UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 02 JANTIHARJO KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dengan mengunakan metode kontekstual pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Jantiharjo Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2009/2010.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sebagai subyek...

وصف كامل

محفوظ في:
التفاصيل البيبلوغرافية
المؤلف الرئيسي: HASTUTI , SRI
التنسيق: أطروحة
اللغة:English
English
منشور في: 2010
الموضوعات:
الوصول للمادة أونلاين:https://eprints.ums.ac.id/8788/
الوسوم: إضافة وسم
لا توجد وسوم, كن أول من يضع وسما على هذه التسجيلة!
الوصف
الملخص:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dengan mengunakan metode kontekstual pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Jantiharjo Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2009/2010.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 02 Jantiharjo yang berjumlah 44 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap tindakan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Sumber data penelitian adalah guru kelas IV SD Negeri 02 Jantiharjo. Jenis data berupa tentang perubahan kenampakan permukaan bumi dan benda langit. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis analisis interaktif yang berupa peningkatan pemahaman tentang kenampakan alam.Bedasarkan hasil penelitian di atas menunjukkan bahwa perolehan nilai siswa kelas IV SD Negeri 02 Jantiharjo semester II tahun pelajaran 2009/2010 selalu mengalami peningkatan dari satu siklus ke siklus berikutnya. Hal itu mengindikasikan adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap materi perubahan kenampak permukaan bumi dan benda langit. Jadi sesuai keseluruhan siklus yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode CTL ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan penampakan permukaan bumi dan benda langit.