PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TULUNG KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui “Adakah pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari pengaruh persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran PKn pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tulung Kabupat...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Nurul K. , Dwiyamti
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8810/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui “Adakah pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari pengaruh persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran PKn pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tulung Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2009/2010?”. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 2 Tulung tahun pelajaran 2009/2010. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tulung tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 127 siswa. Sampel diambil sebanyak 40 siswa dengan teknik Quota Purposive Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda, uji keberartian regresi linear ganda, dan perhitungan sumbangan relatif dan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah: Ada pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari Persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar terhadap kreativitas siswa bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tulung Tahun Pelajaran 2009/2010. Berdasarkan hasil uji keberatian regresi linear ganda diperoleh Freg > Ftabel yaitu 16,254 > 3,252. Variabel persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru memberikan sumbangan relatif sebesar 45,1% dan sumbangan efektif 21,1%. Variabel motivasi belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 54,9% dan sumbangan efektif 25,7%. Berdasarkan besarnya sumbangan relatif dan efektif nampak bahwa variabel motivasi belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap kreativitas siswa dibandingkan variabel persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru.