PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG BENDA CAIR PADAT DAN GAS DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SEMESTER I SEKOLAH DASAR NEGERI PLOSOREJO TAHUN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan hasil belajar IPA tentang benda cair, padat dan gas dengan metode demonstrasi pada siswa kelas IV semester I Sekolah Dasar Negeri Plosorejo. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui pembelajaran siklus. Tiap s...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: DJUKENI , DEWI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8782/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan hasil belajar IPA tentang benda cair, padat dan gas dengan metode demonstrasi pada siswa kelas IV semester I Sekolah Dasar Negeri Plosorejo. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui pembelajaran siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dan guru SD Negeri Plosorejo kecamatan Kerjo kabupaten Karanganyar dengan jumlah siswa 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verivikasi. Pada pembelajaran siklus I perubahan yang dapat teridentifikasi adalah perolehan ketuntasan belajar siswa dari jumlah 20 hanya 11 siswa yang tuntas atau masih terdapat 9 siswa yang belum tuntas, Siklus II meningkat dari 11 menjadi 15 siswa atau terdapat 5 siswa yang belum tuntas dalam penguasan materi pembelajaran. Siklus III secara keseluruhan dari 20 siswa telah dapat mencapai taraf tuntas. Dalam proses pembelajaran siklus III guru telah menerapkan metode demonstrasi dengan menggunakan media dan menerapkan metode tanya jawab interaktif serta diskusi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SD Negeri Plosorejo kecamatan Kerjo Karanganyar tahun pelajaran 2009 /2010