MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELA JARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVI SIONS) PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH PARAKAN KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui a) peningkatan hasil belajar Matematika, b) motivasi belajar Matematika, c) untuk mengetahui peningkatan kualitas proses pembelajaran pada pokok bahasan pecahan kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Parakan Tahun Pelajaran 2009/2010 melalui model pembel...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MAWANTI , SRI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8790/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994648033198080
author MAWANTI , SRI
author_facet MAWANTI , SRI
author_sort MAWANTI , SRI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui a) peningkatan hasil belajar Matematika, b) motivasi belajar Matematika, c) untuk mengetahui peningkatan kualitas proses pembelajaran pada pokok bahasan pecahan kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Parakan Tahun Pelajaran 2009/2010 melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan jumlah siswa 13 yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV pada bulan April 2010 pada semester II tahun ajaran 2009/2010. Masalah yang berkaitan dengan pecahan yang terdiri dari 3 indikator penjumlahan pecahan, pengurangan pecahan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, metode tes dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : a. Pada siklus I penerapan Model STAD, pada motivasi siswa dalam proses pembelajaran belum stabil. Dilihat dari nilai tes pada siklus I dari jumlah siswa kelas IV sebanyak 13 siswa yang mendapat nilai kurang dari 6,5 sebanyak 8 anak (61%). Sedangkan yang mendapat nilai 6,5 ke atas 5 anak (39%) b. Siklus kedua diikuti 13 anak motivasi siswa dalam proses belajar semakin meningkat baik. Dilihat dari nilai tes siswa yang mendapat nilai kurang dari 6,5 sebanyak 6 siswa (46%) sedangkan yang mendapat nilai 6,5 ke atas 7 anak (54%). c. Siklus III diikuti 13 anak motivasi siswa dalam proses belajar semakin baik. Dilihat dari nilai tes siswa yang mendapat nilai kurang dari 6,5 tidak ada dan yang mendapat nilai 6,5 ke atas 13 siswa (100%). Kesimpulan Penelitian ini adalah penerapan model STAD dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar pecahan.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8790
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8790 https://eprints.ums.ac.id/8790/ MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELA JARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVI SIONS) PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH PARAKAN KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010 MAWANTI , SRI L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui a) peningkatan hasil belajar Matematika, b) motivasi belajar Matematika, c) untuk mengetahui peningkatan kualitas proses pembelajaran pada pokok bahasan pecahan kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Parakan Tahun Pelajaran 2009/2010 melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan jumlah siswa 13 yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV pada bulan April 2010 pada semester II tahun ajaran 2009/2010. Masalah yang berkaitan dengan pecahan yang terdiri dari 3 indikator penjumlahan pecahan, pengurangan pecahan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, metode tes dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : a. Pada siklus I penerapan Model STAD, pada motivasi siswa dalam proses pembelajaran belum stabil. Dilihat dari nilai tes pada siklus I dari jumlah siswa kelas IV sebanyak 13 siswa yang mendapat nilai kurang dari 6,5 sebanyak 8 anak (61%). Sedangkan yang mendapat nilai 6,5 ke atas 5 anak (39%) b. Siklus kedua diikuti 13 anak motivasi siswa dalam proses belajar semakin meningkat baik. Dilihat dari nilai tes siswa yang mendapat nilai kurang dari 6,5 sebanyak 6 siswa (46%) sedangkan yang mendapat nilai 6,5 ke atas 7 anak (54%). c. Siklus III diikuti 13 anak motivasi siswa dalam proses belajar semakin baik. Dilihat dari nilai tes siswa yang mendapat nilai kurang dari 6,5 tidak ada dan yang mendapat nilai 6,5 ke atas 13 siswa (100%). Kesimpulan Penelitian ini adalah penerapan model STAD dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar pecahan. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8790/1/A510070711.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8790/2/A510070711.pdf MAWANTI , SRI (2010) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELA JARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVI SIONS) PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH PARAKAN KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A510070711
spellingShingle L Education (General)
MAWANTI , SRI
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELA JARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVI SIONS) PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH PARAKAN KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010
title MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELA JARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVI SIONS) PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH PARAKAN KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010
title_full MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELA JARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVI SIONS) PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH PARAKAN KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010
title_fullStr MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELA JARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVI SIONS) PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH PARAKAN KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010
title_full_unstemmed MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELA JARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVI SIONS) PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH PARAKAN KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010
title_short MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELA JARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVI SIONS) PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH PARAKAN KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010
title_sort meningkatkan hasil belajar matematika melalui model pembela jaran kooperatif tipe stad students team achievement divi sions pada siswa kelas iv madrasah ibtidaiyah muhammadiyah parakan kecamatan karanganyar kabupaten karanganyar tahun pelajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8790/
work_keys_str_mv AT mawantisri meningkatkanhasilbelajarmatematikamelaluimodelpembelajarankooperatiftipestadstudentsteamachievementdivisionspadasiswakelasivmadrasahibtidaiyahmuhammadiyahparakankecamatankaranganyarkabupatenkaranganyartahunpelajaran20092010