INTENSITAS BIMBINGAN ORANG TUA DAN PEMAHAMAN TENTANG KEDISIPLINAN PENGARUHNYA TERHADAP KETAATAN SISWA PADA TATA TERTIB SEKOLAH DI SMP NEGERI 3 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui “adakah pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari intensitas bimbingan orang tua dan pemahaman tentang kedisiplinan terhadap ketaatan pada tata tertib sekolah siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kartasura Tahun Pelajaran 2010/2011?”. Je...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: S U R A N T I, S U R A N T I
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8819/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804116615533428736
author S U R A N T I, S U R A N T I
author_facet S U R A N T I, S U R A N T I
author_sort S U R A N T I, S U R A N T I
collection ePrints
description Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui “adakah pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari intensitas bimbingan orang tua dan pemahaman tentang kedisiplinan terhadap ketaatan pada tata tertib sekolah siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kartasura Tahun Pelajaran 2010/2011?”. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 3 Kartasura Tahun Pelajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini semua siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kartasura Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 262 siswa, mencakup 8 kelas. Sampel diambil sebanyak 40 siswa dengan teknik quota purposive proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda, uji keberartian regresi linear ganda, dan perhitungan sumbangan relatif dan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah: Ada pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari Intensitas bimbingan orang tua dan pemahaman tentang kedisiplinan terhadap ketaatan pada tata tertib sekolah pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kartasura Tahun Pelajaran 2010/2011. Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linear ganda diperoleh Freg > Ftabel yaitu 23,204 > 3,252. Variabel intensitas bimbingan orang tua memberikan sumbangan relatif sebesar 58,08% sumbangan efektif 32,31%. Variabel pemahaman tentang kedisiplinan memberikan sumbangan relatif sebesar 41,92% sumbangan efektif 23,33%. Berdasarkan besarnya sumbangan efektif dan relatif nampak bahwa variabel intensitas bimbingan orang tua memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap ketaatan pada tata tertib sekolah dibandingkan variabel pemahaman tentang kedisiplinan.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8819
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8819 https://eprints.ums.ac.id/8819/ INTENSITAS BIMBINGAN ORANG TUA DAN PEMAHAMAN TENTANG KEDISIPLINAN PENGARUHNYA TERHADAP KETAATAN SISWA PADA TATA TERTIB SEKOLAH DI SMP NEGERI 3 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011 S U R A N T I, S U R A N T I L Education (General) Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui “adakah pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari intensitas bimbingan orang tua dan pemahaman tentang kedisiplinan terhadap ketaatan pada tata tertib sekolah siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kartasura Tahun Pelajaran 2010/2011?”. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 3 Kartasura Tahun Pelajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini semua siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kartasura Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 262 siswa, mencakup 8 kelas. Sampel diambil sebanyak 40 siswa dengan teknik quota purposive proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda, uji keberartian regresi linear ganda, dan perhitungan sumbangan relatif dan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah: Ada pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari Intensitas bimbingan orang tua dan pemahaman tentang kedisiplinan terhadap ketaatan pada tata tertib sekolah pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kartasura Tahun Pelajaran 2010/2011. Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linear ganda diperoleh Freg > Ftabel yaitu 23,204 > 3,252. Variabel intensitas bimbingan orang tua memberikan sumbangan relatif sebesar 58,08% sumbangan efektif 32,31%. Variabel pemahaman tentang kedisiplinan memberikan sumbangan relatif sebesar 41,92% sumbangan efektif 23,33%. Berdasarkan besarnya sumbangan efektif dan relatif nampak bahwa variabel intensitas bimbingan orang tua memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap ketaatan pada tata tertib sekolah dibandingkan variabel pemahaman tentang kedisiplinan. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8819/1/A220060021.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8819/2/A220060021.pdf S U R A N T I, S U R A N T I (2010) INTENSITAS BIMBINGAN ORANG TUA DAN PEMAHAMAN TENTANG KEDISIPLINAN PENGARUHNYA TERHADAP KETAATAN SISWA PADA TATA TERTIB SEKOLAH DI SMP NEGERI 3 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A220060021
spellingShingle L Education (General)
S U R A N T I, S U R A N T I
INTENSITAS BIMBINGAN ORANG TUA DAN PEMAHAMAN TENTANG KEDISIPLINAN PENGARUHNYA TERHADAP KETAATAN SISWA PADA TATA TERTIB SEKOLAH DI SMP NEGERI 3 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title INTENSITAS BIMBINGAN ORANG TUA DAN PEMAHAMAN TENTANG KEDISIPLINAN PENGARUHNYA TERHADAP KETAATAN SISWA PADA TATA TERTIB SEKOLAH DI SMP NEGERI 3 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_full INTENSITAS BIMBINGAN ORANG TUA DAN PEMAHAMAN TENTANG KEDISIPLINAN PENGARUHNYA TERHADAP KETAATAN SISWA PADA TATA TERTIB SEKOLAH DI SMP NEGERI 3 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_fullStr INTENSITAS BIMBINGAN ORANG TUA DAN PEMAHAMAN TENTANG KEDISIPLINAN PENGARUHNYA TERHADAP KETAATAN SISWA PADA TATA TERTIB SEKOLAH DI SMP NEGERI 3 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed INTENSITAS BIMBINGAN ORANG TUA DAN PEMAHAMAN TENTANG KEDISIPLINAN PENGARUHNYA TERHADAP KETAATAN SISWA PADA TATA TERTIB SEKOLAH DI SMP NEGERI 3 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_short INTENSITAS BIMBINGAN ORANG TUA DAN PEMAHAMAN TENTANG KEDISIPLINAN PENGARUHNYA TERHADAP KETAATAN SISWA PADA TATA TERTIB SEKOLAH DI SMP NEGERI 3 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_sort intensitas bimbingan orang tua dan pemahaman tentang kedisiplinan pengaruhnya terhadap ketaatan siswa pada tata tertib sekolah di smp negeri 3 kartasura tahun pelajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8819/
work_keys_str_mv AT surantisuranti intensitasbimbinganorangtuadanpemahamantentangkedisiplinanpengaruhnyaterhadapketaatansiswapadatatatertibsekolahdismpnegeri3kartasuratahunpelajaran20102011