PENGARUH PERSEPSI MENGENAI HAK DAN KEWAJIBAN MAHASISWA DAN MOTIVASI MENGIKUTI PERKULIAHAN TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2007/2008

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswatentang hak dan kewajiban mahasiswa dan motivasi mengikuti perkuliahan terhadap prestasi akademik pada mahasiswa jurusan PPKn Tahun akademik 2007/2008. Popul...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SAPTORINI , KURNIASIH
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8806/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994648843747328
author SAPTORINI , KURNIASIH
author_facet SAPTORINI , KURNIASIH
author_sort SAPTORINI , KURNIASIH
collection ePrints
description Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswatentang hak dan kewajiban mahasiswa dan motivasi mengikuti perkuliahan terhadap prestasi akademik pada mahasiswa jurusan PPKn Tahun akademik 2007/2008. Populasi penelitian adalah semua mahasiswa jurusan PPKn Tahun akademik 2007/2008 yang keseluruhan berjumlah 193 mahasiswa. Sampel penelitian sebanyak 50, yang didasarkan pada jenis penelitian berupa deskriptif korelasional, sehingga jumlah sampel yang reperensetatif adalah lebih dari 10% dari seluruh populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan angket sebagai metode pokok untuk menggumpulkan data mengenai persepsi mahasiswa tentang hak dan kewajiban mahasiswa dan motivasi mengikuti perkuliahan, sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai prestasi akademik mahasisiswa. Metode wawancara dan metode observasi sebagai metode bantu digunakan untuk memperkuat data yang diperoleh dari angket. Dalam penelitian ini data yang terkumpul kemudian dianalisis regresi dua prediktor, dengan rumus: Freg = Hasil perhitungan regresi memperoleh harga Freg = 42,645, dikonsultasikan dengan Ftabel pada taraf signifikansi 5% dengan db (2;47) adalah sebesar 3,20 dan pada taraf signifikansi 1% = 5,10, hasilnya Fhitung > Ftabel = 42,645 > 3,20 atau 42,645 > 5,10, sehingga hipotesis yang menyatakan ada pengaruh persepsi mahasiswa tentang hak dan kewajiban mahasiswa dan motivasi mengikuti perkuliahan terhadap prestasi akademik dinyatakan dapat diterima. Variabel persepsi mahasiswa mengenai hak dan kewajiban mahasiswa memberikan sumbangan relatif (SR%X1) sebesar 87,39% dan sumbangan efektif (SE%X1) sebesar 56,34%. Motivasi mengikuti perkuliahan memberikan sumbangan relatif (SR%X2) sebesar 12,61% dan sumbangan efektif (SE%X2) sebesar 8,13%, Sehingga nampak bahwa variabel persepsi mahasiswa mengenai hak dan kewajiban mahasiswa memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi akademik dibandingkan variabel motivasi mengikuti perkuliahan. Dengan demikian jika motivasi mengikuti perkuliahan maka dapat dipastikan adanya peningkatan prestasi akademik pada mahasiswa yang bersangkutan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari persepsi mahasiswa tentang hak dan kewajiban mahasiswa dan motivasi mengikuti perkuliahan terhadap prestasi akademik. Oleh karena itu lebih lanjut dapat dikatakan bahwa semakin tinggi persepsi mahasiswa tentang hak dan kewajiban mahasiswa mahasiswa dan motivasi mengikuti perkuliahan, maka akan semakin tinggi pula prestasi akademiknya, sebaliknya semakin rendah persepsi mahasiswa tentang hak dan kewajiban mahasiswa mahasiswa dan motivasi mengikuti perkuliahan, maka akan semakin rendah pula prestasi akademik mahasiswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8806
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8806 https://eprints.ums.ac.id/8806/ PENGARUH PERSEPSI MENGENAI HAK DAN KEWAJIBAN MAHASISWA DAN MOTIVASI MENGIKUTI PERKULIAHAN TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2007/2008 SAPTORINI , KURNIASIH L Education (General) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswatentang hak dan kewajiban mahasiswa dan motivasi mengikuti perkuliahan terhadap prestasi akademik pada mahasiswa jurusan PPKn Tahun akademik 2007/2008. Populasi penelitian adalah semua mahasiswa jurusan PPKn Tahun akademik 2007/2008 yang keseluruhan berjumlah 193 mahasiswa. Sampel penelitian sebanyak 50, yang didasarkan pada jenis penelitian berupa deskriptif