INTENSITAS BIMBINGAN ORANG TUA DAN PEMAHAMAN TENTANG KEDISIPLINAN PENGARUHNYA TERHADAP KETAATAN SISWA PADA TATA TERTIB SEKOLAH DI SMP NEGERI 3 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui “adakah pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari intensitas bimbingan orang tua dan pemahaman tentang kedisiplinan terhadap ketaatan pada tata tertib sekolah siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kartasura Tahun Pelajaran 2010/2011?”. Je...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/8819/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui “adakah pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari intensitas bimbingan orang tua dan pemahaman tentang kedisiplinan terhadap ketaatan pada tata tertib sekolah siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kartasura Tahun Pelajaran 2010/2011?”.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 3 Kartasura Tahun Pelajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini semua siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kartasura Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 262 siswa, mencakup 8 kelas. Sampel diambil sebanyak 40 siswa dengan teknik quota purposive proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda, uji keberartian regresi linear ganda, dan perhitungan sumbangan relatif dan efektif.
Kesimpulan penelitian ini adalah: Ada pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari Intensitas bimbingan orang tua dan pemahaman tentang kedisiplinan terhadap ketaatan pada tata tertib sekolah pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kartasura Tahun Pelajaran 2010/2011. Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linear ganda diperoleh Freg > Ftabel yaitu 23,204 > 3,252. Variabel intensitas bimbingan orang tua memberikan sumbangan relatif sebesar 58,08% sumbangan efektif 32,31%. Variabel pemahaman tentang kedisiplinan memberikan sumbangan relatif sebesar 41,92% sumbangan efektif 23,33%. Berdasarkan besarnya sumbangan efektif dan relatif nampak bahwa variabel intensitas bimbingan orang tua memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap ketaatan pada tata tertib sekolah dibandingkan variabel pemahaman tentang kedisiplinan.
|
---|