IMPLEMENTASI METODE CTL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DALAM MENGIDENTIFIKASI ALAT PERNAPASAN MANUSIA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SD NEGERI 1 KEMUSU BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan penguasaan materi IPA pada siswa kelas V semester I SD Negeri 1 Kemusu. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HAKIM, MUH ARIF RAHMAN
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8797/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804116588293521408
author HAKIM, MUH ARIF RAHMAN
author_facet HAKIM, MUH ARIF RAHMAN
author_sort HAKIM, MUH ARIF RAHMAN
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan penguasaan materi IPA pada siswa kelas V semester I SD Negeri 1 Kemusu. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V dan guru SD Negeri 1 Kemusu kecamatan Kemusu kabupaten Boyolali dengan jumlah siswa 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dokumen tes. Pada proses pembelajaran, dari frekuensi nilai tersebut dapat dilihat bahwa dengan kriteria ketuntasan siswa dari 24 siswa pada pembelajaran Pra Siklus ada 66,6 % siswa yang belum menguasai materi/belum tuntas, pada pembelajaran menggunakan metode CTL pada siklus I sampai siklus III, sklus I masih ada 62,1% siswa yang belum tuntas, sedangkan siklus II terdapat 37,5% siswa yang belum tuntas, dan siklus III telah mencapai taraf tuntas secara keseluruhan. Dari prosentase siswa tersebut pada pembelajaran pra siklus 16 siswa belum tuntas, siklus I menurun menjadi 15 siswa yang belum tuntas, sedangkan siklus II tinggal 9 siswa yang belum tuntas, sedangkan siklus III seluruh siswa yakni 24 siswa dapat mencapai taraf tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan meningkatkan penguasaan materi IPA pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kemusu setelah diadakan tindakan kelas. Hal ini dapat ditunjukkan bahwa hasil belajar yang diperoleh siswa meningkat yakni dari pembelajaran dengan sebelum dilaksanakannya tindakan dan sesudah dilakukan tindakan kelas. dengan demikian dapat diajukan rekomendasi bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan metode CTL dapat meningkatkan penguasaan materi IPA pada siswa kelas V di SD Negeri 1 Kemusu Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2009 /2010.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8797
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8797 https://eprints.ums.ac.id/8797/ IMPLEMENTASI METODE CTL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DALAM MENGIDENTIFIKASI ALAT PERNAPASAN MANUSIA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SD NEGERI 1 KEMUSU BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010 HAKIM, MUH ARIF RAHMAN L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan penguasaan materi IPA pada siswa kelas V semester I SD Negeri 1 Kemusu. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V dan guru SD Negeri 1 Kemusu kecamatan Kemusu kabupaten Boyolali dengan jumlah siswa 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dokumen tes. Pada proses pembelajaran, dari frekuensi nilai tersebut dapat dilihat bahwa dengan kriteria ketuntasan siswa dari 24 siswa pada pembelajaran Pra Siklus ada 66,6 % siswa yang belum menguasai materi/belum tuntas, pada pembelajaran menggunakan metode CTL pada siklus I sampai siklus III, sklus I masih ada 62,1% siswa yang belum tuntas, sedangkan siklus II terdapat 37,5% siswa yang belum tuntas, dan siklus III telah mencapai taraf tuntas secara keseluruhan. Dari prosentase siswa tersebut pada pembelajaran pra siklus 16 siswa belum tuntas, siklus I menurun menjadi 15 siswa yang belum tuntas, sedangkan siklus II tinggal 9 siswa yang belum tuntas, sedangkan siklus III seluruh siswa yakni 24 siswa dapat mencapai taraf tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan meningkatkan penguasaan materi IPA pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kemusu setelah diadakan tindakan kelas. Hal ini dapat ditunjukkan bahwa hasil belajar yang diperoleh siswa meningkat yakni dari pembelajaran dengan sebelum dilaksanakannya tindakan dan sesudah dilakukan tindakan kelas. dengan demikian dapat diajukan rekomendasi bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan metode CTL dapat meningkatkan penguasaan materi IPA pada siswa kelas V di SD Negeri 1 Kemusu Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2009 /2010. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8797/1/A510081010.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8797/2/A510081010.pdf HAKIM, MUH ARIF RAHMAN (2010) IMPLEMENTASI METODE CTL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DALAM MENGIDENTIFIKASI ALAT PERNAPASAN MANUSIA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SD NEGERI 1 KEMUSU BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A510081010
spellingShingle L Education (General)
HAKIM, MUH ARIF RAHMAN
IMPLEMENTASI METODE CTL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DALAM MENGIDENTIFIKASI ALAT PERNAPASAN MANUSIA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SD NEGERI 1 KEMUSU BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010
title IMPLEMENTASI METODE CTL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DALAM MENGIDENTIFIKASI ALAT PERNAPASAN MANUSIA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SD NEGERI 1 KEMUSU BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full IMPLEMENTASI METODE CTL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DALAM MENGIDENTIFIKASI ALAT PERNAPASAN MANUSIA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SD NEGERI 1 KEMUSU BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010
title_fullStr IMPLEMENTASI METODE CTL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DALAM MENGIDENTIFIKASI ALAT PERNAPASAN MANUSIA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SD NEGERI 1 KEMUSU BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed IMPLEMENTASI METODE CTL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DALAM MENGIDENTIFIKASI ALAT PERNAPASAN MANUSIA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SD NEGERI 1 KEMUSU BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010
title_short IMPLEMENTASI METODE CTL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DALAM MENGIDENTIFIKASI ALAT PERNAPASAN MANUSIA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SD NEGERI 1 KEMUSU BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010
title_sort implementasi metode ctl untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa dalam mengidentifikasi alat pernapasan manusia pada pembelajaran ipa kelas v di sd negeri 1 kemusu boyolali tahun ajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8797/
work_keys_str_mv AT hakimmuharifrahman implementasimetodectluntukmeningkatkankemampuanbelajarsiswadalammengidentifikasialatpernapasanmanusiapadapembelajaranipakelasvdisdnegeri1kemusuboyolalitahunajaran20092010