UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 02 JANTIHARJO KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dengan mengunakan metode kontekstual pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Jantiharjo Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2009/2010.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sebagai subyek...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HASTUTI , SRI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8788/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994647483744256
author HASTUTI , SRI
author_facet HASTUTI , SRI
author_sort HASTUTI , SRI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dengan mengunakan metode kontekstual pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Jantiharjo Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2009/2010.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 02 Jantiharjo yang berjumlah 44 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap tindakan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Sumber data penelitian adalah guru kelas IV SD Negeri 02 Jantiharjo. Jenis data berupa tentang perubahan kenampakan permukaan bumi dan benda langit. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis analisis interaktif yang berupa peningkatan pemahaman tentang kenampakan alam.Bedasarkan hasil penelitian di atas menunjukkan bahwa perolehan nilai siswa kelas IV SD Negeri 02 Jantiharjo semester II tahun pelajaran 2009/2010 selalu mengalami peningkatan dari satu siklus ke siklus berikutnya. Hal itu mengindikasikan adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap materi perubahan kenampak permukaan bumi dan benda langit. Jadi sesuai keseluruhan siklus yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode CTL ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan penampakan permukaan bumi dan benda langit.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8788
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8788 https://eprints.ums.ac.id/8788/ UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 02 JANTIHARJO KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010 HASTUTI , SRI L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dengan mengunakan metode kontekstual pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Jantiharjo Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2009/2010.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 02 Jantiharjo yang berjumlah 44 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap tindakan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Sumber data penelitian adalah guru kelas IV SD Negeri 02 Jantiharjo. Jenis data berupa tentang perubahan kenampakan permukaan bumi dan benda langit. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis analisis interaktif yang berupa peningkatan pemahaman tentang kenampakan alam.Bedasarkan hasil penelitian di atas menunjukkan bahwa perolehan nilai siswa kelas IV SD Negeri 02 Jantiharjo semester II tahun pelajaran 2009/2010 selalu mengalami peningkatan dari satu siklus ke siklus berikutnya. Hal itu mengindikasikan adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap materi perubahan kenampak permukaan bumi dan benda langit. Jadi sesuai keseluruhan siklus yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode CTL ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan penampakan permukaan bumi dan benda langit. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8788/1/A510070657.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8788/2/A510070657.pdf HASTUTI , SRI (2010) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 02 JANTIHARJO KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A510070657
spellingShingle L Education (General)
HASTUTI , SRI
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 02 JANTIHARJO KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 02 JANTIHARJO KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 02 JANTIHARJO KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_fullStr UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 02 JANTIHARJO KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 02 JANTIHARJO KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_short UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 02 JANTIHARJO KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_sort upaya meningkatkan hasil belajar ipa dengan menggunakan metode kontekstual pada siswa kelas iv sekolah dasar negeri 02 jantiharjo kecamatan karanganyar kabupaten karanganyar tahun pelajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8788/
work_keys_str_mv AT hastutisri upayameningkatkanhasilbelajaripadenganmenggunakanmetodekontekstualpadasiswakelasivsekolahdasarnegeri02jantiharjokecamatankaranganyarkabupatenkaranganyartahunpelajaran20092010