PENERAPAN METODE ‘KARIIMAH’ DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI PUSAT PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-MAHIR, COLOMADU KARANGANYAR TAHUN 2010

Membaca Al Qur’an dipandang sebagai ibadah yang mulia dalam agama Islam. Nabi besar Muhammad SAW telah bersabda bahwa sekali waktu seseorang mengaji Al-Qur’an, membaca setiap huruf membawa pahala sama dengan pahala sepuluh kali lipat perbuatan baik. Sebagai kewajiban ummat Islam untuk mempelajari d...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: RIZAL , M. ICHSAN RAHMANY
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8837/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994596214669312
author RIZAL , M. ICHSAN RAHMANY
author_facet RIZAL , M. ICHSAN RAHMANY
author_sort RIZAL , M. ICHSAN RAHMANY
collection ePrints
description Membaca Al Qur’an dipandang sebagai ibadah yang mulia dalam agama Islam. Nabi besar Muhammad SAW telah bersabda bahwa sekali waktu seseorang mengaji Al-Qur’an, membaca setiap huruf membawa pahala sama dengan pahala sepuluh kali lipat perbuatan baik. Sebagai kewajiban ummat Islam untuk mempelajari dan mengamalkannya, pendidikan Al-Qur’an kini telah meluas dikalangan masyarakat. Banyak metode maupun cara pembelajaran telah dikembangkan untuk menghasilkan bacaan Al-Qur’an yang berkualitas di kalangan Ummat Islam. Berkenaan dengan latar belakang masalah di atas maka penelitian ini penulis bertujuan mengungkapkan langkah apakah yang ditempuh dalam pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an khususnya dalam metode Kariimah yang dikembangkan oleh Pusat Pendidikan Al-Qur’an Al-Mahir serta apa saja faktor pendukung dan penghambatnya? Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode Kariimah di Pusat Pendidikan Al-Qur’an Al-Mahir serta faktor pendukung dan penghambatnya. Untuk mewujudkan tujuan penulisan di atas maka diadakan penelitian, secara umum dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan kualitatif yang menggunakan studi deskriptif, yaitu dengan menggunakan gambaran secara faktual, akurat dan sistematis mengenai kasus dan peristiwa serta fenomena yang diteliti. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran membaca Al-Qur’an yang menggunakan penerapan metode Kariimah di Pusat Pendidikan Al-Qur’an Al-Mahir sudah cukup baik dan cukup efektif dilihat dari tingkat keberhasilan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an. Metode Kariimah yang dirancang dan diterapkan di PPQ Al-Mahir disesuaikan dengan tingkat kemampuan peserta didik dimulai dari Program Pemula, Program Pra Tahsin, Tahsin dan Tahfizh.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8837
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8837 https://eprints.ums.ac.id/8837/ PENERAPAN METODE ‘KARIIMAH’ DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI PUSAT PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-MAHIR, COLOMADU KARANGANYAR TAHUN 2010 RIZAL , M. ICHSAN RAHMANY BP Bahaism. Theosophy, etc Membaca Al Qur’an dipandang sebagai ibadah yang mulia dalam agama Islam. Nabi besar Muhammad SAW telah bersabda bahwa sekali waktu seseorang mengaji Al-Qur’an, membaca setiap huruf membawa pahala sama dengan pahala sepuluh kali lipat perbuatan baik. Sebagai kewajiban ummat Islam untuk mempelajari dan mengamalkannya, pendidikan Al-Qur’an kini telah meluas dikalangan masyarakat. Banyak metode maupun cara pembelajaran telah dikembangkan untuk menghasilkan bacaan Al-Qur’an yang berkualitas di kalangan Ummat Islam. Berkenaan dengan latar belakang masalah di atas maka penelitian ini penulis bertujuan mengungkapkan langkah apakah yang ditempuh dalam pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an khususnya dalam metode Kariimah yang dikembangkan oleh Pusat Pendidikan Al-Qur’an Al-Mahir serta apa saja faktor pendukung dan penghambatnya? Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode Kariimah di Pusat Pendidikan Al-Qur’an Al-Mahir serta faktor pendukung dan penghambatnya. Untuk mewujudkan tujuan penulisan di atas maka diadakan penelitian, secara umum dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan kualitatif yang menggunakan studi deskriptif, yaitu dengan menggunakan gambaran secara faktual, akurat dan sistematis mengenai kasus dan peristiwa serta fenomena yang diteliti. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran membaca Al-Qur’an yang menggunakan penerapan metode Kariimah di Pusat Pendidikan Al-Qur’an Al-Mahir sudah cukup baik dan cukup efektif dilihat dari tingkat keberhasilan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an. Metode Kariimah yang dirancang dan diterapkan di PPQ Al-Mahir disesuaikan dengan tingkat kemampuan peserta didik dimulai dari Program Pemula, Program Pra Tahsin, Tahsin dan Tahfizh. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8837/1/G000040109.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8837/2/G000040109.pdf RIZAL , M. ICHSAN RAHMANY (2010) PENERAPAN METODE ‘KARIIMAH’ DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI PUSAT PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-MAHIR, COLOMADU KARANGANYAR TAHUN 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. G000040109
spellingShingle BP Bahaism. Theosophy, etc
RIZAL , M. ICHSAN RAHMANY
PENERAPAN METODE ‘KARIIMAH’ DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI PUSAT PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-MAHIR, COLOMADU KARANGANYAR TAHUN 2010
title PENERAPAN METODE ‘KARIIMAH’ DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI PUSAT PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-MAHIR, COLOMADU KARANGANYAR TAHUN 2010
title_full PENERAPAN METODE ‘KARIIMAH’ DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI PUSAT PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-MAHIR, COLOMADU KARANGANYAR TAHUN 2010
title_fullStr PENERAPAN METODE ‘KARIIMAH’ DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI PUSAT PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-MAHIR, COLOMADU KARANGANYAR TAHUN 2010
title_full_unstemmed PENERAPAN METODE ‘KARIIMAH’ DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI PUSAT PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-MAHIR, COLOMADU KARANGANYAR TAHUN 2010
title_short PENERAPAN METODE ‘KARIIMAH’ DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI PUSAT PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-MAHIR, COLOMADU KARANGANYAR TAHUN 2010
title_sort penerapan metode kariimah dalam pembelajaran al qur an di pusat pendidikan al qur an al mahir colomadu karanganyar tahun 2010
topic BP Bahaism. Theosophy, etc
url https://eprints.ums.ac.id/8837/
work_keys_str_mv AT rizalmichsanrahmany penerapanmetodekariimahdalampembelajaranalqurandipusatpendidikanalquranalmahircolomadukaranganyartahun2010