PENGARUH PERSIAPAN SISWA DALAM BELAJAR DAN KEMANDIRIAN DALAM MENGERJAKAN TUGAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I WONOSARI KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2007/2008

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh persiapan siswa dalam belajar dan kemandirian dalam mengerjakan tugas terhadap prestasi belajar mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas VIII SMP Negeri I Wonosari Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2007/2008. Populas...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ARIBOWO , DHANNY
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8807/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804116613944836096
author ARIBOWO , DHANNY
author_facet ARIBOWO , DHANNY
author_sort ARIBOWO , DHANNY
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh persiapan siswa dalam belajar dan kemandirian dalam mengerjakan tugas terhadap prestasi belajar mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas VIII SMP Negeri I Wonosari Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2007/2008. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wonosari Kabupaten Klaten tahun pelajaran 2007/2008, yang keseluruhannya berjumlah 240 siswa, dari jumlah tersebut yang dijadikan sampel sebanyak 40 siswa dengan prosedur pengambilan sampel kombinasi (Combined Sampling), yaitu ” Quota Purposive Area Proportional Random Sampling” dengan cara undian. Alat pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi sebagai metode pokok. Angket digunakan untuk mengumpulkan data persiapan siswa dalam belajar dan kemandirian dalam mengerjakan tugas. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data prestasi belajar. Data yang terkumpul dalam penelitian ini kemudian dianalisis dengan model analisis regresi dua prediktor dengan rumus : F reg = Hasil analisis regresi diperoleh Freg sebesar = 18,746, setelah dikonsultasikan dengan Ftabel dengan db m lawan N-m-1 atau 2 lawan 37 pada taraf signifikansi 5% telah ditentukan besarnya Ftabel = 3,26. Dengan demikian hasil analisis Freg itu berada di atas nilai Ftabel untuk taraf signifikansi 5% yaitu bahwa 18,746 > 3,26 Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari pengaruh persiapan siswa dalam belajar dan kemandirian dalam mengerjakan tugas terhadap prestasi belajar mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas VIII SMP Negeri I Wonosari Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2007/2008. Sehingga hipotesis yang menyatakan ada pengaruh yang berarti (signifikan) dari persiapan siswa dalam belajar dan kemandirian dalam mengerjakan tugas terhadap prestasi belajar mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas VIII SMP Negeri I Wonosari Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2007/2008, terbukti dan dapat diterima kebenarannya. Variabel pemahaman persiapan siswa dalam belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 47,54% dan sumbangan efektif 23,93%. Variabel kemandirian dalam mengerjakan tugas memberikan sumbangan relatif sebesar 52,46% dan sumbangan efektif 26,40%. Sehingga nampak bahwa variabel persiapan siswa dalam belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar siswa dibandingkan variabel kemandirian dalam mengerjakan tugas, dengan demikian semakin tinggi intensitas persiapan siswa dalam belajar dapat dipastikan memberikan pengaruh pada prestasi belajar. Dari perhitungan di atas menunjukkan bahwa persiapan siswa dalam belajar dan kemandirian dalam mengerjakan tugas memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 50,33%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain misalnya motivasi belajar, fasilitas belajar dan lingkungan pendidikan. Berdasarkan hasil penelitian ini maka perlu diperhatikan persiapan siswa dalam belajar dan kemandirian dalam mengerjakan tugas agar tercapai hasil presasi belajar siswa yang lebih optimal.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8807
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8807 https://eprints.ums.ac.id/8807/ PENGARUH PERSIAPAN SISWA DALAM BELAJAR DAN KEMANDIRIAN DALAM MENGERJAKAN TUGAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I WONOSARI KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2007/2008 ARIBOWO , DHANNY L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh persiapan siswa dalam belajar dan kemandirian dalam mengerjakan tugas terhadap prestasi belajar mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas VIII SMP Negeri I Wonosari Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2007/2008. