PENGGUNAAN MEDIA BOTOL HIJAU KUNING ( BOHIKU ) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Tindakan Kelas) SISWA KELAS II SD NEGERI 01 GEMANTAR JUMANTONO KARANGANYAR TAHUN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) meningkatkan hasil belajar matematika tentang operasi hitung dengan menggunakan media bohiku pada khususnya. Diharapkan penelitian ini akan bermanfaat bagi SDN 01 Gemantar, Guru SDN 01 Gemantar khususnya dan guru mata pelajaran matematika pada umumnya, serta...

Mô tả đầy đủ

Đã lưu trong:
Chi tiết về thư mục
Tác giả chính: ISTANTO , DIDIEK
Định dạng: Luận văn
Ngôn ngữ:English
English
Được phát hành: 2010
Những chủ đề:
Truy cập trực tuyến:https://eprints.ums.ac.id/8792/
Các nhãn: Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
Miêu tả
Tóm tắt:Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) meningkatkan hasil belajar matematika tentang operasi hitung dengan menggunakan media bohiku pada khususnya. Diharapkan penelitian ini akan bermanfaat bagi SDN 01 Gemantar, Guru SDN 01 Gemantar khususnya dan guru mata pelajaran matematika pada umumnya, serta siswa sebagai objek penelitian. Teknik pengumpulan data untuk mendapatkan keterangan-keterangan sehubungan dengan penelitian tersebut, sehingga memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Dan Peneliti menentukan jenis penelitian, menentukan jadwal penelitian, mengambil subjek penelitian, sumber data, merancang prosedur penelitian, dan mendeskripsikan hasil persiklus. Berdasarkan hasil observasi pengelolaan pembelajaran matematika dengan menggunakan media bohiku oleh guru diperoleh data. Minat dan motivasi murid pada KBM berhitung meningkat pada setiap siklusnya, murid lebih aktif dan antusias untuk merespons stimulus dari guru selama KBM, murid meperoleh kesempatan yang sama untuk merespons pertanyaan guru dan turut berperan dalam KBM, kemampuan murid memahami soal latihan meningkat. Ini tampak dari banyaknya murid yang berani tampil untuk menjawab pertanyaan, hasil tes unjuk kerja murid yang dilakukan oleh guru menunjukkan ada peningkatan setiap siklusnya. Jumlah murid yang dinyatakan lulus meningkat dengan standar kelulusan yang semakin ditingkatkan pula.