STUDI TENTANG MINAT DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SERTA KELENG KAPAN SARANA PRASARANA BELAJAR PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS VIII MTs NEGERI II SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui “Adakah pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari Studi Tentang Minat dan Kedisiplinan Belajar serta Kelengkapan Sarana Prasarana Belajar Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas VIII MTs Ne...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: MUKROMIN , MUHAMMAD
格式: Thesis
语言:English
English
出版: 2010
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/8827/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui “Adakah pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari Studi Tentang Minat dan Kedisiplinan Belajar serta Kelengkapan Sarana Prasarana Belajar Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri II Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010 ?”. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan melakukan pengujian hipotesis. Penelitian ini mengambil lokasi di MTS Negeri II Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII MTS Negeri II Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 253 siswa. Sampel diambil sebanyak 42 siswa dengan teknik Quota Purposive Area Proportional Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda, uji F, dan dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah: “Ada pengaruh positif yang signifikan antara minat belajar, kedisiplinan belajar dan kelengkapan sarana prasarana belajar terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri II Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010”, dengan Freg > Ftabel yaitu, 13,027 > 2,852. Variabel minat belajar memberikan sumbangan efektif 15,1%, variabel kedisiplinan belajar memberikan sumbangan efektif 22,7%. dan variabel kelengkapan sarana prasarana belajar memberikan sumbangan efektif 12,9%. Berdasarkan besarnya sumbangan efektif nampak bahwa variabel kedisiplinan belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar PKn, diikuti variabel minat belajar dan kelengkapan sarana prasarana belajar.