PENGARUH KEHARMONISAN KELUARGA DAN RASA PERCAYA DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn SISWA KELAS VIII SLTP NEGERI III KEBAKKRAMAT KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh keharmonisan keluarga terhadap prestasi belajar PKn pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kebakkramat Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2009/2010. 2) Pengaruh rasa percaya diri terhadap prestasi belajar PKn pada siswa kelas VIII SMP Negeri...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: GUNAWAN, GUNAWAN
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8823/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994649710919680
author GUNAWAN, GUNAWAN
author_facet GUNAWAN, GUNAWAN
author_sort GUNAWAN, GUNAWAN
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh keharmonisan keluarga terhadap prestasi belajar PKn pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kebakkramat Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2009/2010. 2) Pengaruh rasa percaya diri terhadap prestasi belajar PKn pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kebakkramat Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2009/2010. 3) Pengaruh pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari keharmonisan keluarga dan rasa percaya diri terhadap prestasi belajar PKn pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kebakkramat Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2009/2010. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 3 Kebakkramat Kabupaten Karanganyar. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SLTP Negeri 3 Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2009/2010 yang keseluruhan ber jumlah 165 siswa. Sampel diambil sebanyak 35 orang siswa dengan teknik Quota Purposive Proportional Random Stratified Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan keharmonisan keluarga terhadap prestasi belajar PKn bagi siswa kelas VIII SLTP Negeri 3 Kebakkramat Karanganyar Tahun Ajaran 2009/2010. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,348 > 2,037. 2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan rasa percaya diri terhadap prestasi belajar PKn bagi siswa kelas VIII SLTP Negeri 3 Kebakkramat Karanganyar Tahun Ajaran 2009/2010. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,863 > 2,037. 3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan keharmonisan keluarga dan rasa percaya diri terhadap prestasi belajar PKn bagi siswa kelas VIII SLTP Negeri 3 Kebakkramat Karanganyar Tahun Ajaran 2009/2010. Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linear ganda (uji F) diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 14,469 > 3,295. 4) Variabel keharmonisan keluarga memberikan sumbangan efektif 20,7%. Variabel rasa percaya diri memberikan sumbangan efektif 26,8%. Dengan membandingkan nilai sumbangan efektif nampak bahwa variabel rasa percaya diri memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar PKn dibandingkan variabel keharmonisan keluarga.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8823
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8823 https://eprints.ums.ac.id/8823/ PENGARUH KEHARMONISAN KELUARGA DAN RASA PERCAYA DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn SISWA KELAS VIII SLTP NEGERI III KEBAKKRAMAT KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010 GUNAWAN, GUNAWAN L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh keharmonisan keluarga terhadap prestasi belajar PKn pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kebakkramat Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2009/2010. 2) Pengaruh rasa percaya diri terhadap prestasi belajar PKn pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kebakkramat Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2009/2010. 3) Pengaruh pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari keharmonisan keluarga dan rasa percaya diri terhadap prestasi belajar PKn pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kebakkramat Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2009/2010. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 3 Kebakkramat Kabupaten Karanganyar. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SLTP Negeri 3 Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2009/2010 yang keseluruhan ber jumlah 165 siswa. Sampel diambil sebanyak 35 orang siswa dengan teknik Quota Purposive Proportional Random Stratified Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan keharmonisan keluarga terhadap prestasi belajar PKn bagi siswa kelas VIII SLTP Negeri 3 Kebakkramat Karanganyar Tahun Ajaran 2009/2010. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,348 > 2,037. 2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan rasa percaya diri terhadap prestasi belajar PKn bagi siswa kelas VIII SLTP Negeri 3 Kebakkramat Karanganyar Tahun Ajaran 2009/2010. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,863 > 2,037. 3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan keharmonisan keluarga dan rasa percaya diri terhadap prestasi belajar PKn bagi siswa kelas VIII SLTP Negeri 3 Kebakkramat Karanganyar Tahun Ajaran 2009/2010. Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linear ganda (uji F) diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 14,469 > 3,295. 4) Variabel keharmonisan keluarga memberikan sumbangan efektif 20,7%. Variabel rasa percaya diri memberikan sumbangan efektif 26,8%. Dengan membandingkan nilai sumbangan efektif nampak bahwa variabel rasa percaya diri memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar PKn dibandingkan variabel keharmonisan keluarga. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8823/1/A220060028.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8823/2/A220060028.pdf GUNAWAN, GUNAWAN (2010) PENGARUH KEHARMONISAN KELUARGA DAN RASA PERCAYA DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn SISWA KELAS VIII SLTP NEGERI III KEBAKKRAMAT KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A220060028
spellingShingle L Education (General)
GUNAWAN, GUNAWAN
PENGARUH KEHARMONISAN KELUARGA DAN RASA PERCAYA DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn SISWA KELAS VIII SLTP NEGERI III KEBAKKRAMAT KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title PENGARUH KEHARMONISAN KELUARGA DAN RASA PERCAYA DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn SISWA KELAS VIII SLTP NEGERI III KEBAKKRAMAT KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full PENGARUH KEHARMONISAN KELUARGA DAN RASA PERCAYA DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn SISWA KELAS VIII SLTP NEGERI III KEBAKKRAMAT KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_fullStr PENGARUH KEHARMONISAN KELUARGA DAN RASA PERCAYA DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn SISWA KELAS VIII SLTP NEGERI III KEBAKKRAMAT KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed PENGARUH KEHARMONISAN KELUARGA DAN RASA PERCAYA DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn SISWA KELAS VIII SLTP NEGERI III KEBAKKRAMAT KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_short PENGARUH KEHARMONISAN KELUARGA DAN RASA PERCAYA DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn SISWA KELAS VIII SLTP NEGERI III KEBAKKRAMAT KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_sort pengaruh keharmonisan keluarga dan rasa percaya diri terhadap prestasi belajar pkn siswa kelas viii sltp negeri iii kebakkramat karanganyar tahun pelajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8823/
work_keys_str_mv AT gunawangunawan pengaruhkeharmonisankeluargadanrasapercayadiriterhadapprestasibelajarpknsiswakelasviiisltpnegeriiiikebakkramatkaranganyartahunpelajaran20092010