STUDI TENTANG MINAT DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SERTA KELENG KAPAN SARANA PRASARANA BELAJAR PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS VIII MTs NEGERI II SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui “Adakah pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari Studi Tentang Minat dan Kedisiplinan Belajar serta Kelengkapan Sarana Prasarana Belajar Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas VIII MTs Ne...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/8827/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804116617636872192 |
---|---|
author | MUKROMIN , MUHAMMAD |
author_facet | MUKROMIN , MUHAMMAD |
author_sort | MUKROMIN , MUHAMMAD |
collection | ePrints |
description |
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui “Adakah pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari Studi Tentang Minat dan Kedisiplinan Belajar serta Kelengkapan Sarana Prasarana Belajar Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri II Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010 ?”.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan melakukan pengujian hipotesis. Penelitian ini mengambil lokasi di MTS Negeri II Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII MTS Negeri II Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 253 siswa. Sampel diambil sebanyak 42 siswa dengan teknik Quota Purposive Area Proportional Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda, uji F, dan dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan efektif.
Kesimpulan penelitian ini adalah: “Ada pengaruh positif yang signifikan antara minat belajar, kedisiplinan belajar dan kelengkapan sarana prasarana belajar terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri II Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010”, dengan Freg > Ftabel yaitu, 13,027 > 2,852. Variabel minat belajar memberikan sumbangan efektif 15,1%, variabel kedisiplinan belajar memberikan sumbangan efektif 22,7%. dan variabel kelengkapan sarana prasarana belajar memberikan sumbangan efektif 12,9%. Berdasarkan besarnya sumbangan efektif nampak bahwa variabel kedisiplinan belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar PKn, diikuti variabel minat belajar dan kelengkapan sarana prasarana belajar.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:8827 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English |
publishDate | 2010 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:8827 https://eprints.ums.ac.id/8827/ STUDI TENTANG MINAT DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SERTA KELENG KAPAN SARANA PRASARANA BELAJAR PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS VIII MTs NEGERI II SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010 MUKROMIN , MUHAMMAD L Education (General) Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui “Adakah pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari Studi Tentang Minat dan Kedisiplinan Belajar serta Kelengkapan Sarana Prasarana Belajar Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri II Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010 ?”. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan melakukan pengujian hipotesis. Penelitian ini mengambil lokasi di MTS Negeri II Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII MTS Negeri II Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 253 siswa. Sampel diambil sebanyak 42 siswa dengan teknik Quota Purposive Area Proportional Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda, uji F, dan dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah: “Ada pengaruh positif yang signifikan antara minat belajar, kedisiplinan belajar dan kelengkapan sarana prasarana belajar terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri II Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010”, dengan Freg > Ftabel yaitu, 13,027 > 2,852. Variabel minat belajar memberikan sumbangan efektif 15,1%, variabel kedisiplinan belajar memberikan sumbangan efektif 22,7%. dan variabel kelengkapan sarana prasarana belajar memberikan sumbangan efektif 12,9%. Berdasarkan besarnya sumbangan efektif nampak bahwa variabel kedisiplinan belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar PKn, diikuti variabel minat belajar dan kelengkapan sarana prasarana belajar. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8827/1/A220060034.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8827/2/A220060034.pdf MUKROMIN , MUHAMMAD (2010) STUDI TENTANG MINAT DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SERTA KELENG KAPAN SARANA PRASARANA BELAJAR PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS VIII MTs NEGERI II SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A220060034 |
spellingShingle | L Education (General) MUKROMIN , MUHAMMAD STUDI TENTANG MINAT DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SERTA KELENG KAPAN SARANA PRASARANA BELAJAR PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS VIII MTs NEGERI II SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010 |
title | STUDI TENTANG MINAT DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SERTA KELENG KAPAN SARANA PRASARANA BELAJAR PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS VIII MTs NEGERI II SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
|
title_full | STUDI TENTANG MINAT DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SERTA KELENG KAPAN SARANA PRASARANA BELAJAR PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS VIII MTs NEGERI II SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
|
title_fullStr | STUDI TENTANG MINAT DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SERTA KELENG KAPAN SARANA PRASARANA BELAJAR PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS VIII MTs NEGERI II SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
|
title_full_unstemmed | STUDI TENTANG MINAT DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SERTA KELENG KAPAN SARANA PRASARANA BELAJAR PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS VIII MTs NEGERI II SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
|
title_short | STUDI TENTANG MINAT DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SERTA KELENG KAPAN SARANA PRASARANA BELAJAR PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS VIII MTs NEGERI II SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
|
title_sort | studi tentang minat dan kedisiplinan belajar serta keleng kapan sarana prasarana belajar pengaruhnya terhadap prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas viii mts negeri ii surakarta tahun pelajaran 2009 2010 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/8827/ |
work_keys_str_mv | AT mukrominmuhammad studitentangminatdankedisiplinanbelajarsertakelengkapansaranaprasaranabelajarpengaruhnyaterhadapprestasibelajarpendidikankewarganegaraansiswakelasviiimtsnegeriiisurakartatahunpelajaran20092010 |