korelasional, sehingga jumlah sampel yang reperensetatif adalah lebih dari 10% dari seluruh populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan angket sebagai metode pokok untuk menggumpulkan data mengenai persepsi mahasiswa tentang hak dan kewajiban mahasiswa dan motivasi mengikuti perkuliahan, sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai prestasi akademik mahasisiswa. Metode wawancara dan metode observasi sebagai metode bantu digunakan untuk memperkuat data yang diperoleh dari angket. Dalam penelitian ini data yang terkumpul kemudian dianalisis regresi dua prediktor, dengan rumus: Freg = Hasil perhitungan regresi memperoleh harga Freg = 42,645, dikonsultasikan dengan Ftabel pada taraf signifikansi 5% dengan db (2;47) adalah sebesar 3,20 dan pada taraf signifikansi 1% = 5,10, hasilnya Fhitung > Ftabel = 42,645 > 3,20 atau 42,645 > 5,10, sehingga hipotesis yang menyatakan ada pengaruh persepsi mahasiswa tentang hak dan kewajiban mahasiswa dan motivasi mengikuti perkuliahan terhadap prestasi akademik dinyatakan dapat diterima. Variabel persepsi mahasiswa mengenai hak dan kewajiban mahasiswa memberikan sumbangan relatif (SR%X1) sebesar 87,39% dan sumbangan efektif (SE%X1) sebesar 56,34%. Motivasi mengikuti perkuliahan memberikan sumbangan relatif (SR%X2) sebesar 12,61% dan sumbangan efektif (SE%X2) sebesar 8,13%, Sehingga nampak bahwa variabel persepsi mahasiswa mengenai hak dan kewajiban mahasiswa memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi akademik dibandingkan variabel motivasi mengikuti perkuliahan. Dengan demikian jika motivasi mengikuti perkuliahan maka dapat dipastikan adanya peningkatan prestasi akademik pada mahasiswa yang bersangkutan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari persepsi mahasiswa tentang hak dan kewajiban mahasiswa dan motivasi mengikuti perkuliahan terhadap prestasi akademik. Oleh karena itu lebih lanjut dapat dikatakan bahwa semakin tinggi persepsi mahasiswa tentang hak dan kewajiban mahasiswa mahasiswa dan motivasi mengikuti perkuliahan, maka akan semakin tinggi pula prestasi akademiknya, sebaliknya semakin rendah persepsi mahasiswa tentang hak dan kewajiban mahasiswa mahasiswa dan motivasi mengikuti perkuliahan, maka akan semakin rendah pula prestasi akademik mahasiswa. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8806/1/A220030031.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8806/2/A220030031.pdf SAPTORINI , KURNIASIH (2010) PENGARUH PERSEPSI MENGENAI HAK DAN KEWAJIBAN MAHASISWA DAN MOTIVASI MENGIKUTI PERKULIAHAN TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A220030031
spellingShingle L Education (General)
SAPTORINI , KURNIASIH
PENGARUH PERSEPSI MENGENAI HAK DAN KEWAJIBAN MAHASISWA DAN MOTIVASI MENGIKUTI PERKULIAHAN TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2007/2008
title PENGARUH PERSEPSI MENGENAI HAK DAN KEWAJIBAN MAHASISWA DAN MOTIVASI MENGIKUTI PERKULIAHAN TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2007/2008
title_full PENGARUH PERSEPSI MENGENAI HAK DAN KEWAJIBAN MAHASISWA DAN MOTIVASI MENGIKUTI PERKULIAHAN TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2007/2008
title_fullStr PENGARUH PERSEPSI MENGENAI HAK DAN KEWAJIBAN MAHASISWA DAN MOTIVASI MENGIKUTI PERKULIAHAN TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2007/2008
title_full_unstemmed PENGARUH PERSEPSI MENGENAI HAK DAN KEWAJIBAN MAHASISWA DAN MOTIVASI MENGIKUTI PERKULIAHAN TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2007/2008
title_short PENGARUH PERSEPSI MENGENAI HAK DAN KEWAJIBAN MAHASISWA DAN MOTIVASI MENGIKUTI PERKULIAHAN TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2007/2008
title_sort pengaruh persepsi mengenai hak dan kewajiban mahasiswa dan motivasi mengikuti perkuliahan terhadap prestasi akademik mahasiswa pendidikan kewarganegaraan universitas muhammadiyah surakarta tahun akademik 2007 2008
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8806/
work_keys_str_mv AT saptorinikurniasih pengaruhpersepsimengenaihakdankewajibanmahasiswadanmotivasimengikutiperkuliahanterhadapprestasiakademikmahasiswapendidikankewarganegaraanuniversitasmuhammadiyahsurakartatahunakademik20072008