PENGARUH KUALITAS KOMUNIKASI ORANG TUA DENGAN ANAK DAN LINGKUNGAN PERGAULAN TERHADAP KENAKALAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DELANGGU KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Perumusan masalah penelitian ini adalah ”Adakah pengaruh positif yang berarti (signifikan) baik secara parsial maupun simultan dari kualitas komunikasi orang tua dengan anak dan lingkungan pergaulan terhadap kenakalan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Delanggu Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2009/2010?...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: DEWANTARA , APRI CATUR
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8813/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804116571237384192
author DEWANTARA , APRI CATUR
author_facet DEWANTARA , APRI CATUR
author_sort DEWANTARA , APRI CATUR
collection ePrints
description Perumusan masalah penelitian ini adalah ”Adakah pengaruh positif yang berarti (signifikan) baik secara parsial maupun simultan dari kualitas komunikasi orang tua dengan anak dan lingkungan pergaulan terhadap kenakalan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Delanggu Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2009/2010?”. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 2 Delanggu Kabupaten Klaten. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Delanggu Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2009/2010 yang keseluruhan berjumlah 239 orang siswa. Sampel diambil sebanyak 40 orang siswa dengan teknik Quota Purposive Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari kualitas komunikasi orang tua dengan anak terhadap kenakalan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Delanggu Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2009/2010. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,943 > 2,026. 2) Ada pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari lingkungan pergaulan terhadap kenakalan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Delanggu Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2009/2010. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,471 > 2,0266. 3) Ada pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari kualitas komunikasi orang tua dengan anak dan lingkungan pergaulan terhadap kenakalan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Delanggu Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2009/2010. Berdasarkan uji keberartian regresi linear ganda diketahui bahwa nilai Fhitung > Ftabel, yaitu 27,463 > 3,252. 4) Variabel kualitas komunikasi orang tua dengan anak memberikan sumbangan relatif sebesar 44,9% dan sumbangan efektif 26,8%. Variabel lingkungan pergaulan memberikan sumbangan relatif sebesar 55,1% dan sumbangan efektif 32,9%. Sehingga nampak bahwa variabel lingkungan pergaulan memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap kenakalan siswa dibandingkan variabel kualitas komunikasi orang tua dengan anak.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8813
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8813 https://eprints.ums.ac.id/8813/ PENGARUH KUALITAS KOMUNIKASI ORANG TUA DENGAN ANAK DAN LINGKUNGAN PERGAULAN TERHADAP KENAKALAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DELANGGU KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010 DEWANTARA , APRI CATUR L Education (General) Perumusan masalah penelitian ini adalah ”Adakah pengaruh positif yang berarti (signifikan) baik secara parsial maupun simultan dari kualitas komunikasi orang tua dengan anak dan lingkungan pergaulan terhadap kenakalan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Delanggu Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2009/2010?”. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 2 Delanggu Kabupaten Klaten. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Delanggu Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2009/2010 yang keseluruhan berjumlah 239 orang siswa. Sampel diambil sebanyak 40 orang siswa dengan teknik Quota Purposive Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari kualitas komunikasi orang tua dengan anak terhadap kenakalan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Delanggu Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2009/2010. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,943 > 2,026. 2) Ada pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari lingkungan pergaulan terhadap kenakalan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Delanggu Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2009/2010. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,471 > 2,0266. 3) Ada pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari kualitas komunikasi orang tua dengan anak dan lingkungan pergaulan terhadap kenakalan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Delanggu Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2009/2010. Berdasarkan uji keberartian regresi linear ganda diketahui bahwa nilai Fhitung > Ftabel, yaitu 27,463 > 3,252. 4) Variabel kualitas komunikasi orang tua dengan anak memberikan sumbangan relatif sebesar 44,9% dan sumbangan efektif 26,8%. Variabel lingkungan pergaulan memberikan sumbangan relatif sebesar 55,1% dan sumbangan efektif 32,9%. Sehingga nampak bahwa variabel lingkungan pergaulan memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap kenakalan siswa dibandingkan variabel kualitas komunikasi orang tua dengan anak. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8813/1/A220060015.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8813/2/A220060015.pdf DEWANTARA , APRI CATUR (2010) PENGARUH KUALITAS KOMUNIKASI ORANG TUA DENGAN ANAK DAN LINGKUNGAN PERGAULAN TERHADAP KENAKALAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DELANGGU KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A220060015
spellingShingle L Education (General)
DEWANTARA , APRI CATUR
PENGARUH KUALITAS KOMUNIKASI ORANG TUA DENGAN ANAK DAN LINGKUNGAN PERGAULAN TERHADAP KENAKALAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DELANGGU KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title PENGARUH KUALITAS KOMUNIKASI ORANG TUA DENGAN ANAK DAN LINGKUNGAN PERGAULAN TERHADAP KENAKALAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DELANGGU KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full PENGARUH KUALITAS KOMUNIKASI ORANG TUA DENGAN ANAK DAN LINGKUNGAN PERGAULAN TERHADAP KENAKALAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DELANGGU KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_fullStr PENGARUH KUALITAS KOMUNIKASI ORANG TUA DENGAN ANAK DAN LINGKUNGAN PERGAULAN TERHADAP KENAKALAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DELANGGU KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed PENGARUH KUALITAS KOMUNIKASI ORANG TUA DENGAN ANAK DAN LINGKUNGAN PERGAULAN TERHADAP KENAKALAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DELANGGU KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_short PENGARUH KUALITAS KOMUNIKASI ORANG TUA DENGAN ANAK DAN LINGKUNGAN PERGAULAN TERHADAP KENAKALAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DELANGGU KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_sort pengaruh kualitas komunikasi orang tua dengan anak dan lingkungan pergaulan terhadap kenakalan siswa kelas viii smp negeri 2 delanggu kabupaten klaten tahun pelajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8813/
work_keys_str_mv AT dewantaraapricatur pengaruhkualitaskomunikasiorangtuadengananakdanlingkunganpergaulanterhadapkenakalansiswakelasviiismpnegeri2delanggukabupatenklatentahunpelajaran20092010