PENGARUH KUALITAS KOMUNIKASI ORANG TUA DENGAN ANAK DAN LINGKUNGAN PERGAULAN TERHADAP KENAKALAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DELANGGU KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010
Perumusan masalah penelitian ini adalah ”Adakah pengaruh positif yang berarti (signifikan) baik secara parsial maupun simultan dari kualitas komunikasi orang tua dengan anak dan lingkungan pergaulan terhadap kenakalan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Delanggu Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2009/2010?...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/8813/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804116571237384192 |
---|---|
author | DEWANTARA , APRI CATUR |
author_facet | DEWANTARA , APRI CATUR |
author_sort | DEWANTARA , APRI CATUR |
collection | ePrints |
description | Perumusan masalah penelitian ini adalah ”Adakah pengaruh positif yang berarti (signifikan) baik secara parsial maupun simultan dari kualitas komunikasi orang tua dengan anak dan lingkungan pergaulan terhadap kenakalan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Delanggu Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2009/2010?”.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 2 Delanggu Kabupaten Klaten. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Delanggu Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2009/2010 yang keseluruhan berjumlah 239 orang siswa. Sampel diambil sebanyak 40 orang siswa dengan teknik Quota Purposive Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif.
Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari kualitas komunikasi orang tua dengan anak terhadap kenakalan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Delanggu Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2009/2010. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,943 > 2,026. 2) Ada pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari lingkungan pergaulan terhadap kenakalan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Delanggu Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2009/2010. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,471 > 2,0266. 3) Ada pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari kualitas komunikasi orang tua dengan anak dan lingkungan pergaulan terhadap kenakalan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Delanggu Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2009/2010. Berdasarkan uji keberartian regresi linear ganda diketahui bahwa nilai Fhitung > Ftabel, yaitu 27,463 > 3,252. 4) Variabel kualitas komunikasi orang tua dengan anak memberikan sumbangan relatif sebesar 44,9% dan sumbangan efektif 26,8%. Variabel lingkungan pergaulan memberikan sumbangan relatif sebesar 55,1% dan sumbangan efektif 32,9%. Sehingga nampak bahwa variabel lingkungan pergaulan memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap kenakalan siswa dibandingkan variabel kualitas komunikasi orang tua dengan anak.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:8813 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English |
publishDate | 2010 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:8813 https://eprints.ums.ac.id/8813/ PENGARUH KUALITAS KOMUNIKASI ORANG TUA DENGAN ANAK DAN LINGKUNGAN PERGAULAN TERHADAP KENAKALAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DELANGGU KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010 DEWANTARA , APRI CATUR L Education (General) Perumusan masalah penelitian ini adalah ”Adakah pengaruh positif yang berarti (signifikan) baik secara parsial maupun simultan dari kualitas komunikasi orang tua dengan anak dan lingkungan pergaulan terhadap kenakalan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Delanggu Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2009/2010?”. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 2 Delanggu Kabupaten Klaten. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Delanggu Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2009/2010 yang keseluruhan berjumlah 239 orang siswa. Sampel diambil sebanyak 40 orang siswa dengan teknik Quota Purposive Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari kualitas komunikasi orang tua dengan anak terhadap kenakalan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Delanggu Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2009/2010. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,943 > 2,026. 2) Ada pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari lingkungan pergaulan terhadap kenakalan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Delanggu Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2009/2010. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,471 > 2,0266. 3) Ada pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari kualitas komunikasi orang tua dengan anak dan lingkungan pergaulan terhadap kenakalan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Delanggu Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2009/2010. Berdasarkan uji keberartian regresi linear ganda diketahui bahwa nilai Fhitung > Ftabel, yaitu 27,463 > 3,252. 4) Variabel kualitas komunikasi orang tua dengan anak memberikan sumbangan relatif sebesar 44,9% dan sumbangan efektif 26,8%. Variabel lingkungan pergaulan memberikan sumbangan relatif sebesar 55,1% dan sumbangan efektif 32,9%. Sehingga nampak bahwa variabel lingkungan pergaulan memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap kenakalan siswa dibandingkan variabel kualitas komunikasi orang tua dengan anak. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8813/1/A220060015.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8813/2/A220060015.pdf DEWANTARA , APRI CATUR (2010) PENGARUH KUALITAS KOMUNIKASI ORANG TUA DENGAN ANAK DAN LINGKUNGAN PERGAULAN TERHADAP KENAKALAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DELANGGU KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A220060015 |
spellingShingle | L Education (General) DEWANTARA , APRI CATUR PENGARUH KUALITAS KOMUNIKASI ORANG TUA DENGAN ANAK DAN LINGKUNGAN PERGAULAN TERHADAP KENAKALAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DELANGGU KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010 |
title | PENGARUH KUALITAS KOMUNIKASI ORANG TUA DENGAN ANAK DAN LINGKUNGAN PERGAULAN TERHADAP KENAKALAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DELANGGU KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010 |
title_full | PENGARUH KUALITAS KOMUNIKASI ORANG TUA DENGAN ANAK DAN LINGKUNGAN PERGAULAN TERHADAP KENAKALAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DELANGGU KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010 |
title_fullStr | PENGARUH KUALITAS KOMUNIKASI ORANG TUA DENGAN ANAK DAN LINGKUNGAN PERGAULAN TERHADAP KENAKALAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DELANGGU KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010 |
title_full_unstemmed | PENGARUH KUALITAS KOMUNIKASI ORANG TUA DENGAN ANAK DAN LINGKUNGAN PERGAULAN TERHADAP KENAKALAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DELANGGU KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010 |
title_short | PENGARUH KUALITAS KOMUNIKASI ORANG TUA DENGAN ANAK DAN LINGKUNGAN PERGAULAN TERHADAP KENAKALAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DELANGGU KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010 |
title_sort | pengaruh kualitas komunikasi orang tua dengan anak dan lingkungan pergaulan terhadap kenakalan siswa kelas viii smp negeri 2 delanggu kabupaten klaten tahun pelajaran 2009 2010 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/8813/ |
work_keys_str_mv | AT dewantaraapricatur pengaruhkualitaskomunikasiorangtuadengananakdanlingkunganpergaulanterhadapkenakalansiswakelasviiismpnegeri2delanggukabupatenklatentahunpelajaran20092010 |