UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING DI KELAS IV SD NEGERI PRINGANOM 1 KECAMATAN MASARAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar PKn pada materi sistem pemerintahan desa melalui penggunaan metode Role Playing pada siswa kelas IV SD Negeri Pringanom 1 Tahun Pelajaan 2009/2010. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan ben...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PRIWANTARI , RINI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8791/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar PKn pada materi sistem pemerintahan desa melalui penggunaan metode Role Playing pada siswa kelas IV SD Negeri Pringanom 1 Tahun Pelajaan 2009/2010. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan bentuk penelitian adalah PTK. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV yang ada di SD Negeri Pringanom 1 Masaran Sragen tahun pelajaran 2009/2010. Dalam pengumpulan data, metode yang dipergunakan metode observasi, dokumentasi, dan test. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model induktif interaktif yang memiliki tiga komponen pokok analisis yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu siklus. Dalam bentuk ini peneliti tetap bergerak di antara empat komponen (termasuk proses pengumpuan data) selama proses pengumpulan data berlangsung. Kemudian setelah pengumpulan data peneliti bergerak diantara tiga komponen pokok yaitu, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini adalah 1. Nilai rata prestasi belajar PKn siswa Kelas IV Semester II pada siklus I sebesar 67, pada siklus II sebesar 73 sehingga terdapat kenaikan nilai rata – rata dari siklus I ke siklus II 2. Prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I menunjukkan angka sebesar 63,3 % (28 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 41 siswa), pada siklus II sebesar 95,12 % (39 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 41 siswa). Dengan demikian terdapat peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan keterangan di atas maka dapat dibuat suatu kesimpulan sebagai berikut: Melalui metode role playing dapat meningkatan prestasi belajar PKn pada siswa Kelas IV Semester II SD Negeri Pringanom 1 Masaran Sragen tahun pelajaran 2009 / 2010