PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS III SD NEGERI BANGKLE 05 BLORA TAHUN PELAJARAN 2009/ 2010

Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran tentang (a) peningkatan keaktifan pembelajaran keterampilan berbicara, dan (b) peningkatan hasil pembelajaran keterampilan berbicara pada murid kelas III SD Negeri Bangkle 05 Blora dengan menggunakan gambar seri. Penelitian ini menggunakan Penelitian...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: RASA, HENGKY SENKLI DHANYA
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8803/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994595661021184
author RASA, HENGKY SENKLI DHANYA
author_facet RASA, HENGKY SENKLI DHANYA
author_sort RASA, HENGKY SENKLI DHANYA
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran tentang (a) peningkatan keaktifan pembelajaran keterampilan berbicara, dan (b) peningkatan hasil pembelajaran keterampilan berbicara pada murid kelas III SD Negeri Bangkle 05 Blora dengan menggunakan gambar seri. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dan hasilnya membuktikan bahwa gambar seri dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Dari hari pengamatan pada siklus I diperoleh informasi bahwa dari 17 siswa, ada 59% siswa menunjukkan bahwa siswa kurang aktif dan kurang serius dalam proses pembelajaran, sedangkan siklus II terdapat 31%, dan siklus III hanya terdapat 18% siswa yang masih kurang aktif dan kurang serius dalam proses pembelajaran keterampilan berbicara. Sementara itu, dari hasil pengamatan pada penilaian keterampilan berbicara dari 17 siswa, pada siklus I diperoleh informasi ada 6 atau 35,3% siswa yang sudah tuntas dalam pembelajaran keterampilan berbicara, sedangkan siklus II terdapat 10 atau 62,5% siswa, dan siklus III terdapat 14 atau 82,4% siswa yang telah tuntas dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Dengan demikian dapat diajukan rekomendasi bahwa melalui penggunaan media gambar seri dalam proses pembelajaran berbicara, maka keterampilan berbicara siswa kelas III SD Negeri Bangkle 05 Blora Tahun Pelajaran 2009/2010 akan meningkat.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8803
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8803 https://eprints.ums.ac.id/8803/ PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS III SD NEGERI BANGKLE 05 BLORA TAHUN PELAJARAN 2009/ 2010 RASA, HENGKY SENKLI DHANYA L Education (General) Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran tentang (a) peningkatan keaktifan pembelajaran keterampilan berbicara, dan (b) peningkatan hasil pembelajaran keterampilan berbicara pada murid kelas III SD Negeri Bangkle 05 Blora dengan menggunakan gambar seri. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dan hasilnya membuktikan bahwa gambar seri dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Dari hari pengamatan pada siklus I diperoleh informasi bahwa dari 17 siswa, ada 59% siswa menunjukkan bahwa siswa kurang aktif dan kurang serius dalam proses pembelajaran, sedangkan siklus II terdapat 31%, dan siklus III hanya terdapat 18% siswa yang masih kurang aktif dan kurang serius dalam proses pembelajaran keterampilan berbicara. Sementara itu, dari hasil pengamatan pada penilaian keterampilan berbicara dari 17 siswa, pada siklus I diperoleh informasi ada 6 atau 35,3% siswa yang sudah tuntas dalam pembelajaran keterampilan berbicara, sedangkan siklus II terdapat 10 atau 62,5% siswa, dan siklus III terdapat 14 atau 82,4% siswa yang telah tuntas dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Dengan demikian dapat diajukan rekomendasi bahwa melalui penggunaan media gambar seri dalam proses pembelajaran berbicara, maka keterampilan berbicara siswa kelas III SD Negeri Bangkle 05 Blora Tahun Pelajaran 2009/2010 akan meningkat. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8803/1/A510081086.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8803/2/A510081086.pdf RASA, HENGKY SENKLI DHANYA (2010) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS III SD NEGERI BANGKLE 05 BLORA TAHUN PELAJARAN 2009/ 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A510081086
spellingShingle L Education (General)
RASA, HENGKY SENKLI DHANYA
PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS III SD NEGERI BANGKLE 05 BLORA TAHUN PELAJARAN 2009/ 2010
title PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS III SD NEGERI BANGKLE 05 BLORA TAHUN PELAJARAN 2009/ 2010
title_full PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS III SD NEGERI BANGKLE 05 BLORA TAHUN PELAJARAN 2009/ 2010
title_fullStr PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS III SD NEGERI BANGKLE 05 BLORA TAHUN PELAJARAN 2009/ 2010
title_full_unstemmed PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS III SD NEGERI BANGKLE 05 BLORA TAHUN PELAJARAN 2009/ 2010
title_short PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS III SD NEGERI BANGKLE 05 BLORA TAHUN PELAJARAN 2009/ 2010
title_sort peningkatan keterampilan berbicara dengan menggunakan media gambar seri pada siswa kelas iii sd negeri bangkle 05 blora tahun pelajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8803/
work_keys_str_mv AT rasahengkysenklidhanya peningkatanketerampilanberbicaradenganmenggunakanmediagambarseripadasiswakelasiiisdnegeribangkle05bloratahunpelajaran20092010