PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGARANG DENGAN MEDIA GAMBAR SERI SISWA KELAS V SD NEGERI SAMBUNGMACAN 1 SRAGEN TAHUN 2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya peningkatan keterampilan mengarang dengan menggunakan gambar seri pada siswa kelas V SD Negeri Sambungmacan 1 Sragen tahun pelajaran 2010. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan jenis PTK. Subjek penelitian adalah seluru...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WARNI , SRI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8796/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya peningkatan keterampilan mengarang dengan menggunakan gambar seri pada siswa kelas V SD Negeri Sambungmacan 1 Sragen tahun pelajaran 2010. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan jenis PTK. Subjek penelitian adalah seluruh komponen yang ada di SD Negeri Sambungmacan 1 Sambungmacan Sragen tahun pelajaran 2009/2010 yang termasuk di dalamnya Guru, Siswa Kelas V SD Negeri Sambungmacan 1 Sambungmacan Sragen . Dalam pengumpulan data, metode yang dipergunakan metode observasi, dokumentasi, dan test. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model induktif interaktif yang memiliki tiga komponen pokok analisis yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu siklus. Dalam bentuk ini peneliti tetap bergerak di antara empat komponen (termasuk proses pengumpuan data) selama proses pengumpulan data berlangsung. Kemudian setelah pengumpulan data peneliti bergerak diantara tiga komponen pokok yaitu, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini adalah Berdasarkan hasil dan pembahasan dalam dalam Bab V dapat diketahui bahwa: 1. Nilai rata hasil keterampilan mengarang siswa kelas V Semester II pada siklus I sebesar 72, pada siklus II sebesar 78 sehingga terdapat kenaikan nilai rata – rata dari siklus I ke siklus II 2. Prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I menunjukkan angka sebesar 65,7 % ( 23 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 35 siswa), pada siklus II sebesar 91,43 % (32 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 35 siswa). Dengan demikian terdapat peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam mengarang dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan keterangan di atas maka dapat disimpulkan sebagai berikut: media gambar berseri dapat meningkatan hasil keterampilan mengarang pada siswa kelas V Semester II SD Negeri Sambungmacan 1 Sambungmacan Sragen tahun pelajaran 2009 / 2010.