut adalah melalui pendekatan bimbingan konseling yang dilakukan di luar situasi proses pembelajaran.. SMK Muhammadiyah 1 Surakarta memiliki tujuan agar dapat membentuk sikap sopan dan santun, displin, berdediksi, berkemandirian, berakhlaq mulia serta menjadikan masyarakat islam sesuai dengan al-Qur’an dan as- Sunnah Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui peranan bimbingan konseling islami di SMK Muhammadiyah 1 Surakarta (2) faktor pendorongan dan faktor penghambat. Penelitian ini bersifat diskriptif dengan metode kualitatif, adapun teknik pengumpulan datanya digunakan teknik interview, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan pola pikir penulis yaitu deduksi dan induksi. Dalam penelitian ini penulis menemukan bahwa peranan bimbingan konseling islam di SMK Muhammadiyah 1 Surakarta telah berjalan cukup baik. Hal ini terbukti dari pelayananan bimbingan konseling yang dilakukan oleh guru bimbingan dalam memberikan pelayanan dalam membimbing kepada siswa yang bermasalah.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8838
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8838 https://eprints.ums.ac.id/8838/ PERANAN BIMBINGAN KONSELING ISLAMI DALAM MELAYANI SISWA BERMASALAH DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA Sumiarsih , Wiwin BP Bahaism. Theosophy, etc Berbagai fenomena perilaku peserta didik dewasa ini seperti tawuran, penyalahgunaan obat terlarang, psikotropika, perilaku seksual penyimpangan, degrasi moral, pencapaian hasil belajar yang tidak memuaskan, tidak lulus ujian, gagal UAN dan sebagainya menunjukkan bahwa tujuan pendidikan yang selalu satu upaya pencapaiannya melalui proses pembelajaran, belum sepenuhnya mampu menjawab atau memecahkan berbagai persoalan tersebut di atas. Hal ini mengindikasikanperlu adanya pendekatan selain proses pembelajaran guna memecahkan berbagai masalah tersebut. Upaya tersebut adalah melalui pendekatan bimbingan konseling yang dilakukan di luar situasi proses pembelajaran.. SMK Muhammadiyah 1 Surakarta memiliki tujuan agar dapat membentuk sikap sopan dan santun, displin, berdediksi, berkemandirian, berakhlaq mulia serta menjadikan masyarakat islam sesuai dengan al-Qur’an dan as- Sunnah Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui peranan bimbingan konseling islami di SMK Muhammadiyah 1 Surakarta (2) faktor pendorongan dan faktor penghambat. Penelitian ini bersifat diskriptif dengan metode kualitatif, adapun teknik pengumpulan datanya digunakan teknik interview, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan pola pikir penulis yaitu deduksi dan induksi. Dalam penelitian ini penulis menemukan bahwa peranan bimbingan konseling islam di SMK Muhammadiyah 1 Surakarta telah berjalan cukup baik. Hal ini terbukti dari pelayananan bimbingan konseling yang dilakukan oleh guru bimbingan dalam memberikan pelayanan dalam membimbing kepada siswa yang bermasalah. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8838/1/G000050014.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8838/2/G000050014.pdf Sumiarsih , Wiwin (2010) PERANAN BIMBINGAN KONSELING ISLAMI DALAM MELAYANI SISWA BERMASALAH DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. G000050014
spellingShingle BP Bahaism. Theosophy, etc
Sumiarsih , Wiwin
PERANAN BIMBINGAN KONSELING ISLAMI DALAM MELAYANI SISWA BERMASALAH DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA
title PERANAN BIMBINGAN KONSELING ISLAMI DALAM MELAYANI SISWA BERMASALAH DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA
title_full PERANAN BIMBINGAN KONSELING ISLAMI DALAM MELAYANI SISWA BERMASALAH DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA
title_fullStr PERANAN BIMBINGAN KONSELING ISLAMI DALAM MELAYANI SISWA BERMASALAH DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA
title_full_unstemmed PERANAN BIMBINGAN KONSELING ISLAMI DALAM MELAYANI SISWA BERMASALAH DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA
title_short PERANAN BIMBINGAN KONSELING ISLAMI DALAM MELAYANI SISWA BERMASALAH DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA
title_sort peranan bimbingan konseling islami dalam melayani siswa bermasalah di smk muhammadiyah 1 surakarta
topic BP Bahaism. Theosophy, etc
url https://eprints.ums.ac.id/8838/
work_keys_str_mv AT sumiarsihwiwin perananbimbingankonselingislamidalammelayanisiswabermasalahdismkmuhammadiyah1surakarta