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wonosari Kabupaten Klaten tahun pelajaran 2007/2008, yang keseluruhannya berjumlah 240 siswa, dari jumlah tersebut yang dijadikan sampel sebanyak 40 siswa dengan prosedur pengambilan sampel kombinasi (Combined Sampling), yaitu ” Quota Purposive Area Proportional Random Sampling” dengan cara undian. Alat pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi sebagai metode pokok. Angket digunakan untuk mengumpulkan data persiapan siswa dalam belajar dan kemandirian dalam mengerjakan tugas. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data prestasi belajar. Data yang terkumpul dalam penelitian ini kemudian dianalisis dengan model analisis regresi dua prediktor dengan rumus : F reg = Hasil analisis regresi diperoleh Freg sebesar = 18,746, setelah dikonsultasikan dengan Ftabel dengan db m lawan N-m-1 atau 2 lawan 37 pada taraf signifikansi 5% telah ditentukan besarnya Ftabel = 3,26. Dengan demikian hasil analisis Freg itu berada di atas nilai Ftabel untuk taraf signifikansi 5% yaitu bahwa 18,746 > 3,26 Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari pengaruh persiapan siswa dalam belajar dan kemandirian dalam mengerjakan tugas terhadap prestasi belajar mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas VIII SMP Negeri I Wonosari Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2007/2008. Sehingga hipotesis yang menyatakan ada pengaruh yang berarti (signifikan) dari persiapan siswa dalam belajar dan kemandirian dalam mengerjakan tugas terhadap prestasi belajar mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas VIII SMP Negeri I Wonosari Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2007/2008, terbukti dan dapat diterima kebenarannya. Variabel pemahaman persiapan siswa dalam belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 47,54% dan sumbangan efektif 23,93%. Variabel kemandirian dalam mengerjakan tugas memberikan sumbangan relatif sebesar 52,46% dan sumbangan efektif 26,40%. Sehingga nampak bahwa variabel persiapan siswa dalam belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar siswa dibandingkan variabel kemandirian dalam mengerjakan tugas, dengan demikian semakin tinggi intensitas persiapan siswa dalam belajar dapat dipastikan memberikan pengaruh pada prestasi belajar. Dari perhitungan di atas menunjukkan bahwa persiapan siswa dalam belajar dan kemandirian dalam mengerjakan tugas memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 50,33%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain misalnya motivasi belajar, fasilitas belajar dan lingkungan pendidikan. Berdasarkan hasil penelitian ini maka perlu diperhatikan persiapan siswa dalam belajar dan kemandirian dalam mengerjakan tugas agar tercapai hasil presasi belajar siswa yang lebih optimal. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8807/1/A220040025.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8807/2/A220040025.pdf ARIBOWO , DHANNY (2010) PENGARUH PERSIAPAN SISWA DALAM BELAJAR DAN KEMANDIRIAN DALAM MENGERJAKAN TUGAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I WONOSARI KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A220040025
spellingShingle L Education (General)
ARIBOWO , DHANNY
PENGARUH PERSIAPAN SISWA DALAM BELAJAR DAN KEMANDIRIAN DALAM MENGERJAKAN TUGAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I WONOSARI KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2007/2008
title PENGARUH PERSIAPAN SISWA DALAM BELAJAR DAN KEMANDIRIAN DALAM MENGERJAKAN TUGAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I WONOSARI KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2007/2008
title_full PENGARUH PERSIAPAN SISWA DALAM BELAJAR DAN KEMANDIRIAN DALAM MENGERJAKAN TUGAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I WONOSARI KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2007/2008
title_fullStr PENGARUH PERSIAPAN SISWA DALAM BELAJAR DAN KEMANDIRIAN DALAM MENGERJAKAN TUGAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I WONOSARI KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2007/2008
title_full_unstemmed PENGARUH PERSIAPAN SISWA DALAM BELAJAR DAN KEMANDIRIAN DALAM MENGERJAKAN TUGAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I WONOSARI KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2007/2008
title_short PENGARUH PERSIAPAN SISWA DALAM BELAJAR DAN KEMANDIRIAN DALAM MENGERJAKAN TUGAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I WONOSARI KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2007/2008
title_sort pengaruh persiapan siswa dalam belajar dan kemandirian dalam mengerjakan tugas terhadap prestasi belajar mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas viii smp negeri i wonosari kabupaten klaten tahun pelajaran 2007 2008
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8807/
work_keys_str_mv AT aribowodhanny pengaruhpersiapansiswadalambelajardankemandiriandalammengerjakantugasterhadapprestasibelajarmatapelajaranpendidikankewarganegaraanpadasiswakelasviiismpnegeriiwonosarikabupatenklatentahunpelajaran20072008