PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE GROUP DISCUSS PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 01 GEBYOG KECAMATAN MOJOGEDANG KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika seberapa besar peningkatan hasil belajar Matematika dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika melalui penerapan metode group discuss bagi siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 01 Gebyog Kecamatan Mojogedang Kabup...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PARTINI , PARTINI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8804/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994648302682112
author PARTINI , PARTINI
author_facet PARTINI , PARTINI
author_sort PARTINI , PARTINI
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika seberapa besar peningkatan hasil belajar Matematika dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika melalui penerapan metode group discuss bagi siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 01 Gebyog Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2009/2010. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan jenis PTK. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas III yang ada di SD Negeri 01 Gebyog Mojogedang Karanganyar tahun pelajaran 2009/2010. Dalam pengumpulan data, metode yang dipergunakan metode observasi, dokumentasi, dan test. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model induktif interaktif yang memiliki tiga komponen pokok analisis yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu siklus. Dari hasil penelitian di atas menunjukkan bahwa perolehan nilai siswa kelas III SD Negeri 01 Gebyog semester I tahun pelajaran 2009/2010 selalu mengalami peningkatan dari satu siklus ke siklus berikutnya. Hal ini dapat diketahui dari data berikut: 1. Nilai rata prestasi belajar Matematika siswa Kelas III pada siklus I sebesar 68, 4, pada siklus II sebesar 72,4 dan pada siklus III sebesar 74,8 sehingga terdapat kenaikan nilai rata – rata dari siklus I ke siklus II dan siklus III. 2. Prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I menunjukkan angka sebesar 57,5 % (24 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 41 siswa), pada siklus II sebesar 72,5 % (30 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 41 siswa) pada siklus III sebesar 80 % (33 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 41 siswa). Dengan demikian terdapat peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus III. Penelitian dapat menghasilkan kesimpulan bahwa penerapan metode group discuss ternyata dapat meningkatkan hasil belajar Matematika serta dapat mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika siswa terhadap materi pelajaran hubungan antar satuan dalam mata pelajaran Matematika. Dalam setiap siklus selalu membawa dampak yang positif kearah peningkatan hasil belajar siswa (terdapat peningkatan sebesar 10,80 dari sebelum siklus samapai pada siklus III. Selain itu dengan penerapan metode group discuss membuat suasana kelas menjadi kondusif, siswa menjadi tertarik, aktif dan tidak adak kejenuhan.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8804
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8804 https://eprints.ums.ac.id/8804/ PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE GROUP DISCUSS PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 01 GEBYOG KECAMATAN MOJOGEDANG KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010 PARTINI , PARTINI L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika seberapa besar peningkatan hasil belajar Matematika dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika melalui penerapan metode group discuss bagi siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 01 Gebyog Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2009/2010. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan jenis PTK. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas III yang ada di SD Negeri 01 Gebyog Mojogedang Karanganyar tahun pelajaran 2009/2010. Dalam pengumpulan data, metode yang dipergunakan metode observasi, dokumentasi, dan test. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model induktif interaktif yang memiliki tiga komponen pokok analisis yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu siklus. Dari hasil penelitian di atas menunjukkan bahwa perolehan nilai siswa kelas III SD Negeri 01 Gebyog semester I tahun pelajaran 2009/2010 selalu mengalami peningkatan dari satu siklus ke siklus berikutnya. Hal ini dapat diketahui dari data berikut: 1. Nilai rata prestasi belajar Matematika siswa Kelas III pada siklus I sebesar 68, 4, pada siklus II sebesar 72,4 dan pada siklus III sebesar 74,8 sehingga terdapat kenaikan nilai rata – rata dari siklus I ke siklus II dan siklus III. 2. Prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I menunjukkan angka sebesar 57,5 % (24 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 41 siswa), pada siklus II sebesar 72,5 % (30 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 41 siswa) pada siklus III sebesar 80 % (33 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 41 siswa). Dengan demikian terdapat peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus III. Penelitian dapat menghasilkan kesimpulan bahwa penerapan metode group discuss ternyata dapat meningkatkan hasil belajar Matematika serta dapat mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika siswa terhadap materi pelajaran hubungan antar satuan dalam mata pelajaran Matematika. Dalam setiap siklus selalu membawa dampak yang positif kearah peningkatan hasil belajar siswa (terdapat peningkatan sebesar 10,80 dari sebelum siklus samapai pada siklus III. Selain itu dengan penerapan metode group discuss membuat suasana kelas menjadi kondusif, siswa menjadi tertarik, aktif dan tidak adak kejenuhan. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8804/1/A5100704469.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8804/2/A5100704469.pdf PARTINI , PARTINI (2010) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE GROUP DISCUSS PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 01 GEBYOG KECAMATAN MOJOGEDANG KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A510070469
spellingShingle L Education (General)
PARTINI , PARTINI
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE GROUP DISCUSS PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 01 GEBYOG KECAMATAN MOJOGEDANG KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE GROUP DISCUSS PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 01 GEBYOG KECAMATAN MOJOGEDANG KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE GROUP DISCUSS PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 01 GEBYOG KECAMATAN MOJOGEDANG KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_fullStr PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE GROUP DISCUSS PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 01 GEBYOG KECAMATAN MOJOGEDANG KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE GROUP DISCUSS PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 01 GEBYOG KECAMATAN MOJOGEDANG KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_short PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE GROUP DISCUSS PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 01 GEBYOG KECAMATAN MOJOGEDANG KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_sort peningkatan hasil belajar matematika melalui metode group discuss pada siswa kelas iii sekolah dasar negeri 01 gebyog kecamatan mojogedang kabupaten karanganyar tahun pelajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8804/
work_keys_str_mv AT partinipartini peningkatanhasilbelajarmatematikamelaluimetodegroupdiscusspadasiswakelasiiisekolahdasarnegeri01gebyogkecamatanmojogedangkabupatenkaranganyartahunpelajaran20092010