EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI MODEL KOOPERATIF TTW [Think-Talk-Write] DENGAN POKOK BAHASAN FOTOSINTESIS PADA SISWA SEMESTER II KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2008/2009

Proses pembelajaran yang kurang kondusif di kelas VIII D SMP Negeri 2 Banyudono perlu dilakukan proses pembelajaran yang lebih baik, oleh karena itu guru dan peneliti memilih menerapkan pembelajaran kooperatif TTW untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ada...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Panggalih , Maria Windi
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8831/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804116572896231424
author Panggalih , Maria Windi
author_facet Panggalih , Maria Windi
author_sort Panggalih , Maria Windi
collection ePrints
description Proses pembelajaran yang kurang kondusif di kelas VIII D SMP Negeri 2 Banyudono perlu dilakukan proses pembelajaran yang lebih baik, oleh karena itu guru dan peneliti memilih menerapkan pembelajaran kooperatif TTW untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar biologi siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif TTW pada materi pokok fotosintesis di SMP Negeri 2 Banyudono tahun ajaran 2008/2009. Sebagai tempat penelitian diambil kelas VIII D. Permasalahan yang timbul yaitu siswa kurang konsentrasi dalam menerima pelajaran, ada sebagian siswa yang mengantuk saat guru menerangkan, siswa kurang antusias dengan metode ceramah, belum adanya kekompakan siswa satu sama lain dalam kelompok saat mengerjakan tugas diskusi kelompok, siswa sangat antusias dalam bertanya. Teknik pengumpulan data melalui dialog awal, observasi, proses selama tindakan, tes, dokumentasi dan refleksi. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III dilengkapi dengan analisis standar deviasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan, rata-rata hasil belajar kognitif siswa sebesar 5,4 ; rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 5,8 ; rata-rata siklus II meningkat menjadi 6,3 ; dan pada siklus III nilai rata-rata kognitif siswa meningkat menjadi 7,0. Sedangkan pada segi afektif, pada siklus I menunjukkan rata-rata kemampuan afektif siswa adalah 27,1 dengan kriteria kurang berminat; pada siklus II menunjukkan rata-rata kemampuan afektif siswa sebesar 34,6 dengan kriteria cukup berminat; sedangkan pada siklus III menunjukkan rata-rata kemampuan afektif siswa sebesar 46,6 dengan kriteria berminat. Berdasarkan perhitungan standar deviasi menunjukkan bahwa setelah penerapan metode TTW pada pembelajaran berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal siswa sebesar 0,5 point. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode TTW dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Banyudono tahun ajaran 2008/2009 sebesar 0,5 point.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8831
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8831 https://eprints.ums.ac.id/8831/ EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI MODEL KOOPERATIF TTW [Think-Talk-Write] DENGAN POKOK BAHASAN FOTOSINTESIS PADA SISWA SEMESTER II KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2008/2009 Panggalih , Maria Windi L Education (General) Proses pembelajaran yang kurang kondusif di kelas VIII D SMP Negeri 2 Banyudono perlu dilakukan proses pembelajaran yang lebih baik, oleh karena itu guru dan peneliti memilih menerapkan pembelajaran kooperatif TTW untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar biologi siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif TTW pada materi pokok fotosintesis di SMP Negeri 2 Banyudono tahun ajaran 2008/2009. Sebagai tempat penelitian diambil kelas VIII D. Permasalahan yang timbul yaitu siswa kurang konsentrasi dalam menerima pelajaran, ada sebagian siswa yang mengantuk saat guru menerangkan, siswa kurang antusias dengan metode ceramah, belum adanya kekompakan siswa satu sama lain dalam kelompok saat mengerjakan tugas diskusi kelompok, siswa sangat antusias dalam bertanya. Teknik pengumpulan data melalui dialog awal, observasi, proses selama tindakan, tes, dokumentasi dan refleksi. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III dilengkapi dengan analisis standar deviasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan, rata-rata hasil belajar kognitif siswa sebesar 5,4 ; rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 5,8 ; rata-rata siklus II meningkat menjadi 6,3 ; dan pada siklus III nilai rata-rata kognitif siswa meningkat menjadi 7,0. Sedangkan pada segi afektif, pada siklus I menunjukkan rata-rata kemampuan afektif siswa adalah 27,1 dengan kriteria kurang berminat; pada siklus II menunjukkan rata-rata kemampuan afektif siswa sebesar 34,6 dengan kriteria cukup berminat; sedangkan pada siklus III menunjukkan rata-rata kemampuan afektif siswa sebesar 46,6 dengan kriteria berminat. Berdasarkan perhitungan standar deviasi menunjukkan bahwa setelah penerapan metode TTW pada pembelajaran berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal siswa sebesar 0,5 point. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode TTW dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Banyudono tahun ajaran 2008/2009 sebesar 0,5 point. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8831/1/A420050025.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8831/2/A420050025.pdf Panggalih , Maria Windi (2010) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI MODEL KOOPERATIF TTW [Think-Talk-Write] DENGAN POKOK BAHASAN FOTOSINTESIS PADA SISWA SEMESTER II KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A420050025
spellingShingle L Education (General)
Panggalih , Maria Windi
EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI MODEL KOOPERATIF TTW [Think-Talk-Write] DENGAN POKOK BAHASAN FOTOSINTESIS PADA SISWA SEMESTER II KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2008/2009
title EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI MODEL KOOPERATIF TTW [Think-Talk-Write] DENGAN POKOK BAHASAN FOTOSINTESIS PADA SISWA SEMESTER II KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2008/2009
title_full EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI MODEL KOOPERATIF TTW [Think-Talk-Write] DENGAN POKOK BAHASAN FOTOSINTESIS PADA SISWA SEMESTER II KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2008/2009
title_fullStr EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI MODEL KOOPERATIF TTW [Think-Talk-Write] DENGAN POKOK BAHASAN FOTOSINTESIS PADA SISWA SEMESTER II KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2008/2009
title_full_unstemmed EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI MODEL KOOPERATIF TTW [Think-Talk-Write] DENGAN POKOK BAHASAN FOTOSINTESIS PADA SISWA SEMESTER II KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2008/2009
title_short EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI MODEL KOOPERATIF TTW [Think-Talk-Write] DENGAN POKOK BAHASAN FOTOSINTESIS PADA SISWA SEMESTER II KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2008/2009
title_sort efektifitas pembelajaran biologi melalui model kooperatif ttw think talk write dengan pokok bahasan fotosintesis pada siswa semester ii kelas viii smp negeri 2 banyudono tahun ajaran 2008 2009
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8831/
work_keys_str_mv AT panggalihmariawindi efektifitaspembelajaranbiologimelaluimodelkooperatifttwthinktalkwritedenganpokokbahasanfotosintesispadasiswasemesteriikelasviiismpnegeri2banyudonotahunajaran20082009