UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MODEL PEMBELA JARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI MENCARI PASANGAN TENTANG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN SAMPAI DENGAN 50 PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 01 JUNGKE TAHUN 2009/2010

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika melalui model pembelajaran kooperatif dengan strategi mencari pasangan tentang perkalian dan pembagian bilangan sampai dengan 50 di kelas II SDN 01 Jungke Tahun 2009/2010. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan ke...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUWASTI , WIDIYAH
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8793/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804116587156865024
author SUWASTI , WIDIYAH
author_facet SUWASTI , WIDIYAH
author_sort SUWASTI , WIDIYAH
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika melalui model pembelajaran kooperatif dengan strategi mencari pasangan tentang perkalian dan pembagian bilangan sampai dengan 50 di kelas II SDN 01 Jungke Tahun 2009/2010. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri 01 Jungke tahun 2009/2010 dengan jumlah siswa sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi/pengamatan, dokumentasi dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verivikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran koorperatif dengan strategi mencari pasangan tentang perkalian dan pembagian bilangan sampai dengan 50 setelah dilaksanakan tindakan kelas. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil belajar siswa yang diperoleh siswa meningkat. Peningkatan hasil belajar siswa tampak dari pembelajaran pada kondisi awal atau pra siklus dan sesudah dilakukan tindakan kelas. Pada hasil pembelajaran kondisi awal atau Pra Siklus dari 24 siswa masih terdapat 15 siswa atau 52 % belum tuntas, sedangkan siklus I yang belum tuntas menurun tinggal 11 siswa atau 45 %, pada siklus II terdapat tinggal 5 siswa atau 21 % dan siklus III telah mencapai taraf tuntas secara keseluruhan 100%. Dengan demikian hipotesis tindakan yang dirumuskan dapat terjawab, bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dengan strategi mencari pasangan dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang konsep perkalian dan pembagian bilangan sampai dengan 50, siswa kelas II SD Negeri 01 Jungke.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8793
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8793 https://eprints.ums.ac.id/8793/ UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MODEL PEMBELA JARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI MENCARI PASANGAN TENTANG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN SAMPAI DENGAN 50 PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 01 JUNGKE TAHUN 2009/2010 SUWASTI , WIDIYAH L Education (General) Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika melalui model pembelajaran kooperatif dengan strategi mencari pasangan tentang perkalian dan pembagian bilangan sampai dengan 50 di kelas II SDN 01 Jungke Tahun 2009/2010. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri 01 Jungke tahun 2009/2010 dengan jumlah siswa sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi/pengamatan, dokumentasi dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verivikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran koorperatif dengan strategi mencari pasangan tentang perkalian dan pembagian bilangan sampai dengan 50 setelah dilaksanakan tindakan kelas. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil belajar siswa yang diperoleh siswa meningkat. Peningkatan hasil belajar siswa tampak dari pembelajaran pada kondisi awal atau pra siklus dan sesudah dilakukan tindakan kelas. Pada hasil pembelajaran kondisi awal atau Pra Siklus dari 24 siswa masih terdapat 15 siswa atau 52 % belum tuntas, sedangkan siklus I yang belum tuntas menurun tinggal 11 siswa atau 45 %, pada siklus II terdapat tinggal 5 siswa atau 21 % dan siklus III telah mencapai taraf tuntas secara keseluruhan 100%. Dengan demikian hipotesis tindakan yang dirumuskan dapat terjawab, bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dengan strategi mencari pasangan dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang konsep perkalian dan pembagian bilangan sampai dengan 50, siswa kelas II SD Negeri 01 Jungke. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8793/1/A510070719.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8793/2/A510070719.pdf SUWASTI , WIDIYAH (2010) UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MODEL PEMBELA JARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI MENCARI PASANGAN TENTANG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN SAMPAI DENGAN 50 PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 01 JUNGKE TAHUN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A510070719
spellingShingle L Education (General)
SUWASTI , WIDIYAH
UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MODEL PEMBELA JARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI MENCARI PASANGAN TENTANG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN SAMPAI DENGAN 50 PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 01 JUNGKE TAHUN 2009/2010
title UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MODEL PEMBELA JARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI MENCARI PASANGAN TENTANG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN SAMPAI DENGAN 50 PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 01 JUNGKE TAHUN 2009/2010
title_full UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MODEL PEMBELA JARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI MENCARI PASANGAN TENTANG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN SAMPAI DENGAN 50 PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 01 JUNGKE TAHUN 2009/2010
title_fullStr UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MODEL PEMBELA JARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI MENCARI PASANGAN TENTANG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN SAMPAI DENGAN 50 PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 01 JUNGKE TAHUN 2009/2010
title_full_unstemmed UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MODEL PEMBELA JARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI MENCARI PASANGAN TENTANG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN SAMPAI DENGAN 50 PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 01 JUNGKE TAHUN 2009/2010
title_short UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MODEL PEMBELA JARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI MENCARI PASANGAN TENTANG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN SAMPAI DENGAN 50 PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 01 JUNGKE TAHUN 2009/2010
title_sort upaya meningkatan hasil belajar matematika model pembela jaran kooperatif dengan strategi mencari pasangan tentang perkalian dan pembagian sampai dengan 50 pada siswa kelas ii sekolah dasar negeri 01 jungke tahun 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8793/
work_keys_str_mv AT suwastiwidiyah upayameningkatanhasilbelajarmatematikamodelpembelajarankooperatifdenganstrategimencaripasangantentangperkaliandanpembagiansampaidengan50padasiswakelasiisekolahdasarnegeri01jungketahun20092010